• Akses Cepat Indeks !

  • Translate This Blog

  • Baca Quran

  • Kategori

  • Stat SUFI-Blog

    • 299,329 akses
  • Terbaru nih…

  • Goh Gallery

  • Arsip

  • facebook

    Mohammad Iqbal's Facebook profile
  • Research Gate

    Mohammad Iqbal

Mengejar Momentum Lailatul Qadar

Seri liqo ust Yasir, 25juni2016 / 21Ramadhan1437

Surah Fatir : 29 –  orang-orang yang selalu membaca kitab Allah dan mendirikan shalat dan menafkahkan sebahagian dari rezeki yang Kami anugerahkan kepada mereka dengan diam-diam dan terang-terangan, mereka itu mengharapkan perniagaan yang tidak akan merugi,

Surah Fatir : 30 –  Allah menyempurnakan kepada mereka pahala mereka dan menambah kepada mereka dari karunia-Nya. Sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Mensyukuri.

Saat isra Mi’raj, sesuatu yg dikomplen nabi Musa bahwa syariat yg dibawa dari Allah, ummat belakangan akan menjadi semakin lemah shgg tidak bisa melaksanakan syariat tersebut.

Ilustrasi beratnya syariat yg diturunkan kpd nabi2 sblmnya diabadikan dalam Quran :

Qs. 2:54 –  (ingatlah), ketika Musa berkata kepada kaumnya: “Hai kaumku, sesungguhnya kamu telah menganiaya dirimu sendiri karena kamu telah menjadikan anak lembu (sembahanmu), maka bertaubatlah kepada Tuhan yang menjadikan kamu dan bunuhlah dirimu. Hal itu adalah lebih baik bagimu pada sisi Tuhan yang menjadikan kamu; maka Allah akan menerima taubatmu. Sesungguhnya Dialah Yang Maha Penerima taubat lagi Maha Penyayang”.

Keutamaan bagi ummat belakangan ini yg lemah adalah adanya malam Lailatul Qadar.

Tapi ada amalan yg lebih utama dari i’tikaf di masjid :

# Hadist Rasulullah SAW :  yang paling dicintai oleh Allah adalah yang paling memberikan manfaat bagi manusia. Adapun amalan yang paling dicintai oleh Allah adalah membuat muslim yang lain bahagia, mengangkat kesusahan dari orang lain, membayarkan utangnya atau menghilangkan rasa laparnya. Sungguh aku berjalan bersama saudaraku yang muslim untuk sebuah keperluan lebih aku cintai daripada beri’tikaf di masjid ini -masjid Nabawi- selama sebulan penuh.”
(HR. Thabrani di dalam Al Mu’jam Al Kabir no. 13280, 12: 453. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini hasan sebagaimana disebutkan dalam Shahih Al Jaami’ no. 176).

# Qs. 9:19-20
Surah At-Taubah, Verse 19: Apakah (orang-orang) yang memberi minuman orang-orang yang mengerjakan haji dan mengurus Masjidilharam kamu samakan dengan orang-orang yang beriman kepada Allah dan hari kemudian serta bejihad di jalan Allah? Mereka tidak sama di sisi Allah; dan Allah tidak memberi petunjuk kepada kaum yang zalim.
Surah At-Taubah, Verse 20:  yang beriman dan berhijrah berjihad di jalan Allah dengan harta, benda dan diri mereka, adalah lebih tinggi derajatnya di sisi Allah; dan itulah orang-orang yang mendapat kemenangan.

Seorang haroki hamba Allah yg paham agamanya ; hrs dapat melihat substantial ibadah, malam i’tikaf, siang membantu saudaranya. Jgn euforia ibadah2, shgg tdk peka merasakan keperluan2 org terdekat di sekitar kita.

Allah mengajarkan urutan keutamaan ibadah

Qs. 4:36
Sembahlah Allah dan janganlah kamu mempersekutukan-Nya dengan sesuatupun. Dan berbuat baiklah kepada dua orang ibu-bapa, karib-kerabat, anak-anak yatim, orang-orang miskin, tetangga yang dekat dan tetangga yang jauh, dan teman sejawat, ibnu sabil dan hamba sahayamu. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang sombong dan membangga-banggakan diri,
Sosial kepada masyarakat itu setelah orgtua dan kerabat sudah tercukupi
4 doa : Doa org sakit sampai sembuh, doa musafir sampai kembalinya, doa org yg berjihad sampai pulang, doa dari Saudara terdekat
Doa terakhirlah yg paling cepat dikabulkan.

Amal itu bukan dikerjakan  sekedar berdasarkan prioritas, tapi juga berdasarkan momentum….

momentum kini adalah Lailatul qadar.

Wallahu a’lam

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: