• Akses Cepat Indeks !

  • Translate This Blog

  • Baca Quran

  • Kategori

  • Stat SUFI-Blog

    • 299,329 akses
  • Terbaru nih…

  • Goh Gallery

  • Arsip

  • facebook

    Mohammad Iqbal's Facebook profile
  • Research Gate

    Mohammad Iqbal

Islam adalah agama fitrah

Seri Mengaji tafsir Alhijri,  Ust. Didin H.,  9 Dzulhijjah 1437 / 11 September 2016

Qs. Arrum:30 –  Maka hadapkanlah wajahmu dengan lurus kepada agama Allah; (tetaplah atas) fitrah Allah yang telah menciptakan manusia menurut fitrah itu. Tidak ada peubahan pada fitrah Allah. (Itulah) agama yang lurus; tetapi kebanyakan manusia tidak mengetahui.

# Inti ajaran agama adalah tauhid murni yg tdk disertai kemusyrikan, yg akan menghantarkan kita menuju keikhlasan,  disitulah level kita semua mendapatkan kenikmatan beragama, yaitu ketika setiap prakteknya, setiap aktivitas beribadahnya (shalat,  shaum, zakat, infaq, tilawah Quran dll) akan membuat kita merasakan kenikmatan.

Menjalankan perintah dan meninggalkan larangan dgn penuh keikhlasan akan melahirkan kenikmatan, sehingga agama akan menjadi kebutuhan pokok hidup kita.

Ikhlas menurut Imam Gozali adalah levelisasi,  yaitu :
“Semua manusia akan binasa dan rusak kecuali punya ilmu (alim), yg berilmu pun akan rusak juga kecuali yg melaksanakan ilmu (amal),  Yang beramal pun akan rusak juga kecuali org yg ikhlas,  org ikhlas pun akan tetap mengalami godaan yg besar dan dlm situasi yg amat berbahaya,  maka hrs terus dilatih dan dibiasakan.”

Oleh sebab itu anak2 harus dilatih shalat walaupun blm wajib, spy terbiasa.  Beragama itu bukan melulu pengetahuan tapi juga membiasakan amal.

# islam adalah agama fitrah,  searah dgn kebutuhan manusia,  dlm Quran dinyatakan “tdk ada yg bisa mengubah agama Allah krn sesuai dgn fitrah manusia,  itulah agama yg lurus dan sejalan dgn nilai2 kemanusiaan.”

Dlm ekonomi tdk melakukan riba adalah fitrah,  krn riba hanya melihat untung saja tdk mau menanggung kerugiaan maka jika tetap dilakukan akan terjadi kerusakan,  misalnya : kesenjangan kaya dan miskin makin tinggi, rusaknya tatanan ekonomi., sebagaimana Allah berfirman,  bahwa Allah akan menghancurkan pelaku riba dan meneguhkan org2 yg bersedekah.

Ibrahim bertanya kpd bapaknya,  mengapa menyembah berhala yg tdk bisa memberikan apa2, krn menyembah berhala tidak sesuai fitrah,  maka hancurlah Namruj dan pengikutnya.

Ajaran islam akan terus berkembang walaupun ummatnya kurang berperan,  krn ajaran Islam sesuai fitrah akan mudah diterima manusia,  krn setiap lahir manusia,  sesuai fitrah, tp sebagian besar tdk mengetahui dan menyadarinya.

Banyak sekte2 yg mencoba mengubah ajaran Islam,  islam ya Islam,  tdk perlu diubah2 jadi Islam nusantara atau Islam2 yg katanya menggunakan kearifan2 lokal.

Perbedaan adalah pada karakter manusianya,  tapi Islamnya sama, yg tdk boleh adalah kita merasa lebih baik dari yg lain,  ummat Islam akan selalu bangkit krn melakukan keislaman,  bukan dipaksa-paksa (bukan dipaksa “toleransi” dgn standar yg tdk sesuai fitrah spt skr ini).

Padahal keberadaan ummat Islam memberikan keuntungan besar pada negeri ini,  misalnya yg merebut kemerdekaan adalah ummat Islam,  utk ibadah haji saja setiap tahun lebih dari 200ribu org,  jamaah umrah jutaan org.  Ketika Ramadhan,  ketika idul fitri dan idul adha. Mestinya bukan dijadikan objek semata oleh pemerintah. Apalagi ditekan2 untuk melaksanakan hal2 yg tdk sesuai fitrah ajaran agamanya.

Wallahu a’lam.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: