• Akses Cepat Indeks !

  • Translate This Blog

  • Baca Quran

  • Kategori

  • Stat SUFI-Blog

    • 299,138 akses
  • Terbaru nih…

  • Goh Gallery

  • Arsip

  • facebook

    Mohammad Iqbal's Facebook profile
  • Research Gate

    Mohammad Iqbal

Asal muasal Zakat

Seri Mengaji Mushalla Alitisham, 15Mei2016 / 8Sya’ban1437, Ust. Syatibi Satiri

Kitab Tarihu tasyri’ (sejarah syariat / aturan agama)

# Asal kata zakat berdasarkan bahasa ada 4 makna :
1- toharoh – suci
2- Annama – berkembang
3- Albarokah – bertambah kebaikan
4- Almadhu – pujian

Ditemukan dlm Quran dan juga hadits.
Kata zakat dipakai untuk : Ukuran harta yg disodaqohkan oleh org yg mampu, krn dpt membersihkan dan menyucikan dan menjadikan hartanya berkembang, sebgmn utk makna zakat dlm Quran memakai shodaqoh juga.

Quran memperhatikan kata zakat berbarengan dgn  shalat.
– Qs fushilat : 6-7 disebut dgn zakat, yg tdk berzakat itu musyrik.
– Qs. 9:103 disebut dgn shodaqoh
– Qs. 9:60 disebut shodaqoh tdk dlm bentuk mufrod (tinggal) tapi dlm bentuk jamak.

Quran tdk menjelaskan detil harta apa saja yg hrs dikeluarkan dan dlm ukuran sebagaimana. Tapi Quran menjelaskan detil kpd mustahiq yg berhak menerima zakat pada 9:60.

# Syekh Muhammad annawawi dlm kitab nihayatul Zen menerangkan :

1- Faqir : tdk punya pekerjaan tetap atau tdk sama sekali punya kerja tapi penghasilannya tdk sampai 50% kebutuhannya.
2- Miskin : penghasilannya tdk sampai 100% kebutuhan2nya.
3- Amilin : org atau kelompok yg dpt SK resmi dari Qodi / menteri urusan agama / penguasa2 atau Pemerintah. Bukan sekedar panitia zakat saja.
4- Muallaf : iman di hatinya blm terlalu kuat, krn baru masuk Islam, atau dikhawatirkan keluar dari Islam.
5- Riqof (budak) : almukatab, hamba sahaya melebihi pembantu, spt Barang bisa dijual, dipinkamkan, disewakan. Jenisnya :
– Innun / abdun 100%
– Muba’ad : dibebaskan sebagian, misal 30% dimerdekakan, hasil kerjanya 70% utk majikan
– Mukatab : kalau kamu bisa bayar sekian ke majikannya dgn cara dicicil, begitu lunas bisa merdeka, berhak dpt zakat.
Kalau majikan mati, budak itu merdeka.
Dlm Islam, tawanan perang jadi budak, tapi Islam sangat menganjurkan utk memerdekakan budak dgn pahala yg luar biasa, walaupun tdk dimerdekakan maka dilarang memberi beban di luar Kemampuan & tdk berlaku kasar.
6- Ghorimin : org yg berhutang utk kebaikan bukan utk mewah2an. Termasuk Hutang utk mendamaikan 2 kelompok yg bertikai sbg kompensasi.
7- Fii sabilillah : ada yg menafsirkan pasukan perang yg tdk mendpat gaji resmi dari Pemerintah. Ada lagi tafsiran sabilillah dari ulama alqoffal, dlm kebaikan (sekolah, Guru ngaji, rumah sakit,  dll).
8- Ibnu sabil : org yg melakukan perjalanan baik yg diperbolehkan dlm agama kehabisan bekal diperjalanan

# Hikmah zakat menghindarkan org2 mampu dari kecemburuan dan dendam org2 yg tdk mampu, krn ketimpangan ekonomi.
Di masa Jahilliyah, org Arab punya aturan utk hasil pertanian dan ternak, ada bagian utk Allah, ada juga utk berhala2 mereka. Zakat sdh dikenal sblm Islam dtg, namun caranya campur aduk dgn atuean Jahilliyah, seperti dijelaskan pada Qs. Alanam :136.
Uniknya ada hasil2 harta mereka yg HANYA boleh dimakan oleh org2 yg mereka tentukan sendiri, mengada2 saja sesuai keinginan mereka, seperti pada Qs. Alanam:138-140
Ada juga hewan2 yg diharamkan untuk dinaiki,
Ada yg boleh disembelih tanpa menyebut nama Allah,
Ada hewan yg HANYA boleh dimakan oleh kaum pria,
Utk bagian Allah diserahkan kpd kaum miskin
Utk bagian berhala diserahkan Kpd sadanah (sadin) yaitu penjaga ka’bah, tempat ibadah penjaga berhala.
Perhatian mereka kpd harta utk berhala lebih tinggi dari yg kpd fakir miskin.
Keburukan itu :
1- menyekutukan Allah
2- mengada2 dlm mengharamkan atau menghalalkan sesuai
3- tdk perlu menyebut nama Allah
Quran membatalkan semua jenis zakat versi Arab Jahilliyah, dan menggantikannya dlm aturan2 Quran :
– Utk hasil pertanian, dikeluarkan ketika setelah panen.
– Quran menghalalkan seluruh hewan utk dikonsumsi kecuali yg diharamkan pada Qs. Alanam:145 (bangkai, darah yg mengalir (hati, limpa dibolehkan), daging babi, hewan yg disembelih tidak menyebut nama Allah), juga dijelaskan pada hadits (punya cakar, paruh/taring tajam – kitab2 fiqih risalatul hayawan / tahkiful hayawan).

Jadi zakat itu ajaran dari nabi Ibrahim, tapi dlm perkembangannya terjadi banyak penyimpangan. Ketika Islam datang aturan2 tersebut dimurnikan kembali.

Tanya jawab

1-Di Qs. Fushilat : 6-7 para pemangkir zakat disebut musyrik.

Jawaban : Musyrik ada 2 macam yaitu I’tiqodi (ideologi tdk menuhankan Allah),  musyrik fi’li (secara perilaku). Utk menafsirkan ayat perlu dilihat secara bahasa, lalu melihat syababun nuzul dan situasinya masyarakat, parameter ayat (mansukh,..). Musyrik dlm ayat ini bisa dlm makna mereka yg sdh beriman tapi tdk mau bayar zakat (musyrik fi’li) dan atau bahkan org yg memang musyrik i’tiqodi dan tdk mau bayar zakat.

2- Zaman Abu bakar di sebut murtad dan diperangi.
Jawaban : Alasannya mereka krn Muhammad sdh wafat, mrk masuk kategori ingkar sunnah, dan oleh Karena itu boleh diperangi.

3- Detil di Quran ttg menghitung zakat yg kurang banyak lebih banyak di hadits, sejauh mana kita bisa memungut / menghitung zakat dimana sumber zakat kini berkembang, spt penjualan karbon?

Jawaban : dalam fiqh kebanyakan yg hrs dizakati adalah hal2 yg dzohir, diuraikan oleh para ulama dalam rumusan fiqh : Hasil hewan ternak, hasil pertanian (kurma – makanan pokok, dikiaskan ke gandum, padi dll), dan hasil perdagangan,
Zakat profesi (tdk ada dlm quran dan hadits, tapi ada atsar, berita zaman Umar bin Abdul Aziz, yg menerapkannya) dipotong bulanan, padahal syarat haulnya mencapai nishob itu per tahun.

Utk perdagangan karbon, bukan pada jenis barangnya, yg penting barangnya ada, halal, dan dpt dihitung modal dan untungnya dlm setahun mendpt 1 nishob zakat atau tidak, Emas 78 gram utk kehati2an. Atau 85 gram. Ada ukuran 1 sho’ yg berbeda antara Imam mazhab.

Wallahu a’lam

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: