• Akses Cepat Indeks !

  • Translate This Blog

  • Baca Quran

  • Kategori

  • Stat SUFI-Blog

    • 300,769 akses
  • Terbaru nih…

  • Goh Gallery

  • Arsip

  • facebook

    Mohammad Iqbal's Facebook profile
  • Research Gate

    Mohammad Iqbal

Pemimpin buruk mengundang Azab

Seri Mengaji Tafsir Alhijri, Ust. Didin H., 12april2015 / 22jumadilAkhir1436

Qs. Al Qashas : 40-42

Ayat 40 : Maka Kami hukumlah Fir’aun dan bala tentaranya, lalu Kami lemparkan mereka ke dalam laut. Maka lihatlah bagaimana akibat orang-orang yang zalim.
Ayat 41 : Dan Kami jadikan mereka pemimpin-pemimpin yang menyeru (manusia) ke neraka dan pada hari kiamat mereka tidak akan ditolong.
Ayat 42 : Dan Kami ikutkanlah laknat kepada mereka di dunia ini; dan pada hari kiamat mereka termasuk orang-orang yang dijauhkan (dari rahmat Allah).

– Kepemimpinan yg buruk mengundang laknat dan azab Allah di dunia dan akhirat. Ujungnya kekacauan, terjadi degradasi luar biasa dalam makna negatif di segala bidang.
– kepemimpiman yg baik, dilandasi dengan iman, taqwa mempercepat lahirnya kebahagiaan, kesejahteraan masyarakat di dunia dan kebahagiaan di akhirat.

Syarat2 org beriman yg baik dalam memilih pemimpin

1- mereka yang dipilih adalah yg beriman dan taat kpd Allah. Sebagai kaum muslimin kita hrs benar dalam memilihnya krn berkaitan dgn aqidah dan bukan sekedar strategi politik belaka, krn setiap pemimpin akan diikuti oleh pengikutnya di akhirat nanti. Qs. 5:55-56 – Quran mengajarkan cirinya, yaitu pemimpin yang menegakkan shalat, yang selalu berzakat, tdk bakhil, mau berkorban dan suka berjamaah.
– pemimpin spt ini hrs disiapkan.

2- Tidak boleh mengangkat yg kufur dan mempermainkan agama (kamuflase hatinya tdk beriman) dan tidak suka dgn dakwah Islam Qs. 5:57 – Sekarang ada pemimpin yang mengeluarkan pernyataan2 yg menyakitkan hati ummat Islam misalnya “bir itu tdk bermasalah”, padahal dalam keyakinan Islam dlm Quran disebutkan “syetan bermaksud, dgn sebab khmar dan maisir, akan menimbulkan permusuhan dan kebencian.” Bahkan beberapa media yg memberitakan hal2 terkait dakwah Islam malah diblokir aksesnya.
– Oleh sebab itulah harus melekat ke dalam ruh dan fisik kita sbg kaum muslimin untuk selalu berdoa dan berhati2 dlm memilih pemimpin.

3- Memilih pemimpin yang luas ilmunya dan kuat fisiknya, krn kepemimpinan itu berkaitan langsung dengan tanggungjawab. Qs. 2:247 –  kisah Thalut yang diangkat menjadi pemimpin bani Israil, ketika itu marak anggapan bahwa pemimpin yg baik itu diukur dari kekayaannya (materialistis kuno). Thalutlah kemudian yang dipilih dan terus ditambah Allah dgn training shgg kuat ilmunya dan sehat badannya.
– Pelajaran bahwa kerasnya stigmatisasi negatif thdp umat islam utk mencoreng islam tdk bisa membendung diterimanya Islam oleh org2 yg mencoba memikirkannya.

4- Pemimpin yang memiliki sifat hafidzun (memelihara, amanah) dan aliim (profesional), Qs. yusuf : 55. Amanah didahulukan krn tdk bisa begitu saja terbentuk, tetapi perlu pendidikan, pembinaan dan pembiasaan dlm keluarga, masyarakat dan lingkungannya.

Jika 4 hal ini digunakan sebagai pedoman kaum muslimin dalam memilih pemimpinnya maka, insyaAllah ujungnya keselamatan di dunia dan di akhirat.

Wallahu a’lam

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: