• Akses Cepat Indeks !

  • Translate This Blog

  • Baca Quran

  • Kategori

  • Stat SUFI-Blog

    • 299,329 akses
  • Terbaru nih…

  • Goh Gallery

  • Arsip

  • facebook

    Mohammad Iqbal's Facebook profile
  • Research Gate

    Mohammad Iqbal

Rasa Malu dan Iman – pasangan tak terpisahkan

Seri Mengaji Tafsir Alhijri, Qs. Alankabut:28-29, Ust. Didin, 27des2015/ 15RabiulAwal1437

Surah Al-Ankabut – 28:
Dan (ingatlah) ketika Luth berkata kepada kaumnya: “Sesungguhnya kamu benar-benar mengerjakan perbuatan yang amat keji yang belum pernah dikerjakan oleh seorangpun dari umat-umat sebelum kamu”.
Ayat 29: Apakah sesungguhnya kamu patut mendatangi laki-laki, menyamun dan mengerjakan kemungkaran di tempat-tempat pertemuanmu? Maka jawaban kaumnya tidak lain hanya mengatakan: “Datangkanlah kepada kami azab Allah, jika kamu termasuk orang-orang yang benar”.

Ayat2 ini menceritakan perbuatan yg buruk yg dilakukan oleh kaum nabi Luth yg harus kita jauhi, karena sifat utama kaum yg beriman adalah alhaya (malu melakukan perbuatan maksiat) ; malu kpd Allah, RasulNya dan sesama manusia.

hadits : iman dan rasa malu selalu berbarengan dan melekat satu sama lain. apabila diangkat salah satunya maka diangkat pula yg lainnya.

Apalagi jika perbuatan buruk itu dilakukan secara bersama2 oleh suatu kaum, maka jelaslah iman mereka sudah tercabut sama sekali.

Ada 4 perbuatan yg dpt menghilangkan rasa malu, sehingga tdk ada lagi penghalang, tdk ada lagi hati nurani sebagai penolak keinginan hawa nafsu untuk berbuat kekejian yaitu :
1. perbuatan zina, bukan sekedar berdosa dan fahisyah (keji), tapi juga dpt menghilangkan iman. menghasilkan perbuatan buruk yg lain sbg turunannya. 2. membiasakan minuman keras (khmar) dan zat2 lain yg merusak. hadits : barangiapa membiasakan berzina dan meminum minuman keras akan dicabut oleh Allah imannya. Allah mencabut iman sbgmn mudahnya org membuka pakaiannya.
hadits : khmar itu sumber dari segala keburukan.
jika sdh terjerumus maka apapun perbuatan buruk bisa dilakukan, fakta menunjukkan bahwa kejahatan dilakukan dlm keadaan hilang akal karena minuman keras ini.

Oleh sebab itu, negara yg baik tdk boleh mengizinkan adanya lokalisasi zina atau lokalisasi khmar krn dapat menghancurkan tatanan kehidupan masyarakat.

3. melakukan pekerjaan kaum nabi luth yaitu liwath (perzinaan sejenis, bukan perkawinan sejenis) spt juga bukan perkawinan mut’ah tapi perzinaan mut’ah. Ini bukanlah perbuatan yg wajar, tapi perbuatan keji, shgg pelakunya berani berbuat apapun juga. Disebabkan oleh rasa malunya yg sudah hilang shgg mudah mencela sahabat nabi.
hadits : barangsiapa yg mengerjakan perbuatan kaum luth maka bunuhlah (dilakukan oleh pemerintahan).

Jika ada pembelaan atas nama HAM, maka sesungguhnya atas nama ham yg mana? krn perilaku2 ini justru menghancurkan nilai2 kemanusiaan dan bukanlah merupakan bagian dari kebebasan yg kebablasan dari hidup manusia. Perilaku2 seperti ini tdk boleh masuk ke Indonesia yg merupakan bangsa yg Berketuhanan, yaitu bangsa yg meletakkan Tuhan diatas segala2nya. jgn ada lagi yg mengatakan bahwa negara Indonesia adalah bukan negara sekuler dan bukan negara agama.

– Indonesia adalah negara yg menghormati ajaran agama dan nilai2 agama dan mendorong ummatnya melaksanakan agama.
– ham negara ini beda dgn ham org barat yg tdk berlandaskan agama.
– Masyarakat sekarang bingung, kini ada 105 UU yg bertentangan dgn UUD terutama yg berhubungan dgn kekayaan sumber alam Indonesia.

4. Terbiasa memakan makanan haram.
– jika kita sdh tdk selektif lagi thdp apa yg kita makan maka hal tsb menghilangkan rasa malu kita. krn doa kita dan ibadah kita tdk akan diterima.
– halal baik bendanya maupun cara mendapatkannya dan juga toyyib (baik) sesuai dgn kebutuhan dan tidak berlebihan.
– diterimanya haji itu kalau hartanya dari yg halal. hadits : seseorg berangkat haji dgn harta halal ketika mengatakan talbiyah malaikat menjawab diterima hajinya, tp jika hartanya haram, maka malaikat menjawab, tdk ada penerimaan, tdk bahagia dan hajimu haji yg ditolak.

Wallahu a’lam

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: