• Akses Cepat Indeks !

  • Translate This Blog

  • Baca Quran

  • Kategori

  • Stat SUFI-Blog

    • 299,138 akses
  • Terbaru nih…

  • Goh Gallery

  • Arsip

  • facebook

    Mohammad Iqbal's Facebook profile
  • Research Gate

    Mohammad Iqbal

Bagaimana cara Quran menjelaskan Hukum Kehidupan

Seri Mengaji mushalla Alitisham, ust. Syatibi Satiri, 29nov2015/17safar1437

Bentuk2 ayat perintah (ushlub ) Alquran

# Perintah tentang hukum Wajib
1. perintah yg jelas – ayat yg ibnu umar pakai utk menutup khutbah jumat. innallaha ya’muru bil adli wa ihsan…
  
2. terminologi kutiba alaikum (diwajibkan atas kalian), pada 2:178 – spt juga pada 2:183, 4:24 kitaaballahi alaikum, 4:103 kittaban mauquuta

3. terminologi kekhususan, wajib tapi hanya pada org2 tertentu
2:97 – ttg perintah haji

4. dlm gaya bahas tuntutan :
fiil amar (perintah) : 2:238 – peliharalah dan jagalah shalat2 yg wajib
fiil mudhori’ (kata kerja) dgn lam : alhaj:29 – tsummal yaqdu , wa yuufu, wa yuthowwafu

5. ada kata2 fardhu
Qs. al ahzab:5 maa farodhna

6. ada penyebutan fiil sbg balasan percakapan sblmnya
2:196 –  famas taisyaro minal hadyi
2:280 wa nadziirotun..

# Bentuk larangan dlm quran

1. larangan yg jelas
– ayat yg ibnu umar pakai utk menutup khutbah jumat.
– mumtahanah : 9

2. ada kata2 semakna dgn attahrim (harroma yu harrimu) – telah diharamkan
alarof:33

3. dgn kata2 tdk halal (la ya hillu)
4:  larangan mewarisi paksa wanita2
2:229 la yahillu
2:228

4. ada kata larangan : jangan, atau kata perintah : tinggalkanlah
– alanam:152 – janganlah…
– alanam:120 – tinggalkanlah dosa2…
-alahzab:48 – dan jgn hiraukan gangguan org munafik

5. menyatakan perbuatan tsb bukan perbuatan yg baik
2:177 – bukanlah suatu kebaikan…

6. meniadakan suatu perbuatan
2:193 – jika mrk berhenti memusuhi nabi, …
2:197 – siapa saja yg berniat haji, maka tdk ada jima’, tdk ada perbuatan fasik, tdk ada berbantahan.

7. menyebutkan perbuatan dan konsekuensi dosa bagi yg melakukannya

2: 181 – siapa yg mengganti2 ajaran agama…

8. menyebutkan perbuatan yg diikuti ancaman
9:34 – org yg menyimpan emas perak dn tdk menginfaqkan akan dpt azab yg pedih.
2:273 – pemakan riba, akan dibangkitkan sbg org gila

# uslub Quran ttg mubah

1. lafaz halal yg disandarkan pada suatu fiil
5:1 – telah dihalalkan bagi kalian binatang ternak

2. lafaz tidak berdosa
2:173 – siapa yg terpaksa tanpa melampaui batas dan bukan hasrat/keinginan/doyan, maka tdk ada dosa baginya.

3. lafaz fala junaaha
2:158 – safa marwa adalah tanda2 kebesaran Allah, siapa yg haji dan umroh, tdk berdosa…

Perintah berkaitan hukum dlm Quran

1. hub antara Allah dan hambanya (ibadah), hrs ada niat : ibadah mahdoh (murni, cara dan waktu sdh ditentukan) spt shalat, shaum, zakat (harta dan sosial), ibadah badaniyyah dan nilai kesetaraan sosial (haji). – ibadah ini dasar2 dlm islam

2. hub antar manusia (muamalah) – ibadah ghoiro mahdoh.
– penetapan utk mengamankan dakwah yaitu jihad (bersungguh2 menegakkan agama bukan sekedar perang). suami yg mncari nafkah, istri yg taat, para ulama penulis adalah pelaku jihad.
– penetapan hukum utk masalah rumah tangga : pernikahan, perceraian, nasab dan waris.
– penetapan hukum dlm masalah jual beli, sewa menyewa, pinjam meminjam, hubungan kerja.
– penetapan hukum terkait kriminal : qisos bagi pembunuh, pencuri, pezina, peminum minuman keras.

#  kesimpulan

– penetapan hukum perlu keahlian tafsir ayat secara bahasa dan asbabun nuzul dan pemahaman hadits. tdk cuma berdasarkan akalnya maka perlu bertanya pada ulama yg paham, atau membaca tafsir2 mahsyur. ada juga aturan2 qiroah (cara baca selama mengikuti salah satu 7 cara qiroah – qiroah sab’ah yg disampaikan nabi).
– dlm kasus2 tertentu ulama perlu pembantu2 utk membuktikan sesuatu itu halal atau haram, misalnya utk makanan perlu standar tes baru bisa ditetapkan.

Sastra arab skr mengikuti Quran, misal : perpindahan org kedua ke org ketiga, pola2 informasi lalu berubah jadi komunikasi aktif spt di alfatihah, oleh sebab itulah semua balaghoh, nahu shorof, dan ilmu alat membaca lainnya, bersumber pada Quran.

Bgmn soal syair, ada penyair nabi hasan bin tsabit pernah bersyair soal kepahlawanan di masjid, tdk dilarang oleh nabi. artinya selama kontennya tdk bertentangan dgn agama maka dibolehkan.

ttg musik ada 2 pendapat, imam gazali :  jika bisa melenakan dari mengingat Allah maka dilarang.
hukum musik itu bisa melihat keadaan sosial masyarakatnya. dulu zaman nabi, ada kebiasaan pesta di padang pasir dgn musik yg identik dgn wanita2 nakal dan mabuk2an.

Wallahu a’lam

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: