• Akses Cepat Indeks !

  • Translate This Blog

  • Baca Quran

  • Kategori

  • Stat SUFI-Blog

    • 300,769 akses
  • Terbaru nih…

  • Goh Gallery

  • Arsip

  • facebook

    Mohammad Iqbal's Facebook profile
  • Research Gate

    Mohammad Iqbal

Bentuk Ruhani di Dunia dan Akhirat

Seri Mengaji Masjid Alitisham, ust. Sambo, 21mar2015 / 30jumadilAwwal1436

kebutuhan jasmani : dari bumi, maka tersedia di bumi
kebutuhan ruhani : dari Allah, didatangkan oleh Allah seperti aturan agama, ibadah dan amal sholeh.

hakikat manusia itu pada ruhani, yg lebih ‘abadi’, ketika mati akan kembali kpd Allah (dlm kebaikan atau keburukan) sementara jasmani hancur. maka ucapan ketika ada org wafat kita menyebut “kembali ke rahmat Allah.”

Maka lebih utama memperhatikan ruhani kita. Ilsutrasi pemenuhan kebutuhan jasmani dan ruhani dlm shalat :
– makan jasmani 3x sehari, ruhani 5x sehari shalat wajib.
– mandi jasmani 2x sehari, ruhani bisa 5x sehari atau lebih dalam berwudhu.
– tidur/istirahat jasmani 6-8jam per hari, ruhani bisa 5x sehari atau lebih dlm shalat yg kita lakukan (istirahat rohani lebih baik dari istirahat jasmani – makna perluasan “assholatu khoirum minannaum”).
– pakaian, shalat itu naik ke langit dlm bentuk pakaian (kalau baik jadi pakaian yg indah, kalau buruk akan dicampakkan ke muka kita (penjelasan dari hadits untuk ayat Qs. 35:10 – “Barangsiapa yang menghendaki kemuliaan, maka bagi Allah-lah kemuliaan itu semuanya. Kepada-Nya-lah naik perkataan-perkataan yang baik dan amal yang saleh dinaikkan-Nya. Dan orang-orang yang merencanakan kejahatan bagi mereka azab yang keras. Dan rencana jahat mereka akan hancur”). Makna perkataan yg baik dalam ayat ini adalah : dzikir, dan shalat.
– wangi2an : dzikir
– obat : quran adalah obat sesuatu yg di dalam dada

Ruhani baik : sehat (olahraga), cantik, kuat, bersih, wangi, berpakaian indah, segar (istirahat cukup).
Ruhani sakit : jelek, kotor, bau, compang camping, lesu.

# bentuk ruhani di akhirat

istilah ibnu Atthoillah (pengarang alhikam) menafsirkan makna ruhani dgn cara lebih dalam lengkap dgn dalil2nya. Postulatnya adalah di dunia, bentuk ruhani kita ‘fitting’ ke dalam bentuk jasmani kita, tapi di akhirat nanti, bentuk jasmani kita dibangkitkan sesuai dgn keadaan ruhani kita di dunia.

# hadits : 3 org yg mengantarkan ke kubur, 2 org kembali, 1 tetap menemani, yaitu amal sholeh yang akan menemani di alam barzakh, jika semasa hidup rajin beramal sholeh, dia akan berupa teman yg baik dlm qubur (pencerminan ruhani kita diperlihatkan dalam kubur).

# hadits bagaimana kamu mati, begitulah kamu dibangkitkan – Jasmani akan bangkit mengikuti kualitas ruhani.

# hadits2 yg menceritakan peristiwa isra miraj, ketika Rasulullah diperlihatkan contoh kehidupan akhirat.

# Qs. 99:7-8 alzalzalah “yauma idzin yasdurunna su asytata…” yang sangat tergantung pada “liyurow a’malahum.”

# Qs. 98:6-8 org kafir dan org musyrik adalah syarrul bariyyah seburuk2 makhluk.
khoirul bariyyah org yg beriman dan beramal sholeh adalah khoiruk bariyyah (sebaik2 makhluk).

# Qs, 17:9 7 – “Dan barangsiapa yang ditunjuki Allah, dialah yang mendapat petunjuk dan barangsiapa yang Dia sesatkan maka sekali-kali kamu tidak akan mendapat penolong-penolong bagi mereka selain dari Dia. Dan Kami akan mengumpulkan mereka pada hari kiamat (diseret) atas muka mereka dalam keadaan buta, bisu dan pekak. Tempat kediaman mereka adalah neraka jahannam. Tiap-tiap kali nyala api Jahannam itu akan padam, Kami tambah lagi bagi mereka nyalanya.”

istilah “diseret” itu bermakna, mereka berjalan dgn muka mereka menuju neraka. dlm hadits sahabat bertanya kepada nabi SAW, ‘bgmn bisa seperti itu?’, nabi menjawab, ‘Allah maha berkuasa menjadikan mereka di dunia berjalan dgn kaki, apatah lagi jika Allah menghendaki mereka berjalan di wajah mereka di akhirat (untuk menghinakan mereka).

# Qs. 34:7 Di akhirat manusia dibangkitkan menjadi kholqin jadiid (ciptaan yg baru) – “Dan orang-orang kafir berkata (kepada teman-temannya). “Maukah kamu kami tunjukkan kepadamu seorang laki-laki yang memberitakan kepadamu bahwa apabila badanmu telah hancur sehancur-hancurnya, sesungguhnya kamu benar-benar (akan dibangkitkan kembali) dalam ciptaan yang baru?”
Bentuk2 ciptaan baru yang dikabarkan dalam hadits adalah :
– tengkorak- hadits: org peminta2.
– kepala keledai – makmun yg selalu mendahului gerakan imam, apalagi yg tdk shalat dan tdk pernah ke masjid.
– perutnya sampai ke tanah : suka minum khmar.
– payudaranya sampai ke tanah : wanita yg tdk mau menyusui anaknya.
– lidahnya sampai ke tanah : org yg suka mencaci maki, sumpah serapah, buruk lisannya.
– pezina : akan keluar nanah dari kemaluannya.
– telanjang – hadits: manusia pertama yg diberi pakaian ketika dibangkitkan adalah nabi ibrahim., jenis pakaian : dari aspal (bagi org yg meratap).
– muazin akan diberikan leher panjang tinggi dan menunjukkan bagusnya.

# bentuk ruhani di dunia

1. ruhani yg mati
– Qs. 6:122 – “Dan apakah orang yang sudah mati kemudian dia Kami hidupkan dan Kami berikan kepadanya cahaya yang terang, yang dengan cahaya itu dia dapat berjalan di tengah-tengah masyarakat manusia, serupa dengan orang yang keadaannya berada dalam gelap gulita yang sekali-kali tidak dapat keluar dari padanya? Demikianlah Kami jadikan orang yang kafir itu memandang baik apa yang telah mereka kerjakan.”
– Di dunia, org beriman hidup dlm cahaya, sedang org kafir mati ruhaninya dlm kegelapan.

2. org kafir itu bagai binatang ruhaninya. dlm makna sesungguhnya bentuknya, bukan kiasan.
8:55 – “Sesungguhnya binatang (makhluk) yang paling buruk di sisi Allah ialah orang-orang yang kafir, karena mereka itu tidak beriman.”
– Org beriman wafat, wanginya terasa di semesta alam yg semua makhluk menciumnya kecuali jin dan manusia, malaikat memberi salam keselamatan, org kafir wafat menimbulkan bau luar biasa yg baunya memenuhi semesta alam dan malaikat yg terganggu dgn hal tersebut tak henti-henti mengutuknya.

3. org kafir seperti hewan yg tdk bisa mendengar panggilan – ruhaninya buta, bisu, tuli. Qs. 2:171 – “Dan perumpamaan (orang-orang yang menyeru) orang-orang kafir adalah seperti penggembala yang memanggil binatang yang tidak mendengar selain panggilan dan seruan saja. Mereka tuli, bisu dan buta, maka (oleh sebab itu) mereka tidak mengerti.”

# 10 indikator alat deteksi bentuk/keadaan ruhani pribadi :

1. ruhani sehat akan mudah dan rajin dan menyenangi dlm beribadah. Org muslim yg ruhaninya sakit, maka malas, sulit, hambar, tdk suka, ibadah. ibadah itu makanan ruhani, yg tdk enak makan biasanya org sakit.

2. ruhani sehat malas maksiat, ruhani sakit senang bermaksiat. kalaupun dia bikin dosa, dia cepat bertaubat, yg sakit ruhaninya senang dlm dosa. perumpaannya spt ruangan bersih ada sampah sedikit saja, dia cepat mengambilnya, tp ruangan kotor ada banyak sampah, dia biarkan saja, kepalang kotor. Qs. 3:135 – “Dan (juga) orang-orang yang apabila mengerjakan perbuatan keji atau menganiaya diri sendiri, mereka ingat akan Allah, lalu memohon ampun terhadap dosa-dosa mereka dan siapa lagi yang dapat mengampuni dosa selain dari pada Allah? Dan mereka tidak meneruskan perbuatan kejinya itu, sedang mereka mengetahui.”

3. senang mudah dan suka menjalankan hukum2 Allah. Analogi hukum Allah adakah seperti air, dan ruh kita adalah ikan. hrsnya ikan tenang dan nyaman berada di dalam air.
jika gerah dan tdk suka bahkan sampai menolak hukum Allah tanda jiwanya sakit atau bahkan sdh mati. (bersambung)

Wallahu a’lam

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: