• Akses Cepat Indeks !

  • Translate This Blog

  • Baca Quran

  • Kategori

  • Stat SUFI-Blog

    • 299,138 akses
  • Terbaru nih…

  • Goh Gallery

  • Arsip

  • facebook

    Mohammad Iqbal's Facebook profile
  • Research Gate

    Mohammad Iqbal

Bermuamalah dengan Quran

Seri Mengaji Tafsir Alhijri, Alqoshos:51-53 Ust. Didin, 24Mei2015 / 5Syaban1436

Alquran mukjizat paling besar, paling mulia dan terpuji, quran karim (mulia) dan quranu majiid.

Banyak yg mencoba tandingan2 quran, dari musalaimah Alkazzab sampai kini. tapi mereka tidak mampu menggantikannya bahkan menghinakan mereka sendiri.

5 sikap muamalah terhadap quran dlm rangka menyakini mujizat besar ini.

1- tilawah dgn terdengar, paling tidak minimal oleh pembacanya sendiri yg mendengar. Oleh karena itu ada istilah makhroj (keluarnya huruf) dan tajwid (panjang pendek dan aturan2nya pembacaan).
Salah satu warisan nabi adalah tadarrus Quran di 10 hari terakhir bulan ramadhan. Ini adalah contoh nabi SAW bersama jibril bertadarrus untuk mengurutkan hafalan dan memperkuat pemahaman.

2- al fahmu (memahami), bacaan yg baik adalah dipaskan kpd makna, bukan dgn langgam2 daerah atau lokal, tapi tartil lokal(baca dgn baik dan teratur) dan tentu saja jgn takalluf (memaksakan) atau memirip2kan cara membacanya.

3- alhifzu (menjaga), menghafalnya. Perlu dibiasakan anak2 kita di mobil di rumah dan dimanapun untuk diperdengarkan bacaan Quran supaya akrab dgn Quran. Sudah terbukti, org2 yg hafal quran pasti cerdas, karena oleh Allah dibuka akal, pikiran dan hatinya. Misalnya imam syafii, imam gazali,…

4- al amal (mengamalkan) “wa minallaili wa tahjjad bihi…” maka baca quran jgn terlalu cepat tapi sambil dipahami dan memikirkan cara utk mengamalkannya. Ini adalah metode internalisasi nilai quran dalam memperbarui imam.

org2 yg suka baca quran, shalat, infaq adalah org2 mendapatkan kemenangan dari Allah.

5- addakwah (menyebarkan nilai2 Quran) hadits : yg paling baik di antara kalian adalah mengajarkan dan diajarkan Quran. orgtua harus mengajarkan Quran, spy jadi orgtua yg terbaik.

salah satu mujizat quran adalah diturunkan dengan berkesinambungan dlm sistematika Allah yg luar biasa. saling mentafsirkan satu ayat dgn ayat lain, sbg pelajaran berharga bagi manusia.

Contoh :

# surat albaqarah bicara ttg manusia :

Qs. 2:1-5 ttg manusia taqwa yg akan dpt alfalah, kebahagiaan keberuntungan materi dan spiritual, tdk perlu kawatir dan takut dgn keadaan krn kesemuanya itu hakikatnya sudah dijelaskan duluan oleh Allah.

Qs. 2:6-7 bicara ttg manusia lawannya, yaitu kafir, mereka yg akan celaka krn tertutup hatinya. apriori menolak, sulit menerima nasihat, mengingkari kebenaran Quran dan akhirnya adalah, akan mendapat azab yg sangat dahsyat.

jgn tepukau dgn bangsa2 yg besar, tetap yakin bahwa jika Alah bersama ki

Qs. 2:8- 20 tentang org2 diantara itu, yaitu munafiq. yg paling susah dipegang, menipu Allah, nabi dan org2 beriman padahal benci. hatinya penuh penyakit, maka mrk selalu menduatakan. tapi sekuat2nya menyembunyikan diri. Allah Maha berkuasa.

Qs terakhir juga bicara ttg manusia, yaitu annas. yg bahagia adalah manusia yg menjadikan Allah sbg ilahnya, yaitu menjadikan robbnya, maliknya dan ilahnya (yg disembah) adalah Allah. dan disuruh waspada pada syetan yg membawa berita2 bohong (yu waswisu), dari syetan berbentuk manusia (yaitu kafir dan munafik)

tujuan mujizat ini adalah spy kita semakin yakin kpd Quran dan Allah menjadikan jalan keluar utk setiap masalah kita.

Dgn kasus beras plastik. masalah makan saja ribet, adalah teguran Allah krn kita selalu mengandalkan pikiran dan kekuatan kita tanpa melibatkan Allah sama sekali dlm kehidupan ini. – Qs. arrum:21 dpt kekuatan, kesabaran dan petunjuk.

Wallahu a’lam

Satu Tanggapan

  1. point paling berat adalah mengamalkannya .. setidaknya itu yang saya rasakan .. sungguh godaan setan di dunia ini begitu kuat .. mudah2an kita dilindungiNya sampai akhir hayat nanti

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: