• Akses Cepat Indeks !

  • Translate This Blog

  • Baca Quran

  • Kategori

  • Stat SUFI-Blog

    • 300,769 akses
  • Terbaru nih…

  • Goh Gallery

  • Arsip

  • facebook

    Mohammad Iqbal's Facebook profile
  • Research Gate

    Mohammad Iqbal

Mengapa orang menjadi Takabbur

Seri Mengaji Tafsir Alhijri, Ust. Didin H., 5apr2015 / 15JumadilAkhir1436

Qs. alqoshos:38-39

Ayat ini berkaitan dgn org yg sombong sampai puncak tertinggi : Firaun dan kaumnya sampai mengaku sbg Tuhan. Firaun berkata, “Aku tdk merasa tdk ada Tuhan selain aku”, bahkan pada Qs. 79:24 “aku adalah tuhan yg sangat tinggi.”

Org-org yg menolak syariat islam, menolak ibadah, merasa ilmunya banyak, dengan gelar akademik yg luar biasa dan merasa tdk membutuhkan pertolongan dari yg lain disebabkan oleh :

1- kebodohan (aljahlu) tdk mengetahui siapa dirinya dan siapa Tuhannya. merasa tdk memerlukan pertolongan atau bantuan org lain, misalnya abu jahal padahal namanya abu hakam dia merasa dirinya hebat, walaupun pngetahuannya banyak, tetapi dalam terminologi Islam dia termasuk dlm kategori org bodoh.

hadits : taatlah engkau kpd Tuhanmu, maka engkau akan dikatakan org yg cerdas (cendikiawan) dan jgnlah engkau maksiat, karena dengan begitu maka engkau adalah termasuk org yg bodoh.

Dalam terminologi Islam, org pintar itu bukan semata2 orang yg berpengetahuan, tetapi org yg juga beriman dan bertaqwa. Tanpa dua hal menyertai ilmu, maka dia tetap disebut aljahli (bodoh) ahkan disebut dengan jahil yg bertumpuk.

2- krn cinta dunia (materi) dan cinta kekuasaan (prestise), dijadikan tujuannya. maka dia akan menghalalkan segala cara dlm mendptkannya. berdusta, berbohong, menyogok, dsb. dan umumnya mrk2 ini benci kematian, atau dengan kata lain benci hilangnya jabatan dan hartanya.
sakit wahn penyakit yg berbahaya ini dpt jg terjangkit kepada ummat Islam, obatnya istighfar dan bersyukur kpd Allah dgn terus memberi dan berempati kpd org lain.
Jika penyakit wahn sudah menyerang semua jadi terbolak-balik logikanya. Misalnya : Firaun takut kehilangan jabatan sampai mau membunuh bayi. zaman sekarang banyak yang beli jabatan dgn uang. Dan di negara kita ada logika yg susah dipahami yaitu menaikkan BBM untuk kemajuan ekonomi. Org2 yg mengejar prestise tanpa prestasi, bahkan alasan utk pembangunan mencari pinjaman kpd org lain yg tdk jelas sampai bertrilyun rupiah dan dibutakan sama sekali dari fakta adanya potensi zakat dan sedekah yg luar biasa di negeri ini. Terlihat pemerintah kurang percaya diri. padahal jelas-jelas sudah diajarkan bahwa bentuk kepercayaan diri dlm islam selain kerja dan kerja adalah iman dan taqwa.

3. lingkungan di sekitarnya selalu mengiyakan tdk pernah mengoreksi dan memperbaiki.

hadits : bila Allah berkehendak seorg pemimpin akan berhasil maka dijadikan org terdekat disekitarnya (wazirnya) jika sang pemimpin berbuat kebaikan mrk mendukungnya, jika sang pemimpin melakukan kesalahan, tdk segan2 mrk mengoreksinya. jika Allah menghendaki kegagalan seorg pemimpin, maka Allah menjadikan wazirnya org yg buruk (riwayat Bukhari)

Wallahu a’lam

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: