• Akses Cepat Indeks !

  • Translate This Blog

  • Baca Quran

  • Kategori

  • Stat SUFI-Blog

    • 359,704 akses
  • Terbaru nih…

  • Goh Gallery

  • Arsip

  • facebook

    Mohammad Iqbal's Facebook profile
  • Research Gate

    Mohammad Iqbal

Belajar dari Keteguhan Abu Bakar Shiddiq

Seri Mengaji FSG Universitas Gunadarma, 29apr2015 / 10rajab1436, Ust muhsinin Fauzi Lc, MA.

Ada fakta sejarah Rasul yang sangat menarik ttg kemuliaan abu bakar shiddiq, yaitu :
– beliau tdk pernah disiksa org kafir
– wafatnya di rumahnya dalam situasi yang tenang.
– tdk dpt perlakuan buruk org kafir.
– Mereka kaum musyrikin tdk menganggu Umar Ibn Khattab karena mrk takut kepada Umar. Tetapi kepada Abu Bakar, mereka tidak mengganggunya karena mereka sangat menaruh hormat kepada beliau.
– ketika pasca wafat nabi org langsung menerima begitu Abubakar diangkat sebagai khalifah.

Begitu enaknya hidup beliau, baik ketika jahilliyah, dan menjadi lebih baik lagi ketika sudah beriman. Kenapa? karena kualitas hatinya, dan banyak sekali amalan hatinya. yaitu :

1-iman abubakar jika ditimbang iman manusia sedunia masih lebih berat iman abubakar (alhadits).

2-amal tawakkal yg beliau lakukan begitu sempurna shgg dapat mencapai kualitas yg mampu menghantarkannya masuk surga tanpa hisab setelah masuk surgnya org2 yg mati syahid. (alhadits)

3-rasa mahabbah kpd Allah yang sangat tinggi.

4-ikhlas dalam seluruh episode kehidupannya.
-amal hati tdk pakai waktu, tdk pakai materi, maka sbg dosen bnyk mhs yg bisa dirawat dan memiliki daya jangkau tinggi krn memegang nilai.

5-Aktivitas tafakkurnya yg sangat padat. Hadits : tafakkur sesaat lebih utama dari qiyamul lail semalaman. padahal tahajjud itu maqomnya terpuji (mulia) sekali. kenapa bisa sangat mulia ? karena tafakkur itu kegiatan berkesinambungan utk tetap berada dalam kebenaran dan menuju konsep yg benar. Sinergi antara leadership : visi dlm bertindak benar, dan manajerial:bertindak dgn benar.

-tafakkur itu juga adalah cara menemukan arah hidup. Secara sunnatullah visi itu perlu waktu lama utk dpt menemukannya. Untuk itulah islam sdh mengarahkan manusia dlm menemukan visi itu. Visi utama yg diajarkan Islam itu adalah untuk apa manusia hidup dan pencarian visi digambarkan secara jelas dan indah sekali pada Qs. 3:190-191:
– “inna fi kholqis samawati wal ardi… “(penciptaan langit bumi dan keteraturan siang malam) – adalah sesuatu yg HANYA dapat dijangkau oleh ulil albab (orang yang memiliki kecerdasan hati), yaitu org yg berdzikir dan berfikir di setiap episode kehidupannya, sedikit berbeda dgn istilah ulil absor (cerdas pandangan).

– hasil dari dzikir dan tafakkur di atas adalah pernyataan : “robbana ma kholaktana batiila…” (tdk ada satupun yg diciptakan sia2). Inilah fakta yg mengungkap bahwa kebanyakan org tdk tunduk kpd Allah krn tdk bisa menangkap kebesaran Allah. Tauhid ubudiyyah (penghambaan) akan menjadi bagus dan meningkatkan kualitas tauhid uluhiyahnya (ketaatannya), ketika manusia mencapai level ulil albab. Hal inilah yg membuat Abubakar yg cerdas segera membenarkan langsung berita isra miraj ; benar, krn dtg dari muhammad (tidak perlu lagi pertimbangan logis atau faktual). Hal ini bisa kuat karena tertanamnya tauhid rububiah (mengagumi, merasakan kebesaran Allah).
– Contoh lain adalah dengan melihat pencarian nilai2 Islam oleh para mualaf yg kesadaran berislamnya seringkali menjadi lebih hebat dari pada org2 yg sudah islam dari lahir, krn dorongan tauhid rububiyah ini (pernyataan : robbana makholaktana hadza batiila), spt yg kita temui dalam kisah alquran mengenai tukang2 sihirnya firaun yg bertaubat rela dihukum berat Firaun karena melihat dgn kesadarannya adanya suatu kekuatan yg jauh lebih kuat dari sihirnya yaitu kekuatan mu’jizat dari Tuhannya nabi Musa.

Dzikir dan tafakkur menghasilkan pemahaman tauhid rububiyah (konsepsi atau dasar utk taat) yg kokoh yg menjadi dasar tauhid uluhiyah.

Wallahu a’lam

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: