• Akses Cepat Indeks !

  • Translate This Blog

  • Baca Quran

  • Kategori

  • Stat SUFI-Blog

    • 300,769 akses
  • Terbaru nih…

  • Goh Gallery

  • Arsip

  • facebook

    Mohammad Iqbal's Facebook profile
  • Research Gate

    Mohammad Iqbal

Cara Pandang orang Taqwa terhadap Dunia

Seri Mengaji tafsir Alhijri, Qs. Alqashas:60-61, ust. Didin H., 28juni2015 / 11Ramadhan1436

Surah Al-Qasas 60-61:
60 : Dan apa saja yang diberikan kepada kamu, maka itu adalah kenikmatan hidup duniawi dan perhiasannya; sedang apa yang di sisi Allah adalah lebih baik dan lebih kekal. Maka apakah kamu tidak memahaminya?
61 : Maka apakah orang yang Kami janjikan kepadanya suatu janji yang baik (surga) lalu ia memperolehnya, sama dengan orang yang Kami berikan kepadanya kenikmatan hidup duniawi; kemudian dia pada hari kiamat termasuk orang-orang yang diseret (ke dalam neraka)?

Ada 2 pelajaran yang dapat dipetik dalam ayat2 ini

1. cara pandang terhadap dunia :
Bagi org tidak beriman, materi harta / tahta adalah sbg tujuan (ghoyyah) akhir, sedang bagi org beriman, dunia adalah sbg sarana utk mendapatkan ridho Allah dlm beribadah secara optimal dan agar dapat memberi kemanfaatan maksimal kpd kemanusiaan yang ujung2nya adalah utk mendapatkan surga Allah.

Hadits : org yg paling mulia diantara kalian adalah :
1. org taqwa
2. org yg memberi (harta, ilmu), berguna dan orang yang bermanfaat bagi org laiñ.

Perbedaan islamic world view (cara pandang terhadap dunia secara islami) ini membuat cara mendapatkan dunia menjadi beda pula, orang yg beriman hanya mencari yg halal menjauhi yg haram, karena dalam pikirannya bagaimana dapat mencapai Sang Maha bersih jika materi yang diusahakan dgn cara2 yg kotor.
Sikap ini juga terlihat ketika menyampaikan ilmu atau hal-hal yang terkait dengan amal2 keduniaan lainnya, orang beriman akan selalu berbuat dgn mujadahah / kesungguhan dan keikhlasan.

2. kalau seorg muslim terpengaruh dgn gaya hidup org kafir maka akan terjangkit penyakit yg sangat berbahaya yaitu al wahn yg membuat Allah tdk akan memberikan kemenangan dan kemuliaan kpd ummat islam. ada 2 macam al wahn:
1. hubbud dun ya (cinta dunia melebihi cintanya kpd Allah dan RasulNya). cinta mutlak kpd dunia, kalau tdk mendapatkannya maka dia tdk mau berbuat, ujungnya kehancuran
2. karohiyatul maut,  yang memiliki 2 makna yaitu :
– takut mati
– takut kehilangan dunia : takut hilang jabatan

jika kena 2 penyakit ini dia tdk punya izzah (kepercayaan diri) sbg org beriman, tawakkalnya kurang, ketergantungan kpd Allah sangat kecil.

Ibadah shaum ini melatih spy terinternalisasi dlm struktur keimanan kita bahwa dunia ini sbg sarana – bukan tujuan dan untuk melatih keyakinan kpd Allah.

hadits : Setiap amal adalah utk dirinya, kecuali shaum utk diriKu.

Hr. baihaqi : dunia ini sangat manis (daya tariknya sangat tinggi, sangat indah dan dapat melenakan), barangsiapa yg mencarinya dgn cara halal dan mengelurakan sesuai dgn ketentuan Allah, maka Allah akan memberikan pahala (dari sebab harta/jabatan/kedudukannya itu) dan Allah akan memasukkannya ke dalam surga (paradigma sikap org beriman). sebaliknya, siapa yg mencarinya dgn segala macam cara tdk peduli halal haram sy6bhat dan mengeluarkannya tdk sesuai ketentuan (berlebih2an, tdk ada manfaatnya), bukan hak harta tsb, Allah akan menggiringnya kepada kehinaan di dunia dan di akhirat.

yg mencari dgn cara baik dan dgn dibenarkan cara Rasulullah akan dimudahkan masuk ke dalam surga.

HR. muslim: Dunia itu benda yg konkrit (kelihatan), org baik dan org jahat akan sama menginginkannya dana dapat kesempatan untuk mendapatkannya, sedangkan akhirat adalah janji yg benar (belum hadir), karena itu hakim akan berlaku adil menegakkan keadilan, maka jadilah kamu sekalian, anak2 akhirat dan jgn kalian menjadi anak2 dunia.

anak = akan selalu mengikuti ibunya.

pahala = tdk kelihatan, hadits, barangsiapa yg tahu besarnya pahala shalat shubuh niscaya akan mendatanginya walaupun dgn merangkak.

Wallahu a’lam

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: