• Akses Cepat Indeks !

  • Translate This Blog

  • Baca Quran

  • Kategori

  • Stat SUFI-Blog

    • 300,769 akses
  • Terbaru nih…

  • Goh Gallery

  • Arsip

  • facebook

    Mohammad Iqbal's Facebook profile
  • Research Gate

    Mohammad Iqbal

Mengenal Ruhani Manusia

Seri Mengaji Masjid Alitisham sabtu, Ust. Sambo, 7feb2015 / 16jumadil Awwal 1436h

Ibadah itu urusan pemenuhan kebutuhan rohani. spt jg jasmani yg juga perlu istirahat, makanan, pakaian (taqwa), hiburan, obat ketika sakit dan semua hal lainnya.

– Sesungguhnya hakikat kita manusia bukan pada jasad atau badan kita yg kita pakai paling cuma 80-100 tahun saja.

– Jasmani atau badan kita ini diberi Allah begitu saja tanpa bisa dipilih sendiri bentuknya, warna kulitnya, wajahnya. Dan faktanya bahwa di dunia ini, ruhani kita cetakannya (bentuknya) menyesuaikan dgn bentuk jasad kita.
– Yang bisa kita perjuangkan selama hidup di dunia ini adalah beribadah sebaik2nya dan memilih seperti apa kita mati kelak, sebagai hamba yg taat atau sebagai hamba yg ingkar.

– Sedangkan di akhirat nanti, badan kita yg akan mengikuti bagaimana cetakan perilaku ruhani kita di dunia, ada yg dibangkitkan sbg tengkorak (pengemis), wajahnya menjadi keledai (org2 yg suka mendahului imam), babi, monyet, matanya buta (tdk menerima dakwah), lidahnya menjulur ke tanah (org yg suka mengumpat, mencela), perutnya buncit terseret2 di tanah (suka minum khmar), dsb.

– Qs. Alzalzalah(99):6 – Pada hari itu manusia ke luar dari kuburnya dalam keadaan (wujud) bermacam-macam, supaya diperlihatkan kepada mereka (balasan) pekerjaan mereka.

– Qs. 99:7-8 –  Ayat 7: Barangsiapa yang mengerjakan kebaikan seberat dzarrahpun, niscaya dia akan melihat (balasan)nya. Ayat 8: Dan barangsiapa yang mengerjakan kejahatan sebesar dzarrahpun, niscaya dia akan melihat (balasan)nya pula.

Maka kalau mau dibangkitkan dengan fisik yg terbaik, perbanyaklah ibadah.
– shalat vs makan
– baca berita Allah vs baca berita dunia

# semua makhluk di alam punya nafs (jiwa, nyawa), manusia nafsnya dikenal dgn nama “ruhani” dan memiliki kekhususan sbg khalifah Allah dimuka bumi. jiwa atau nafs2 makhluk selain manusia ini bertasbih kpd Allah dan shalat, walau aktivitasnya terbatas dan tidak sebebas manusia.

Qs. 24:41- Tidaklah kamu tahu (alam taro – redaksi utk sesuatu yg sering luput dari pengetahuan kita, seauatu yg dahsyat) bahwasanya Allah: kepada-Nya bertasbih apa yang di langit dan di bumi dan (juga) burung dengan mengembangkan sayapnya. Masing-masing telah mengetahui (cara) sembahyang dan tasbihnya, dan Allah Maha Mengetahui apa yang mereka kerjakan.

# nafs2 makhluk di langit dan di bumi bisa melihat dan dapat menjadi saksi perbuatan manusia.

Surah Al-Zalzala, ayat 4: “pada hari itu bumi menceritakan beritanya”

# nafs2 makhluk (bumi, binatang, tumbuhan, awan, dll) agamanya adalah Islam (agama alam semesta)

Qs. 3:83 – Maka apakah mereka mencari agama yang lain dari agama Allah, padahal kepada-Nya-lah menyerahkan diri segala apa yang di langit dan di bumi, baik dengan suka maupun terpaksa dan hanya kepada Allahlah mereka dikembalikan.
Qs. 3: 85 – Barangsiapa mencari agama selain agama Islam, maka sekali-kali tidaklah akan diterima (agama itu)daripadanya, dan dia di akhirat termasuk orang-orang yang rugi.

# kullu nafsin zaaikotul maut (setiap yg berjiwa) akan mati.

Qs. Azzumar: 68 – Dan ditiuplah sangkakala (yg pertama), maka matilah siapa yang di langit dan di bumi kecuali siapa yang dikehendaki Allah (malaikat pemikul arsy, hewan2 menyiksa, hewan utk surga (anjing ashabul kahfi, burung hud2, ikannya nabi musa)). Kemudian ditiup sangkakala itu sekali lagi maka tiba-tiba mereka berdiri menunggu (putusannya masing-masing).

# nafs manusia khusus, tdk dijelaskan terbuat dari apa seperti makhluk lain malaikat (dari cahaya), jin (inti api).
– seperti apa bentuk rohani kita, seperti amal sblm mati kita (hadits).
– ruh rahasia Allah
– kembalinya kepada Allah
– ungkapan : Inna lillahi…, kembali ke rahmatullah

kebutuhan rohani :
-agama
-ibadah
-aturan2 agama

# supaya nafs alam semesta sinkron dengan ruhani manusia

– Setiap hal yg tdk baca bismillah, tdk dpt keberkahan Allah (hadits).

– Krn air itu berjiwa, bismillah membuat dzikirnya air bersinkronisasi dgn jiwa kita. bismillah itu seperti “meminta izin” kpd air dgn mengingatkannya kpd Penciptanya. air bisa utk ruqyah dgn meniupkan setelah membaca ayat2 ruqyah.

Allah menciptakan alam tdk semua utk dimakan, bisa juga utk keseimbangan alam. babi, khamr tidak boleh dimakan. mereka2 itu juga punya nafs yg tdk cocok dengan jiwa kita.

– hewan2 yg dipotong tanpa bismillah, secara fisik tdk berubah, tapi secara ruhani mereka berubah rusak yg membuat tdk ada kemanfaatan bagi ruhani kita.

– makan dengan tangan kiri, secara ruhani nafsnya makanan jadi berubah tdk cocok dgn jiwa kita.
Qs. 2:168 – Hai sekalian manusia, makanlah yang halal lagi baik dari apa yang terdapat di bumi, dan janganlah kamu mengikuti langkah-langkah syaitan; karena sesungguhnya syaitan itu adalah musuh yang nyata bagimu.
Qs. 2:169 – Sesungguhnya syaitan itu hanya menyuruh kamu berbuat jahat dan keji, dan mengatakan terhadap Allah apa yang tidak kamu ketahui.

– ada terminologi halalan toyyiban – halal terkait spiritual, toyyiban terkait dengan jasmani. yg spiritual didahulukan.
– apa hubungan makanan dengan syetan? makan yg tdk halal merusak ruhani kita shgg syetan masuk ke aliran darahnya shgg kecenderungannya berbuat seperti syetan.
– Ayat Qs. 2:168 yg dipanggil adalah seluruh manusia dgn halal dan toyyib, tapi utk org yg beriman ada di Qs. 2:172 hnya toyyibnya saja yg disebut, krn sdh pasti pilih yg halal.

# doa-doa harian yg diajarkan nabi sekilas spt tdk nyambung, tetapi disitulah terjadi sinkronisasi nafs antara manusia dgn nafs makhluk lainnya. Kesemuanya utk mencemerlangkan nafs manusia (ruhani). Contoh :

– doa masuk WC : berlindung dari (spirit) syetan laki2 dan perempuan.
– doa keluar WC : segala puji bagi Allah yg telah mengeluarkan hal2 buruk (penyakit) di tubuh kita.

– doa bersetubuh : ya Allah jauhkan kami dari syetan dan jauhkan syetan dari rejeki yg akan engkau berikan (anak)(spirit) dan jangan telanjang (spy malaikat rahmat tdk pergi).

– keluar masuk rumah, buka pintu dan jendela hrs dgn bismillah agar syetan tdk ikut masuk (menginap) di rumah kita. begitu juga pakai baju, mandi dansemua aktivitaa kita krn ini terkait dgn mempercantik ruhani kita.

# org kafir ruhaninya rusak dan akan dibangkitkan spt binatang bahkan lebih buruk lagi tampilan fisiknya.
Qs. 7: 179 – Dan sesungguhnya Kami jadikan untuk (isi neraka Jahannam) kebanyakan dari jin dan manusia, mereka mempunyai hati, tetapi tidak dipergunakannya untuk memahami (ayat-ayat Allah) dan mereka mempunyai mata (tetapi) tidak dipergunakannya untuk melihat (tanda-tanda kekuasaan Allah), dan mereka mempunyai telinga (tetapi) tidak dipergunakannya untuk mendengar (ayat-ayat Allah). Mereka itu sebagai binatang ternak, bahkan mereka lebih sesat lagi. Mereka itulah orang-orang yang lalai.

wallahu a’lam

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: