• Akses Cepat Indeks !

  • Translate This Blog

  • Baca Quran

  • Kategori

  • Stat SUFI-Blog

    • 299,138 akses
  • Terbaru nih…

  • Goh Gallery

  • Arsip

  • facebook

    Mohammad Iqbal's Facebook profile
  • Research Gate

    Mohammad Iqbal

Madah takwinu ummah (pembentukan Ummat) 

​Seri mengaji liqo ust Yasir Aliputo,  8okt2016 / 7Muharram1438

Materi fiqhu dakwah ini terdiri dari :

1- takwinu sahsyiah (pembentukan pribadi),  terbentuk krn 3 hal :

A- krn iman

Qs.  49:15 standar kualitas keimanan para aktivis dakwah. 

Sesungguhnya orang-orang yang beriman itu hanyalah orang-orang yang percaya (beriman) kepada Allah dan Rasul-Nya, kemudian mereka tidak ragu-ragu dan mereka berjuang (berjihad) dengan harta dan jiwa mereka pada jalan Allah. Mereka itulah orang-orang yang benar.

Detilnya ada di Qs.  8:2-4

Surah Al-Anfal, Verse 2: Sesungguhnya orang-orang yang beriman ialah mereka yang bila disebut nama Allah gemetarlah hati mereka, dan apabila dibacakan ayat-ayat-Nya bertambahlah iman mereka (karenanya), dan hanya kepada Tuhanlah mereka bertawakkal.

Surah Al-Anfal, Verse 3: (yaitu) orang-orang yang mendirikan shalat dan yang menafkahkan sebagian dari rezeki yang Kami berikan kepada mereka.

Surah Al-Anfal, Verse 4: Itulah orang-orang yang beriman dengan sebenar-benarnya. Mereka akan memperoleh beberapa derajat ketinggian di sisi Tuhannya dan ampunan serta rezeki (nikmat) yang mulia.

B- krn taqwa – 49:13 kesempurnaan ibadah,  standar kemuliaan dimata Allah

Surah Al-Hujraat, Verse 13: Hai manusia, sesungguhnya Kami menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan seorang perempuan dan menjadikan kamu berbangsa-bangsa dan bersuku-suku supaya kamu saling kenal-mengenal. Sesungguhnya orang yang paling mulia diantara kamu disisi Allah ialah orang yang paling takwa diantara kamu. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui lagi Maha Mengenal.

Semua ibadah dlm islam semuanya mengarah kpd taqwa,  kemanfaatannya akan kembali kpd pelakunya –  Qs. 65:2-4,  yaitu :

1- semua problem ada solusinya

Surah At-Talaq, Verse 2: Apabila mereka telah mendekati akhir iddahnya, maka rujukilah mereka dengan baik atau lepaskanlah mereka dengan baik dan persaksikanlah dengan dua orang saksi yang adil di antara kamu dan hendaklah kamu tegakkan kesaksian itu karena Allah. Demikianlah diberi pengajaran dengan itu orang yang beriman kepada Allah dan hari akhirat. Barangsiapa bertakwa kepada Allah niscaya Dia akan mengadakan baginya jalan keluar.

2- mendapat rizki yg tdk disangka2

Tdk spt org barat yg terukur sesuai dgn pekerjaannya, tapi kaum muslimin selain itu juga mendapat kemudahan2 dlm hidupnya. 

Surah At-Talaq, Verse 3: Dan memberinya rezeki dari arah yang tiada disangka-sangkanya. Dan barangsiapa yang bertawakkal kepada Allah niscaya Allah akan mencukupkan (keperluan)nya. Sesungguhnya Allah melaksanakan urusan yang (dikehendaki)Nya. Sesungguhnya Allah telah mengadakan ketentuan bagi tiap-tiap sesuatu.

3- kemudahan dari segala urusannya

Surah At-Talaq, Verse 4: Dan perempuan-perempuan yang tidak haid lagi (monopause) di antara perempuan-perempuanmu jika kamu ragu-ragu (tentang masa iddahnya), maka masa iddah mereka adalah tiga bulan; dan begitu (pula) perempuan-perempuan yang tidak haid. Dan perempuan-perempuan yang hamil, waktu iddah mereka itu ialah sampai mereka melahirkan kandungannya. Dan barang -siapa yang bertakwa kepada Allah, niscaya Allah menjadikan baginya kemudahan dalam urusannya.

Qs. 2:282 org yg bertaqwa, maka Allah akan mengajarinya. Orang taqwa menurut Imam syafi’i : Jagalah Allah,  maka ilmu itu akan dtg sendirinya. 

C- islamul hayat (berfikir,  berselera islami) 

3 hal ini yg dimaksud dlm hadits : berimanlah dan beristiqomahlah. 

Walau pun Yazidu wa yankus, tapi tdk terlalu jauh,  bukan spt kebanyakan org yg kadang2 beriman kadang2 kafir. 

Jgn sampai spt Qs.  4:137 – Sesungguhnya orang-orang yang beriman kemudian kafir, kemudian beriman (pula), kamudian kafir lagi, kemudian bertambah kekafirannya, maka sekali-kali Allah tidak akan memberi ampunan kepada mereka, dan tidak (pula) menunjuki mereka kepada jalan yang lurus.

Maka masuklah ke dalam Islam dgn sepenuhnya,  sebagaimana diajarkan dalam Qs. 2:208 – Hai orang-orang yang beriman, masuklah kamu ke dalam Islam keseluruhan, dan janganlah kamu turut langkah-langkah syaitan. Sesungguhnya syaitan itu musuh yang nyata bagimu. 

Doa imam hasan al bashri : Allahumma antarobbi farzuknal istiqomah… 

2- tajwinu jamaah (pembentukan jamaah) 

Qs.  3:104 –  Dan hendaklah ada di antara kamu segolongan umat yang menyeru kepada kebajikan, menyuruh kepada yang ma’ruf dan mencegah dari yang munkar; merekalah orang-orang yang beruntung.

Wallahu a’lam

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: