• Akses Cepat Indeks !

  • Translate This Blog

  • Baca Quran

  • Kategori

  • Stat SUFI-Blog

    • 299,138 akses
  • Terbaru nih…

  • Goh Gallery

  • Arsip

  • facebook

    Mohammad Iqbal's Facebook profile
  • Research Gate

    Mohammad Iqbal

Belajar Infrastruktur Dakwah dari nabi Musa

Seri Mengaji Tafsir Alhijri, Ust. Didin H., Qs. 28:33-35, 22mar2015 / 1jumadilAkhir1436

28:33 Musa berkata: “Ya Tuhanku sesungguhnya aku, telah membunuh seorang manusia dari golongan mereka, maka aku takut mereka akan membunuhku.
28:34 Dan saudaraku Harun dia lebih fasih lidahnya daripadaku, maka utuslah dia bersamaku sebagai pembantuku untuk membenarkan (perkataan)ku; sesungguhnya aku khawatir mereka akan mendustakanku”.
28:35 Allah berfirman: “Kami akan membantumu dengan saudaramu, dan Kami berikan kepadamu berdua kekuasaan yang besar, maka mereka tidak dapat mencapaimu; (berangkatlah kamu berdua) dengan membawa mukjizat Kami, kamu berdua dan orang yang mengikuti kamulah yang akan menang.

# Berdakwah itu tugas mulia dari Allah. setiap kemuliaan pasti ada tantangan besar. itu yg dihadapi nabi Musa. Sebab dakwah akan menyebabkan al-falah (kesuksesan). Tidak ada sukses bagi org yg pasif dan tdk masuk ke barisan dakwah.

# Dakwah menjadi mulia krn dpt mengundang pertolongan Allah, org2 pasif yg tdk atau enggan masuk barisan dakwah, dan hanya memonopoli kebaikannya hanya utk dirinya sendiri, Allah kan memberi azab 2 jenis, sebagaimana pada hadits : kalian harus sungguh2 dlm amar maruf nahi munkar, kalau kalian diam, Allah akan memberikan kekuasaan pada org2 yg buruk yg tdk bisa diteladani ucapan tindakan dan keluarganya, dan kemudian jika kalian yg (masih) baik lalu berdoa atau beristighosah maka tidak akan dikabulkan (Hr. muslim – mukhtarul hadits, bab lam).

# Dakwah mulia hrs diawali dgn jiwa yg bersih spy istiqomah dan tdk khawatir thdp apapun. contoh di ayat ini nabi musa mengadu kpd Allah mengenai kesalahan2 yg dulu, org qibti yg dibelanya, membuat dia tdk sengaja membunuh lawannya.

# Dakwah hrs sejak kecil ditanamkan kpd anak2 kita, sbgmn dikisahkan dlm keluarga yg diabadikan dalam Quran, yaitu keluarga luqman, pendidikannya adalah 2 hal :
1. Perintah mendirikan shalat
2. Amar maruf nahi munkar – kepekaan dan tanggungjawab sosial hrs ditanamkan dari kecil, keluarga itu adalah baitu dakwah. Produknya adalah personal-personal yang aktif mempelopori kebaikan dan menolak perbuatan buruk.

# Dakwah itu jgn sendiri, jika ada saudara kita yg berpotensi, maka melibatkannya adalah keharusan.
– nabi musa mempropos saudaranya Harun yg punya potensi dlm berbicara (fasih ucapannya) – dpt menjelaskan dgn baik darinya (nabi Musa mengakui potensinya kurang di satu sisi).
– Allah akan memperkuat dgn kekuatan dari perpaduan potensi ini, dan menjanjikan akan menjadi pemenang.

# Kerangka keahlian masing2 yg hrs jadi penunjang dakwah, Allah telah memberi profil yg jelas sebagai teladan untuk setiap tindakan kita sebagai da’i (yaitu profil para nabi). Sehingga tidak ada alasan bagi kita untuk tidak melakukannya. Berikut ini beberapa contoh :

saya sibuk shgg tdk sempat beribadah dan berdakwah, Allah menunjukkan kisah nabi Sulaiman.

saya sakit tdk sempat beribadah dan berdakwah, Allah menunjukkan kisah nabi Ayyub.

Saya tdk punya keluarga sebagai pembela, jadi sulit beribadah dan berdakwah, Allah mengisahkan nabi Isa.

Ada yg membenarkan maksiatnya ketika ditanya mengapa berzina, dengan memberi jawaban  karena ada wanita cantik dan wanita itulah yg mengajaknya, padahal Allah telah mengisahkan nabi Yusuf.

Ada yg beralasan mengapa tdk terlibat dakwah adalah krn kekurangan diri, Allah menghujjahkan kisah nabi musa.

Ada yg beralasan karena sibuk jadi pegawai, padahal Allah mengisahkan tdk ada yg sesibuk nabi yusuf.

Ada yg beralasan sebagai tenokrat dia tidak sempat beribadah dan berdakwah, Allah mengisahkan tentang nabi daud dan nabi nuh.

Wallahu a’alam

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: