• Akses Cepat Indeks !

  • Translate This Blog

  • Baca Quran

  • Kategori

  • Stat SUFI-Blog

    • 299,138 akses
  • Terbaru nih…

  • Goh Gallery

  • Arsip

  • facebook

    Mohammad Iqbal's Facebook profile
  • Research Gate

    Mohammad Iqbal

Isra Mi’raj adalah estafet Risalah dan Kemuliaan

Seri Mengaji Alitisham jumat, ust Syukron, 22mei2015 / 3syaban1436

Qs. Alisra:1-2

Maha Suci Allah, yang telah memperjalankan hamba-Nya pada suatu malam dari Al Masjidil Haram ke Al Masjidil Aqsha yang telah Kami berkahi sekelilingnya agar Kami perlihatkan kepadanya sebagian dari tanda-tanda (kebesaran) Kami. Sesungguhnya Dia adalah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.

Dan Kami berikan kepada Musa kitab (Taurat) dan Kami jadikan kitab Taurat itu petunjuk bagi Bani Israil (dengan firman): “Janganlah kamu mengambil penolong selain Aku.

# terminologi “abdihi” :
1- perjalanan pribadi ruh manusia menuju Allah.
2- pemberangkatan ruh dan jasad nabi dari masjidl haram ke masjidl aqsa lalu ke sidrotul muntaha.
3- hamba manapun jika mendekatkan diri kpd Allah akan mendapatkan kemuliaan spt para nabi.

# isra miraj adalah pertemuan agung antara pemimpin dgn pendahulu2nya

Makna Isra miraj, ketika nabi SAW mengimami seluruh nabi2 :
1- menegaskan Muhammad sbg nabi terakhir yg paling mulia (dari sisi akhlaqnya yg sempurna – misi dakwahnya adalah menyempurnakan akhlaq).
2- serah terima risalah Ilahiyyah kpd nabi Muhammad dari seluruh nabi2 sebelumnya seperti adam bpk para nabi, ada ibrahim, ada Musa yg gagah dll.

Saat miraj ketemu dgn para nabi-nabi sebelumnya, ada proses dimana nabi Musa turut bertukar pikiran dalam melobi jumlah perintah shalat yang paling mungkin dilakukan oleh ummat Muhammad. Pelajaran ini menunjukkan sehebat apapun kemuliaan nabi Muhammad (sayyidul mursalin – pemimpin para nabi, sayyidul anam – pemimpin seluruh manusia), tetap tdk melupakan para pendahulunya yg sdh punya pengalaman2 lebih dulu, beliau mendatangi para pendahulunya ketika menuju ke atas maupun ketika kembali ke bawah.

itulah mengapa nabi SAW dan ulama2 pewaris nabi tdk tertarik kedudukan keduniaan. krn di sisi Allah sdh punya kedudukan yg paling tinggi.

3- penegasan ummat mulia berpindah kepada ummat Muhammad. Inilah penjelasan mengapa Quran menjelaskan bahwa berkaitan dgn bani israil , bahwa perintah atau amanah risalah pertama utk menjaga kitab suci itu kpd kaum bani Israil, tapi mereka malah menolak, dan mempermainkannya.

Isra miraj adalah pelimpahan amanah kitab suci dari nabi Musa kpd kaumnya kemudian diberikan kpd Nabi SAW utk disampaikan kpd ummatnya.

17: 2 kitab suci taurat kpd bani isroil sbg hudan (petunjuk) dan ditolak oleh mereka.

17:9 kitab suci Quran kpd ummat muhammad dan diterima.

Dengan adanya kejadian isra miraj ini, maka gelar ummat utama / ummat terbaik berpindah dari bani israil kpd ummat Muhammad sekarang ini. dan kita pasti akan mendapatkan kemuliaan itu jika berpegang teguh kpd Quran. tapi jika kita mulai mengutak atik quran, maka bisa dicabut spt halnya dicabutnya kemuliaan kpd ummat bani isroil.

4- perjalanan hidup agar berkah harus bermula dari masjid dan diakhiri di masjid
– berkah itu tdk ada dlm rumus matematika , berkah itu ada pada ibadah, sering berkomunikasi di masjid, maka Allah akan  memperlihatkan tanda2 kebesarannya.
– berkah itu menambah kebaikan dan menetapkannya dalam diri kita.

# isra miraj dlm tahun 10 kenabian, usia nabi 50 tahun adalah usia matang. Jika manusia diisi iman, diisi oleh ilmu dan diisi dgn ibadah, semakin tua semakin semakin bijaksana dan dpt memahami org2 di sekitarnya, dan tentu saja InsyaAllah tidak akan  pernah kena penyakit pikun.
Kejadian luar biasa ini terjadi di tahun duka cita (khadijah, abu thalib wafat dan kabilahnya diembargo) yaitu terjadi pada puncak kesedihan dan amat besar cobaan bagi dakwah beliau, lalu perintah shalat turun langsung dari langit sbg solusi. Perintah yg tdk spt ibadah2 lain yg diturunkan sbg wahyu di bumi, tapi dijemput sendiri ke langit, yg menunjukkan bahwa utk bisa naik mencapai derajat langit, kita perlu memperkuat ibadah langit ini (shalat).

saking hebatnya ibadah langit – shalat ini jika dilakukan atau ditinggalkan, bisa membedakan kafir dan muslim.

Wallahu a’lam

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: