• Akses Cepat Indeks !

  • Translate This Blog

  • Baca Quran

  • Kategori

  • Stat SUFI-Blog

    • 304,624 akses
  • Terbaru nih…

  • Goh Gallery

  • Arsip

  • facebook

    Mohammad Iqbal's Facebook profile
  • Research Gate

    Mohammad Iqbal

4 Prinsip Hidup Kaum Muslimin

seri mengaji tafsir alhijri, ust. Didin, 23agt/9dzulqoidah1436, Qs. Alqashas : 76-77

Qs. 28:76 bercerita ttg konglomerat yg menjadi legenda keburukan dan kebathilan kebathilan atau kekikiran.
Kikir itu sikap yg sangat buruk dn tdk boleh melekat pd org beriman. Akan menyebabkan jauh dari Allah, manusia dan surga dekat dgn neraka.

Hadits : Pemurah itu mengundang kedekatan Allah, dan sesama manusia.dan sangat dekat dgn surga. Org yg bakhil (menuhankan hartanya) jauh dari Allah, jauh dari manusia (tdk pernah ada keuntungan pd org lain), jauh dari surga dan didekatkan ke neraka.

Harta itu bukan tujuan. Qorun itu anak pamannya musa. Punya peternakan dan pertanian, punya gudang2, yg kunci2nya tdk bisa dibawa oleh sekelompok org yg kuat2. Tetapi kekayaannya ini menjadi penyebab kesombongan Qorun. Spt org yg sombong krn ilmunya spt Haman, krn kekuasaannya yaitu firaun, krn keturunan, (hadits : siapa yg berbangga dgn keturunan saja tanpa prestasi, sesungguhnya tdk akan membawa kemuliaan), spy saling ta ‘arofu menolong sesama yg lain.

Hadits : tdk masuk surga org yg dlm hatinya ada perasaan yg sombong walau sangat kecil. Puncak sombong adalah saat org tdk mau lagi sujud atu tdk mau tunduk kpd ketentuan atau perintah Allah. Tdk mau mendengar nasihat, dan mulai bermaksiat.

– Berjalannya org sombong jg terlihat. spt iblis yg sombongnya menolak perintah Allah membawa kekafiran

Qs. 28:77 – prinsip hidup muslim akan mendptkn kebahagiaan atau kesuksesan. Utk umum kaum muslimin. Dlm redaksi “Carilah oleh Engkau” ada 4 hal prinsip :

1- Jadikan akhirat sbg tujuan akhir, kemuliaan di akhirat, mendapat keridhoan Allah. tanamkan ke keluarga, masyarakat dan anak2 cita2 (jadi dokter, dosen, dll) dan dikaitkan dgn tujuan akhir tsb. Sudah seharusnya ilmu, jabatan, harta atau setiap jadi washilah / sarana pengabdian kpd Allah dan memberi kebaikan kpd manusia shgg menjadi org yg bertanggungjawab dlm hidupnya.

2- Kuasai dunia
Dunia dlm genggaman, tp tdk dihatiku. Spt Abubakar, Umar, Ustman dan sahabat2.
– Sibuk dlm ekonomi, dan berhenti saat azan. Ekonomi diurus oleh org2 yg tdk shalat (tdk melibatkan Allah dan yakin dgn teori2 manusia dan kekuatan2 manusia), maka hasilnya hancur. Maka ekonomi, politik, dsb skr hrs dikuasai org2 yg tdk tertipu dgn perdagangan dunia(annur:37).
– pikiran2 keblinger setelah jadi pemimpin, misalnya di bulan Ramadhan malah mengurus org tdk puasa (org yg tdk mau diurus oleh Allah). begitu juga pedagang2 yg buka warung makannya dgn alasan melayani yg tdk puasa.
– Jangan spt pemimpin2 yg takut pada Amerika yg sesungguhnya adalah negara bangkrut yg hutangnya terbesar di dunia. tdk ada izzah, padahal kaum muslimin di belakangnya. Kaum muslimin itu izzahnya kuat krn ada prinsip amar ma’ruf nahi munkar.
– utsman bin affan sekali infaq 100 unta, abdurrahman bin auf 2/3 keuntungannya utk infaq.
– Takut kpd Allah dan tegas kpd dunia punya izzah (Qs. Alfath:)
– Taqwa dan kaya itu bukan hal yg bertentangan. Hadits : sebaik2nya harta yg baik dipegang oleh org2 yg baik.

3- berbuat baik sbgmn Allah berbuat baik kpdmu.
– berbuat baik dgn tdk ada maksud apa2 dan tdk mengharapkan apa-apa atau balasan dari mereka.
– tdk ada org yg berbuat baik yg hidupnya menjadi susah. Hrs melatih leikhlasan kita. Krn satu2nya balasan adalah dari Allah.

4- jgn berbuat kerusakan
– dgn alasan kebaikan mau berbuat kerusakan. misal : lokalisasi pelacuran, perjudian, miras.

Berita Dunia Islam

Bpjs di dlmnya ada org baik spt ak fahmi. Kebenaran hrs disuarakan sekecil apapun

Mui jadi imam saja, jangan ke teknis krn energinya besar dan jadi pelaku shgg malah jadi saingan. Buat pokja2 (ekonomi, politik, dakwah, mengurus isu2 ummat Islam, dll) dgn mandat pimpinan saja, pelaksananya pengusaha2.
Ummat ini sdh bnyak potensi dan komitmen, yg blm ada itu imamnya. MUI itu bisa jadi imam. Menempatkan MUI di posisi tepatnya. Beratnya beban dana sebetulnya MUI bisa dibantu ummat.

Bagaimana sang guru menghasilkan bnyk pejuang2.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: