• Akses Cepat Indeks !

  • Translate This Blog

  • Baca Quran

  • Kategori

  • Stat SUFI-Blog

    • 299,138 akses
  • Terbaru nih…

  • Goh Gallery

  • Arsip

  • facebook

    Mohammad Iqbal's Facebook profile
  • Research Gate

    Mohammad Iqbal

Dakwah itu Aktif dan Harus Akurat Kontennya

Seri Mengaji Tafsir Ahad subuh Masjid al hijri, 29 Maret 2015 / 8jumadilAkhir1436

Tafsir Surat al Qoshos: 36-37

1#. Dakwah (mengajak ummat) para nabi dengan cara mendatangi al mad’u (sasaran dakwah), tidak menunggu org datang atau diam. Para nabi ini datang ke pasar2, pusat2 kekuasaan, pusat2 ekonomi, masyarakat ttg benarnya ajaran Islam dan tauhid, mengetahui kondisi masyarakat mengetahui apa yg salah dan memberikan solusi. Fakta menunjukkan bahwa orang2 yang mendatangi subyek dakwahnya, relatif lebih siap. Mereka adalah orang-orang yang aktif bukan pasif. Imam hanafi mendatangi ke pasar2, mengajari cara muamalah. Bergelimang dgn problematika masyarakat tdk sekedar menunggu di masjid. Inilah yg dilakukan sekarang di dunia, di US misalnya para dai membagi brosur dan menjelaskan kepada masyarakat, shgg banyak org mendengar, berdiskusi dan berdialog dan dgn rahmat Allah, akhirnya banyak yg bersyahadat.

Surat Attaubah: 122 – Tentang pentingnya komunitas tertentu sbg dai yg memahami Islam dgn baik utk mendatangi manusia memberi peringatan dgn baik, agar takut kpd Allah. Inilah sunnah dakwah ; bukan menunggu tapi mendatangi, spt Musa dan Harun masuk ke pusat kekuasaan yg dzolim tanpa ragu mendatangi mereka, dan diterima dgn cara yg salah.

2#. Bayyinat – membawa ayat2 yg jelas. Ajaran yang dibawa harus benar dan terbukti dengan teladan kebaikan para da’inya.
– Ketika berbicara kebersihan, maka sebagai dai hrs membuktikannya dgn perilakunya yg bersih. Tempat ibadah masjid adalah tempat ibadah yg paling bersih dibanding tempat2 ibadah agama lain.
– Ketika berbicara tanda2 munafik, maka hrs dibuktikan dlm janji, menjalankan amanah dan cara bicaranya.
– Semua ini dapat ditemukan pada pembuktian sejarah dari ajaran yang benar, akan menghasilkan percepatan dakwah suatu ajaran yg sangat dahsyat dalam kurang waktu 100 tahun, terjadi karena:
A. Ajarannya yang akurat
B. Akhlaq yang utama – rasul dan sahabat adalah generasi quran yg utama, tdk ada gap antara ajaran dan perilaku.

Maka laksanakan ini sbg sarana mengundang keberkahan Allah QS. Al araf : 96. Krn jika Allah sudah turut campur, maka semua masalah akan selesai.

Sesuatu yg memalukan bahwa presiden kita cari pinjaman kemana2 dan dapat cuma 7T, padahal potensi zakat ummat Islam ada 200T. Solusi satu2nya adalah kembali kpd Allah dgn mengundang keberkahan Allah dgn cara beriman, bertaqwa dan bersungguh2.

3#. Bagaimana pun metode dakwah kaum muslimin, akan selalu mendapat stigma-stigma negatif, namun untuk menjawabnya penuh ketegasan dan berdasarkan kekuatan keyakinan.
Spt firaun dan kaumnya mengatakan dakwah Musa adalah sihir yg dibuat2, namun dijawab dgn baik oleh nabi Musa.

Wallahu a’lam bisshowaab

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: