• Akses Cepat Indeks !

  • Translate This Blog

  • Baca Quran

  • Kategori

  • Stat SUFI-Blog

    • 336,015 akses
  • Terbaru nih…

  • Goh Gallery

  • Arsip

  • facebook

    Mohammad Iqbal's Facebook profile
  • Research Gate

    Mohammad Iqbal

Dua jenis Perilaku Manusia

​Seri mengaji tafsir alhijri Surah Luqman:8-9, Ust. Didin H. ,  25Des2016 / 25RabiulAwwal1438

Surah Luqman, Verse 8: Sesungguhnya orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal-amal saleh, bagi mereka surga-surga yang penuh kenikmatan,

Surah Luqman, Verse 9: Kekal mereka di dalamnya; sebagai janji Allah yang benar. Dan Dialah Yang Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana.

Ada 2 kelompok yg berbeda perilaku,  shgg berbeda pula balasan Allah di dunia dan di akhirat :

1#- muhsinin yg berbuat kebaikan dan respon thdp kebaikan akan mendptkan alfalah kebahagiaan kesuksesan di dunia dan akhirat,  apapun profesinga  dan org spt ini tinggi kedudukannya di hadapan Allah.  Bukannya org yg tdk pernah melakukan kesalahan,  tdk makhsum,  responnya thdp kesalahan segera istiqhfar dan segera bertaubat kpd Allah –  dijelaskan pada Qs. 3:133-135 –  Ciri orang taqwa : 

1- org yg suka berinfaq dikala lapang dan sulit (bukan masalah banyak atau tdknya hartanya),  

2- org yg suka mengendalikan dirinya dikala marah, hadits : jika marah berwudhulah,  ketika berdiri lakukan duduk, ketika duduk maka berbaring. 

3- mampu memaafkan org lain tanpa diminta. 

Allah mencintai org-org muhsinin,  cirinya : 

1- ketika melakukan kejahatan (faisyah)  atau mendzolimi dirinya sendiri dgn melakukan perbuatan maksiat, dia akan segera ingat kpd Allah lalu istiqhfar dan bertaubat. 

2- Org2 yg berusaha Tdk meneruskan / berusaha meninggalkan utk melakukan perbuatan buruk itu. 

Hadits : Nabi Muhammad SAW dalam sehari melantunkan lebih dari 100 kali beristighfar,  padahal beliau sdh makhsum. 

Hadits : istiqhfar adalah salahsatu dari 4 alat pengundang rizki. 

Dlm istighfar ada kejernihan hati dan pikiran sehingga menjadi produktif. 

Istighfar adalah pakaian kita dan gaya hidup kita. 

Penyebab dosa (penghalang dari pertolongan Allah)  itu bermacam2 krn banyak org lrg berilmu tapi tdk ada sedikitpun keberpihakannya kpd agama Allah :

1- krn makanannya –  uang yg diterima,  konsumsi yg dimakan,  dari sumber yg tdk halal. Hadits : org yg berdoa di makkah,  baju berdebu krn perjalanan tapi ditolak krn makanannya haram. 

2- krn pergaulan –  dgn siapa dia bergaul.

– org yg dpt kenikmatan Allah :

Beriman dan beramal sholeh –  disatukan pada dirinya iman dan amal sholeh. Iman kesadaran utk beramal,  dan diantara niat yg baik adalah keikhlasan dlm beramal. 

Tajribul iman (memperbarui iman)  setiap pagi, baca doa : Allahumma bika asbahna, wa bika amsaina,  wa bika nahya,  wa bika namuutu wa ilaihin nusyur. 

Artinya: Ya Allah, dengan namaMu aku memasuki pagi hari dan dengan nama Mu pula aku memasuki sore hari. Dengan nama Mu ya Allah aku hidup, dan dengan nama Mu pula aku mati, dan kepada Mu lah tempatku kembali.

2#- hubbud dun ya –  org yg materialistik, bukan sekedar mencintai dunia saja,  bahkan menjadikan dunia / materi (harta tahta wanita)  sebagai tujuan akhir. Misal : masuk partai,  masuk kerja, masuk ke Suatu lingkungan tujuannya utk hanya mengambil keuntungan. Menjual ayat dan menggadaikan aqidah utk mendapatkan materi. 

Inilah penyebab kemunduran ummat Islam,  spt hadits : apabila menggagungkan ummatku urusan dunia, maka akan dicabut oleh Allah kehebatan Islam dan ummatnya., apabila ummatku sdh meninggalkan amar ma’ruf nahi munkar, maka akan dihalang keberkahan wahyu. 

Islam dikepinggirkan itu bukan semata karena serangan musuh2 Islam,  tapi lebih kepada ummat Islam yg mulai hubbud dun ya. 

Qs. Luqman : 17 –  Ya bunayya,  Dirikan shalat, kerjakan yg maruf cegah kemungkaran, dan bersabarlah terhadap apa2 yg menimpamu. 

Qs.  Attahrim :1-akhir, berbicara tentang keluarga,  tapi ada perintah jihad, ini menunjukkan keluarga adalah tempat membangun generasi yg siap berjihad. 

Wallahu a’lam

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: