• Akses Cepat Indeks !

  • Translate This Blog

  • Baca Quran

  • Kategori

  • Stat SUFI-Blog

    • 350,705 akses
  • Terbaru nih…

  • Goh Gallery

  • Arsip

  • facebook

    Mohammad Iqbal's Facebook profile
  • Research Gate

    Mohammad Iqbal

Pertanggungjawaban di kehidupan setelah kematian 

​Seri mengaji tafsir alhijri Surah Assajadah : 12-13, Kiayi Didin Hafidhuddin,  23 April 2017 / 26 Rajab 1438

Surah As-Sajda, Verse 12: Dan, jika sekiranya kamu melihat mereka ketika orang-orang yang berdosa itu menundukkan kepalanya di hadapan Tuhannya, (mereka berkata): “Ya Tuhan kami, kami telah melihat dan mendengar, maka kembalikanlah kami (ke dunia), kami akan mengerjakan amal saleh, sesungguhnya kami adalah orang-orang yang yakin”.

Surah As-Sajda, Verse 13: Dan kalau Kami menghendaki niscaya Kami akan berikan kepada tiap-tiap jiwa petunjuk, akan tetapi telah tetaplah perkataan dari pada-Ku: “Sesungguhnya akan Aku penuhi neraka jahannam itu dengan jin dan manusia bersama-sama”.

Org yg tdk yakin org yg menghalalkan segala cara utk mencapai tujuan dan mendptkan kenikmatan.  Mereka nyaman mendptkan harta kekuasaan dgn semua cara,  krn tdk percaya kehidupan setelah kematian. 

kehidupan setelah kematian adalah Utk membuktikan keadilan Allah,  di dunia bisa saja hukum dipermainkan,  tapi di akhirat nanti tdk akan ada yg lepas dari pertanggungjawaban masing2 thdp apa yg telah dilakukannya di dunia. 

# Qs.  Yunus : 7-8 –  org yg ridho dgn kehidupan dunia dan mengingkari (tdk ada kesadaran sedikitpun terhadap adanya) kehidupan akhirat,  di akhirat nanti akan menyesal. 

Surah Yunus, Verse 7: Sesungguhnya orang-orang yang tidak mengharapkan (tidak percaya akan) pertemuan dengan Kami, dan merasa puas dengan kehidupan dunia serta merasa tenteram dengan kehidupan itu dan orang-orang yang melalaikan ayat-ayat Kami,

Surah Yunus, Verse 8: mereka itu tempatnya ialah neraka, disebabkan apa yang selalu mereka kerjakan.

Ciri Org kafir org yg tdk beriman kepada Allah – memiliki sifat materalisme,  hedonisme,  kapitalisme :

  1. Tdk percaya akhirat
  2. Ridho dgn dunia
  3. Merasa tenang mdptkan segala2nya di dunia,  hanya sekaranglah kesempatan mereka,  sampai ada org yg bilang saya ikhlas tdk dishalatkan (kata2 kekafiran). 
  4. Tdk ingin tahu menahu  ttg ayat2 Allah

Tempat mereka neraka sbg ketetapan dari Allah. Maka tdk perlu kagum dan rendah diri kpd org kafir seperti ini,  yg mengedepankan hedonisme,  materialisme,  kapitalisme. 

# Krn harapan mereka cuma dunia,  ketika mereka tdk mendapatkannya mereka akan sangat kacau dan tdk jelas lagi hidupnya.  Sedangkan bagi kaum muslimin masih punya harapan Allah,  kepasrahan,  doa kepada Allah aang pemilik kemenangan. 

Qs.  4:104 – Surah An-Nisa, Verse 104: Janganlah kamu berhati lemah dalam mengejar mereka (musuhmu). Jika kamu menderita kesakitan, maka sesungguhnya merekapun menderita kesakitan (pula), sebagaimana kamu menderitanya, sedang kamu mengharap dari pada Allah apa yang tidak mereka harapkan. Dan adalah Allah Maha Mengetahui lagi Maha Bijaksana.

Sebaliknya bagi yg percaya pada kehidupan akhirat akan dpt masuk surga Sekeluarga,  keluarga yg baik,  Sholih dan sholihah,  keluarga yg bertaqwa. Mereka bersama di dunia,  bersama pula di akhirat. 

Dlm Quran disebutkan Ciri2nya dan dpt Balasan Allah bagi mrk, yaitu Qs. Arro’du (13):20-24.  Ciri2nya :

Surah Ar-Rad, Verse 20: (yaitu) orang-orang yang memenuhi janji Allah dan tidak merusak perjanjian,

Surah Ar-Rad, Verse 21: dan orang-orang yang menghubungkan apa-apa yang Allah perintahkan supaya dihubungkan, dan mereka takut kepada Tuhannya dan takut kepada hisab yang buruk.

Bgmn kondisi org yg tdk beriman di akhirat nanti menurut berita dari surah Assajadah : 12-13 :

1- mereka malu dan takut tdk berani menegakkan muka dihadapan Allah

2- mereka  minta 3 hal : minta penglihatan, pendengaran,  dan dikembalikan ke dunia. 

Wallahu a’lam

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: