• Akses Cepat Indeks !

  • Translate This Blog

  • Baca Quran

  • Kategori

  • Stat SUFI-Blog

    • 299,329 akses
  • Terbaru nih…

  • Goh Gallery

  • Arsip

  • facebook

    Mohammad Iqbal's Facebook profile
  • Research Gate

    Mohammad Iqbal

Istiqomah dlm Amal sholeh dan Kebaikan

Seri Mengaji Masjid Alitisham,  Ust.  Sambo,  3Sep2016 / 1Dzulhijjah1437

Amal yg semakin diulang walau pekerjaannya sama dan ke khusyu-nya sama tetap lebih baik yg
Sehingga tingkatannya bisa mencapai amal unggulan.

Supaya tetap istiqomah

1- Paksa dan biasakan

2- cari lingkungan

3- mindset diubah ttg istiqomah

4- cari motivasi spy bisa istiqomah : cari pahala,  cari ridho Allah, bersyukur, supaya ditolong Allah,  supaya doa2 dikabul,  supaya dpt surga,  supaya menjauh neraka,  amalan2 dunia yg dikembalikan langsung kpd Allah (shalat dhuha,  supaya Allah melancarkan rizki,  shalat istisqa shalat minta hujan kpd Allah,  shalat hajat spy Allah mengabulkan hajatnya).

6- cari titik nikmatnya,  spy ibadah menjadi asyik,  tdk perlu dipaksa lagi. Yg salah aja misalnya merokok,  begitu sdh dapat titik nikmatnya sulit dihentikan walau sdh dinasihati dari berbagai segi.  Bagi orang beban,  krn sdh nikmat kita akan mudah saja melakukannya,  bahkan dibela-belain sampai bisa terlaksana (shalat di masjid : azan pasti bangun,  saat musafir pun kjta selalu cari masjid utk berjamaah,  walaupun ada dispensasi, dll)

7- Cari ilmu tentang beramal,  cari 3 hal utama :

a- ilmu ttg hukum2nya : wajib,  sunnah,  mubah, makruh dan haram.  Shalatnya sendiri fardhu,  tepat waktunya dan dilaksanakan di masjid adalah wajib. Fardhu itu kalau ditinggalkan batal imannya,  tapi kalau wajib tidak. Ulamalah yg memberikan defenisi dan klasifikasi,  kembali menuju Quran dan sunnah itu melalui ilmu para ulama, misalnya : Qs. 4:103 – saat selesai shalat berzikirlah sambil berdiri,  duduk dan berbaring –  tanpa penjelasan ulama,  kita tahu ini pilihan bukan urutan,  kita juga wudhu itu urutan,  tdk boleh tertukar,  ulamalah yg mampu mengambil istimbath hukum dari Quran dan hadits, 
Surah jumuah selesai shalat jumat hrs fantasiru (bertebaranlah), hukumnya mubah utk bertebaran.
Jengkol tdk disuka krn baunya,  rokok itu kiasnya kpd merusak makan rokok adalah makruh li tahrim (mendekati haram).
Qurban sunnah muakkad bahkan mendekati wajib pahalanya besar dan resiko juga krn ada ancaman jgn dekat2 tempat shalat kami.
Dgn tahu ilmunya,  kita akan menjadi lebih semangat beribadah.

b- ilmu tentang fadhilah (keutamaan) ibadah, misal : manfaat shalat shubuh yg sangat hebat,  apalagi diteruskan dzikir sampai syuruq.
Puasa Arafah 9 dzulhijjah akan diampuni satu tahun sebelum dan setelahnya.
Puasa 10 Muharram diampuni saru tahun sebelumnya.
Duduk di majelis Ilmu akan didoakan malaikat dan syahid jika wafat dlm perjalanan menuju dan meninggalkannya.
Dzikir subhanallah, alhamdulillah, allahu akbar,  lailaha illallah 100 kali,  bagaikan berinfaq 100 unta,  100 kuda perang,  100 budak bani Ismaik.
– puasa bagai mengetuk pintu surga
– tilawah Quran banyak sekali pahalanya,  mendengarkannya,  mengucapkannya,  dll.

c- ilmu hikmah,  manfaat keduniaan.
– manfaat shubuh jalan pagi menguatkan jantung,  larangan tidur krn bahaya utk jantungnya dan mengurangi pasokan udara ke otaknya. Maka sujudnya hrs lebih panjang.
– puasa membuat sehat jadi detoksifikasi,
– tilawah Quran bagus diperdengarkan spy menambah ketenangan,  melatih pernafasan.
– Pelajari mengapa riba,  babi dll dilarang.
– shalat melatih fokus / konsentrasi kpd yg tdk nyata / abstrak maka cita2, kesuksesan,  kebahagiaan dll akan lebih mudah dicapai.

Hambatan istiqomah :
1- malas, yg dtg dari faktor internal
2- hawa nafsu
3- kurang ilmu,  tdk mau mengaji dan belajar.

Seputar Qurban dan haji

Hal2 yg sangat dianjurkan dalam 1-13dzulhijjah :

1- puasa 10 hari berbuka setelah shalat idul adha.  Qs. alfajr:1-2,  amal kebaikan yg paling dicintai Allah setelah Ramadhan ada pada bulan dzulhijjah, 

4 bulan harram yg amat dicintai Allah dan Rajab, dzulqaidah, dzulhijjah dan muharram.

9:36 – Sesungguhnya bilangan bulan pada sisi Allah adalah dua belas bulan, dalam ketetapan Allah di waktu Dia menciptakan langit dan bumi, di antaranya empat bulan haram. Itulah (ketetapan) agama yang lurus, maka janganlah kamu menganiaya diri kamu dalam bulan yang empat itu, dan perangilah kaum musyrikin itu semuanya sebagaimana merekapun memerangi kamu semuanya, dan ketahuilah bahwasanya Allah beserta orang-orang yang bertakwa.

2- shaum dari hari ke delapan,  atau dari hari kesembilannya,  atau dari hari kesepuluhnya,  mulai azan shubuh buka waktu dhuha (puasa paling pendek).

3- perbanyak dzikir 2:203,  tanggal 10-13 tdk ada puasa bagi yg non haji,  bagi yg haji boleh shaum utk bayar dam. Maka saat tasyrik bagi yg tdk berhaji amalan tertingginya adalah dzikir.

Qs. 2:203 – Dan berdzikirlah (dengan menyebut) Allah dalam beberapa hari yang berbilang. Barangsiapa yang ingin cepat berangkat (dari Mina) sesudah dua hari, maka tiada dosa baginya. Dan barangsiapa yang ingin menangguhkan (keberangkatannya dari dua hari itu), maka tidak ada dosa pula baginya, bagi orang yang bertakwa. Dan bertakwalah kepada Allah, dan ketahuilah, bahwa kamu akan dikumpulkan kepada-Nya.

Qs. 2:196 –  Dan sempurnakanlah ibadah haji dan ‘umrah karena Allah. Jika kamu terkepung (terhalang oleh musuh atau karena sakit), maka (sembelihlah) korban yang mudah didapat, dan jangan kamu mencukur kepalamu, sebelum korban sampai di tempat penyembelihannya. Jika ada di antaramu yang sakit atau ada gangguan di kepalanya (lalu ia bercukur), maka wajiblah atasnya berfid-yah, yaitu: berpuasa atau bersedekah atau berkorban. Apabila kamu telah (merasa) aman, maka bagi siapa yang ingin mengerjakan ‘umrah sebelum haji (di dalam bulan haji), (wajiblah ia menyembelih) korban yang mudah didapat. Tetapi jika ia tidak menemukan (binatang korban atau tidak mampu), maka wajib berpuasa tiga hari dalam masa haji dan tujuh hari (lagi) apabila kamu telah pulang kembali. Itulah sepuluh (hari) yang sempurna. Demikian itu (kewajiban membayar fidyah) bagi orang-orang yang keluarganya tidak berada (di sekitar) Masjidil Haram (orang-orang yang bukan penduduk kota Mekah). Dan bertakwalah kepada Allah dan ketahuilah bahwa Allah sangat keras siksaan-Nya.

3- sedekah terbaik di bulan dzulhijjah adalah Qurban : unta,  sapi/kerbau,  kambing/domba.
– tdk bisa diganti dgn ayam seharga sama, daging mentah beli dipasar dgn  beratnya yg sama.
– yg dinilai Allah dari qurban adalah dagingnya,  darahnya,  bulunya,  dan ketaatannya kpd perintah Allah
– kewajiban berlaku personal,  bagi yg mampu di keluarga semuanya hrs berqurban,  jika cuma mampu 1 boleh satu saja utk keluarga.
– Disunnahkan makan daging qurban dari hewan yg dikurbankan

Wallahu a’lam

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: