• Akses Cepat Indeks !

  • Translate This Blog

  • Baca Quran

  • Kategori

  • Stat SUFI-Blog

    • 299,138 akses
  • Terbaru nih…

  • Goh Gallery

  • Arsip

  • facebook

    Mohammad Iqbal's Facebook profile
  • Research Gate

    Mohammad Iqbal

Menyambut Panggilan Tertinggi Aktivis Dakwah

Seri Liqo Ust. Yasir, 4okt2015/20dzulhijjah1436, rumah akh Yana.

Refleksi akhir tahun 1436H

Qs. Alhaj:78 – Dan berjihadlah kamu pada jalan Allah dengan jihad yang sebenar-benarnya. Dia telah memilih kamu dan Dia sekali-kali tidak menjadikan untuk kamu dalam agama suatu kesempitan. (Ikutilah) agama orang tuamu Ibrahim. Dia (Allah) telah menamai kamu sekalian orang-orang muslim dari dahulu, dan (begitu pula) dalam (Al Quran) ini, supaya Rasul itu menjadi saksi atas dirimu dan supaya kamu semua menjadi saksi atas segenap manusia, maka dirikanlah sembahyang, tunaikanlah zakat dan berpeganglah kamu pada tali Allah. Dia adalah Pelindungmu, maka Dialah sebaik-baik Pelindung dan sebaik-baik Penolong.

Ayat perintah pada level tertinggi bagi para aktivis dakwah : panggilan jihad. maka sambutan dari imam syahid Hasan Albanna adalah “aljihadu fisabilillah sabiiluna (jihad di jalan Allah adalah jalan juang kami).”

Sangat jelas bahwa perintah jihad yg diberikan adalah dgn jihad yg sebenar2nya. Sekarang kita tanya diri kita, betulkah kini kita hanya memberikan waktu, pengorbanan, pikiran, cuma sisa2 saja?

# Pada zaman umar bin khattab, beliau mengembalikan spirit haqqo jihadi, dlm memilih gubernur2nya. Agar jabatan adalah jembatan menuju surga bukan perangkap menuju durhaka.
Ketika komplain 4 hal dari ummatnya ttg gubernurnya, Suhail : 1-dtg telat ke kantor, krn paginya hrs mengadoni makanan utk anak dan istrinya, 2-setelah masuk isya susah ditemui, krn itulah waktu utk Tuhanku. 3- ada 1 hari tdk diketahui oleh siapapun dlm sebulan. krn beliau mencuci baju satu2nya. Umar berkata, “maka terhukumlah aku tdk mengurus keperluanmu”. 4- dlm setiap pertemuan, selalu pingsan, dan spt ketakutan. itu krn ketika musyrik dulu menyaksikan penyiksaan sahabat nabi dulu yg beliau terlibat di dlmnya. sampai sahabat yg disiksa dulu sempat bersumpah tolong ingat org2 disini, sempat”krn itulah aku takut dan langsung pingsan.”

buku Assyahid Dr.abdullah Azzam pengusir komunis di Afganistan berjudul tarbiyyah jihadiyyah

# Kisah ibu yg mengirimkan anaknya utk jihad sampai habis anaknya, lalu beliaupun berangkat. Inilah level Qs. 9:111- org2 yg berjihad dan telah menepati janji yg benar di semua kitab suci.

Surah At-Taubah:111 – Sesungguhnya Allah telah membeli dari orang-orang mukmin diri dan harta mereka dengan memberikan surga untuk mereka. Mereka berperang pada jalan Allah; lalu mereka membunuh atau terbunuh. (Itu telah menjadi) janji yang benar dari Allah di dalam Taurat, Injil dan Al Quran. Dan siapakah yang lebih menepati janjinya (selain) daripada Allah? Maka bergembiralah dengan jual beli yang telah kamu lakukan itu, dan itulah kemenangan yang besar.

# dlm kadar kemampuan kita, spy menuju ke spirit jihadi ini ada 4 hal :
1- spirit mas’uliyah (tanggungjawab) – bagi seorg kader dakwah bukan hanya dlm tugas, tapi juga kenikmatan. kewajiban terbesar kita Qs. 42:13 (iqomatud diin – menegakkan agama dan kalimat Allah) dlm bahasa kader : isykariman aumut syahidan (hidup mulia atau mati syahid).

Surah Ash-Shura : 13 – Dia telah mensyari’atkan bagi kamu tentang agama apa yang telah diwasiatkan-Nya kepada Nuh dan apa yang telah Kami wahyukan kepadamu dan apa yang telah Kami wasiatkan kepada Ibrahim, Musa dan Isa yaitu: Tegakkanlah agama dan janganlah kamu berpecah belah tentangnya. Amat berat bagi orang-orang musyrik agama yang kamu seru mereka kepadanya. Allah menarik kepada agama itu orang yang dikehendaki-Nya dan memberi petunjuk kepada (agama)-Nya orang yang kembali (kepada-Nya).

Bertanggungjawab spt pada akhir surah Attakatsur : 8 – kemudian kamu pasti akan ditanyai pada hari itu tentang kenikmatan (yang kamu megah-megahkan di dunia itu).

spt juga pada surah alam nasyrah (94):7 – Maka apabila kamu telah selesai (dari sesuatu urusan), kerjakanlah dengan sungguh-sungguh (urusan) yang lain.

2- ruh atau spirit saja’ah (keberanian) – krn dakwah hanya bisa dipikul oleh pundak org2 yg penuh keberanian. dari doa Rasul yg disyariatkan dibaca pagi dan sore yaitu minta dihindarkan dari aljubni (rasa takut).
buah istiqomah dalam dakwah adalah spt yg ada pada Qs.41:30-31 yaitu tdk ada rasa takut dan kawatir.

Qs. 3:139 selama beriman tdk perlu takut. “Janganlah kamu bersikap lemah, dan janganlah (pula) kamu bersedih hati, padahal kamulah orang-orang yang paling tinggi (derajatnya), jika kamu orang-orang yang beriman.”

3- spirit tashiyyah (pengorbanan) – sbg energi atau bahan bakarnya. contoh abadinya adalah Ibrahim, demonya menghancurkan patung2, diuji dgn mengorbankan anaknya.
perintah Allah itu jalankan saja tanpa perlu bertanya dulu kenapa dan apa tujuannya.

Qs. annur:51 – Sesungguhnya jawaban orang-orang mukmin, bila mereka dipanggil kepada Allah dan rasul-Nya agar rasul menghukum (mengadili) di antara mereka ialah ucapan. “Kami mendengar, dan kami patuh”. Dan mereka itulah orang-orang yang beruntung.

beruntung itu krn kita memenuhi perintah Allah disaat ada seruannya dan sekaligus godaannya.

3 sifat ini akan hadir dlm momen tertentu, tapi tidak menjadi kekal. maka mantan2 aktivis banyak kita temukan yg berkata, “itu sdh masa lalu”. nabi yunus yg meninggalkan kaumnya saja ditegur keras oleh Allah. spy bisa tahan lama maka hrs dibingkai dgn satu kalimat yaitu spirit ke-4.

4- as sobru (spirit kesabaran). sabar dlm dakwah, sabar kekurangan org lain, kelemahan saudara, sabar kekurangan harta.
– sabar adalah separuh iman (hadits)
– org sabarlah yg akan kuat memikul amanah dakwah.
Qs. 46:35 ayat monumental : Maka bersabarlah kamu seperti orang-orang yang mempunyai keteguhan hati dari rasul-rasul telah bersabar dan janganlah kamu meminta disegerakan (azab) bagi mereka. Pada hari mereka melihat azab yang diancamkan kepada mereka (merasa) seolah-olah tidak tinggal (di dunia) melainkan sesaat pada siang hari. (Inilah) suatu pelajaran yang cukup, maka tidak dibinasakan melainkan kaum yang fasik.

zaman modern ini setelah nabi SAW azab bagi org kafir adalah lewat peperangan dan penaklukan. mencontoh ulul azmi.

nah, dimana posisi kita sekarang?

Wallahu a’lam

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: