• Akses Cepat Indeks !

  • Translate This Blog

  • Baca Quran

  • Kategori

  • Stat SUFI-Blog

    • 300,769 akses
  • Terbaru nih…

  • Goh Gallery

  • Arsip

  • facebook

    Mohammad Iqbal's Facebook profile
  • Research Gate

    Mohammad Iqbal

Ketaatan akan menghasilkan Ketenangan Hidup

Seri Mengaji Tafsir Alhijri, Qs. Alankabut:33-35, Ust. Didin, 10jan2016/ 29RabiulAwal1437

Ayat 33: Dan tatkala datang utusan-utusan Kami (para malaikat) itu kepada Luth, dia merasa susah karena (kedatangan) mereka, dan (merasa) tidak punya kekuatan untuk melindungi mereka dan mereka berkata: “Janganlah kamu takut dan jangan (pula) susah. Sesungguhnya kami akan menyelamatkan kamu dan pengikut-pengikutmu, kecuali isterimu, dia adalah termasuk orang-orang yang tertinggal (dibinasakan)

Ayat 34 : Sesungguhnya Kami akan menurunkan azab dari langit atas penduduk kota ini karena mereka berbuat fasik.

Ayat 35 : Dan sesungguhnya Kami tinggalkan daripadanya satu tanda yang nyata bagi orang-orang yang berakal.

# Ketaatan akan melahirkan ketenangan : shalat, dzikir, perbuatan baik kpd manusia (infaq, menolong, memberi nasihat, perhatian…), maka carilah ketenangan dlm ketaatan.

ala bidzikrillah tat mainnul qulub…” krn Allahlah yg menurunkan ketenangan (sakinah). Kata sakinah seakar dgn sikkin (ketajaman hati dan pikiran). ketenangan ini bukannya tdk ada masalah (pasif), tetapi terkait dgn kemampuan hati dan fikiran krn ketaatannya kpd Allah, shgg semua masalah dpt ditemukan solusinya.

# Perilaku kemaksiatan, seperti melaksanakan hal2 yg dilarang, tdk patuh kpd Allah akan menimbulkan kegelisahan. Org yg melakukan kejahatan tdk akan pernah tenang hidupnya dan gelisah selalu, krn dicabut ketenangan batinnya oleh Allah.

# Org-org yg berfikir, tdk akan pernah memilih hal2 yg mengundang sesuatu kegelisahan, tapi akan mengambil hal2 yg mendatangkan ketenangan dlm kehidupannya.

hadits : taatlah kpd Tuhanmu, maka engkau dikatakan sbg org cerdas. jgn kau maksiat kpd Allah krn perbuatan ini adalah kelakuan org2 bodoh.

org yg cerdas adalah org yg taat, dan inti ketaatan adalah ketenangan dlm hidupnya.

# ketika maksiat dilakuan secara masif oleh masyarakat, maka akan menimbulkan kegelisahan. Org-org yg tdk tenang, tdk akan produktif krn pikirannya tdk bisa mencarikan solusi utk permasalahannya. Hal ini spt yg terjadi pada kaum luth. Kemaksiatan mereka telah menimbulkan kegelisahan luar biasa, dan itupun menimpa bagi org2 yg taat di dalamnya. Termasuk ketika Allah menurunkan malaikat azab dlm bentuk manusia yg tampan. Nabi Luth mengemukakan kekhawatirannya.

# Apabila perbuatan jahat terus dilakukan maka Allah akan menurunkan azab-Nya.

Hadits ; jika ada 5 perbuatan jahat / buruk dilakukan akan menimbulkan 5 hal yg menakutkan :
1. tdklah suatu kaum menghianati janji yg dibuatnya kecuali mereka akan dikendalikan oleh musuh2 mereka.

– kemunduran ummat islam bukan krn kekuatan musuh, tetapi lebih karena sifat dan perilaku kita yg tidak sesuai dgn ajaran Islam. Islamnya akan terus berkembang krn Allah akan menjaganya, walaupun ummatnya ada gap dgn ajaran Islam. sekarang ini sdh dpt dirasakan.

2. tdklah mereka menetapkan aturan yg bertentangan dgn ajaran Islam kecuali akan terjadi kefakiran yg merajalela.

– Lihat faktanya di negara kita, kemiskinan sdh ‘diturunkan’ (dari ayahnya ke anaknya dan kecucunya), laporan resmi pemerintah, angka kemiskinan meningkat 11% menjadi > 33%, blm lagi kita melihat angka yg potensial menjadi miskin.
– Ternyata miskin bukan semata2 kemiskinan ekonomi, tapi berkaitan dgn ketaatan. kita bahkan miskin moral dan etika.

3. tdklah merajalela perzinaan yg dilakukan masif oleh masyarakat kecuali akan merajalela penyakit yg akan membawa kematian.

4. dan tdklah mrk mempermainkan takaran / kualitas / harganya bagi barang2 yg dijualnya, kecuali tanaman2 tdk bisa tumbuh dgn baik dinegeri itu dan diazab dgn kemarau yg sangat panjang atau hujan yg mencelakakan.

– Contoh mempermainkan takaran : bahan bakar turun harga tapi malah jadi sulit ditemukan dimana dan harga sembako melambung tinggi.
– cuaca tak menentu ternyata akibat perilaku maksiat yg mengundang kegelisahan.

5. tdklah mrk menolak membayar zakat, kecuali akan ditahan oleh Allah hujan yg membawa rahmat.

Wallahu a’lam

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: