• Akses Cepat Indeks !

  • Translate This Blog

  • Baca Quran

  • Kategori

  • Stat SUFI-Blog

    • 304,857 akses
  • Terbaru nih…

  • Goh Gallery

  • Arsip

  • facebook

    Mohammad Iqbal's Facebook profile
  • Research Gate

    Mohammad Iqbal

Memahami Rizki

Seri mengaji masjid alitisham jumat, ust syukron, 6mar2015 / 15JumadilAwwal1436

Tafsir Qs. hud:3-6

# Surah Hud, ayat 3-4:

Ayat 3 : dan hendaklah kamu meminta ampun kepada Tuhanmu dan bertaubat kepada-Nya. (Jika kamu mengerjakan yang demikian), niscaya Dia akan memberi kenikmatan yang baik (terus menerus) kepadamu sampai kepada waktu yang telah ditentukan dan Dia akan memberikan kepada tiap-tiap orang yang mempunyai keutamaan (balasan) keutamaannya. Jika kamu berpaling, maka sesungguhnya aku takut kamu akan ditimpa siksa hari kiamat. Ayat 4 : Kepada Allah-lah kembalimu, dan Dia Maha Kuasa atas segala sesuatu.

Org yg taubat akan diberi kehidupan baik, kelapangan rizki, dan dimudahkan urusan2 hidupnya. Tapi jika kita tidak bertaubat ia akan ditimpa siksa.

Manfaat taubat :

1# diberi kenikmatan
– memiliki sifat qonaah (merasa cukup).
– org kaya dlm perspektif syariah :
Barang siapa ketika bangun pagi hari merasa aman di rumahnya, badannya sehat, dan ada makanan pada hari itu, seperti org yg memiliki dunia dan isinya (hadits)

Maka supaya hadir sifat qonaah : kaum muslimin harus memahami hakikat rizki.
– Sesungguhnya pasti berbahagia bagi org islam yang diberi rizki cukup dan dia merasa cukup dari apa yg diberikan Allah. (hadis).
– burung keluar dgn perut kosong, kembali dgn perut kenyang (attirmizi)
– Rizki dlm quran adalah bukan hanya bersifat materi tapi juga dapat berupa rahmat Allah (misalnya diberi kemampuan dalam menikmati ibadah dan dekat dgn Allah) seperti pada firman Allah di bawah ini :

Qs. 43:32 – Apakah mereka yang membagi-bagi rahmat Tuhanmu? Kami telah menentukan antara mereka penghidupan mereka dalam kehidupan dunia, dan kami telah meninggikan sebahagian mereka atas sebagian yang lain beberapa derajat, agar sebagian mereka dapat mempergunakan sebagian yang lain. Dan rahmat Tuhanmu lebih baik dari apa yang mereka kumpulkan.

– Jika ada org muslim yg dipersempit rizki materinya adalah blm tentu azab, tapi bisa jadi dia adalah org yang disayang Allah jika rizki rahmatnya lebih besar dari rizki materinya, tp jika ada org yg luas materinya tapi malas beribadah adalah bisa dipastikan sbg azab. Seperti yg dijabarkan pada firman Allah di bawah ini.

Qs. 9:54-55 – Ayat 54: Dan tidak ada yang menghalangi mereka untuk diterima dari mereka nafkah-nafkahnya melainkan karena mereka kafir kepada Allah dan Rasul-Nya dan mereka tidak mengerjakan sembahyang, melainkan dengan malas dan tidak (pula) menafkahkan (harta) mereka, melainkan dengan rasa enggan.
Ayat 55: Maka janganlah harta benda dan anak-anak mereka menarik hatimu. Sesungguhnya Allah menghendaki dengan (memberi) harta benda dan anak-anak itu untuk menyiksa mereka dalam kehidupan di dunia dan kelak akan melayang nyawa mereka, sedang mereka dalam keadaan kafir.

Ini disampaikan dalam terminologi Istidroj yaitu org2 yg dibiarkan Allah utk terus tenggelam dlm kesesatan krn hatinya sdh mati. Menurut ulama, istidroj ini bisa berlaku utk org kafir atau org beriman yg malas ibadah.

2# diberikan keutamaan oleh Allah dari amal2 sholehnya.
– karena orang yg bertaubat adalah orang2 yg menyadari dirinya dan berusaha keras memperbaiki diri.
– seperti sahabat2 nabi yg menjadi org2 yg unggul setelah bertaubat dari kekafiran.

# Surah Hud ayat 5:

Ingatlah, sesungguhnya (orang munafik itu) memalingkan dada mereka untuk menyembunyikan diri daripadanya (Muhammad). Ingatlah, di waktu mereka menyelimuti dirinya dengan kain, Allah mengetahui apa yang mereka sembunyikan dan apa yang mereka lahirkan, sesungguhnya Allah Maha Mengetahui segala isi hati.

Ada 2 makna tafsir ayat ini, yaitu :
– Makna sesungguhnya : kisah org kafir dulu jika ada dakwah nabi mereka masuk ke rumahnya bahkan berselimut tidak mau mendengar nabi SAW dan sbg olok2 di antara mereka, spy tdk kelihatan oleh Tuhannya Muhammad.

– Makna majazi : memalingkan ajaran islam dgn menyembunyikan yg satu dan menampakkan lainnya.

# Surah Hud ayat 6:

Dan tidak ada suatu binatang melata pun di bumi melainkan Allah-lah yang memberi rezekinya, dan Dia mengetahui tempat berdiam binatang itu dan tempat penyimpanannya. Semuanya tertulis dalam Kitab yang nyata (Lauh mahfuzh).

Dalam ayat di atas ada perumpamaan makhluk melata (dabbah), maknanya:
– makhluk Allah terlemah saja mdptkan rizki.
– makna bergerak yaitu hrs bergerak atau hrs menempuh sunnatullah tertentu agar turun rizkinya. dan rizki bukan turun krn usaha kita tapi krn kebaikan Allah.
– rizki ada 2 macam : yg terduga dan yg tidak terduga. Dalam pemahaman lain, rizki menurut ulama:
-pemberian allah pada waktu tertentu
-dpt dimanfaatkan dan dpt dirasakan manfaatnya
Ada istilah rizqon hasanah dalam Qs. 11:88 – Syu’aib berkata: “Hai kaumku, bagaimana pikiranmu jika aku mempunyai bukti yang nyata dari Tuhanku dan dianugerahi-Nya aku dari pada-Nya rezeki yang baik (patutkah aku menyalahi perintah-Nya)? Dan aku tidak berkehendak menyalahi kamu (dengan mengerjakan) apa yang aku larang. Aku tidak bermaksud kecuali (mendatangkan) perbaikan selama aku masih berkesanggupan. Dan tidak ada taufik bagiku melainkan dengan (pertolongan) Allah. Hanya kepada Allah aku bertawakkal dan hanya kepada-Nya-lah aku kembali.

– rizki yg baik (rizqon hasanah) yaitu rizki halal dan tdk haram atau rizki yg didpt tanpa ada usaha yg keras darinya, namun dengan mengundang keterlibatan Allah langsung pada proses pencariannya, dgn cara memperbanyak ibadah. Qs. 32:16-17 (kenikmatan bagi org2 yg rajin ibadah utk memancing rizki Allah)

Beberapa terminologi rizki dalam Quran :
1. Rozikin (5x)
2. khoiri rozikin (1×)
3. Al rozak Qs. 51:57-58

Wallahu a’lam

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: