• Akses Cepat Indeks !

  • Translate This Blog

  • Baca Quran

  • Kategori

  • Stat SUFI-Blog

    • 300,769 akses
  • Terbaru nih…

  • Goh Gallery

  • Arsip

  • facebook

    Mohammad Iqbal's Facebook profile
  • Research Gate

    Mohammad Iqbal

Kaum Muslimin harus keluar dari Kelalaiannya

Seri Mengaji Mushalla Alitisham, Ust. Ahmadi Ustman, 18jan2015 / 28RabiulAwwal1436

Belajar dari Qs. al anbiya:35

Surah ini dimulai dgn kalimat “sdh dekat waktu perhitungan, tp betapa banyak manusia yg lalai”.

Lalai (goflah) ini bukan sekedar penyakit jasmani (penyakit yg paling2 berujung pada kematian), tapi lebih penyakit ukhrowi / ruhani dari perintah2 agama, yg dapat berujung kpd kemurkaan Allah dan kecelakaan di kehidupan selanjutnya yaitu akhirat.

Pada peperangan mot’ah, 12ribu org muslim menghancurkan 250ribu kafir, strateginya menyusup ke musuh dan membuat pos-pos, tahajjud dlm gelap, shubuh berjamaah setelah itu langsung menyerang musuh. musuh kalah di hari pertama dan terus2an di hari2 selanjutnya karena musuh tidak terbiasa pada waktu shubuh untuk bergerak perang.

Fakta di atas menunjukkan bahwa untuk mengikis goflah (lalai) perlu proses. tdk serta merta, misalnya org yg tdk terbiasa qiyamul lail dan berkata akan shalat ketika umrah akan berat melaksanakannya.

Hal yg menyebabkan goflah :
1- ‘i’rod (‘ardun- a’rodo) : suka berpaling dari ajaran Allah – menampakkan egonya. org yg kalah dalam pertarungan antara perintah Allah dgn keinginan hati dan jiwa. walau informasi agar menjadi hamba Allah yg taat sdh didapatkan, tapi melaksanakannya sulit sekali krn hawa nafsunya tdk bisa ditaklukkannya. Pengetahuannya tdk membuat dia mengerjakan amal sholeh, dan malah mengabaikannya.

2- Menerima peringatan Allah dgn cara bermain-main.
– meremehkan dan menganggap perintah Allah sebagai mainan.
– ketika shalat jumat, sahabat yg dtg diperintahkan shalat dulu, ketika khutbah disuruh diam, bahkan yg bermain pasir juga sia2. sekarang, banyak org ketika ketika shalat jumat main2 dan berlambat2 bahkan meremehkannya.

3. Hati dan mental yang rapuh dan lemah
– Diri yang tidak pernah dibiasakan berjuang ketika kecil.

Pelajaran dari Qs. 21:44

# org2 kafir dapat kenikmatan sejahtera dan umurnya panjang, namun punya masalah dlm bersikap kpd Allah. — Ini sebagai pembelajaran bahwa ada org yg sdh banyak dpt kenikmatan tapi tdk bersyukur.
Abu Jahal dkk, dihormati hanya krn harta dan ilmunya saja, tapi akhlaqnya buruk.

# ayat ini dilanjutkan dgn pertanyaan :
1- apakah engkau tdk melihat (makna ro ayaro / ru’yah menurut ulama – melihat dgn berbagai cara seperti dgn mata, melihat dgn akal / intelektualitas dan ilmunya, dan melihat dgn bahasa keyakinan dari kabar2 yg dtg dari Quran dan hadits)
– Tidak semua org bisa melihat dgn cara spt ini, dan oleh karena itulah banyak org terkecoh misalnya kelihatan sehat tapi tiba2 mati.

2- Adanya pernyataan fakta bahwa Allah mengurangi bumi dari setiap sisinya.
– penipisan ozon, penurunan tanah (tenggelam).
– bumi awalnya bulat seperti bola skr berubah menjadi bulat spt telur.
– mengurangi bumi dari segala sisinya (atrof) ternyata terkait pula dgn kepemimpinan. yaitu :
1- pengurangan isi bumi melalui kematian isi yg hidup di atasnya melalui (wabah, bencana, bunuh diri, dll) – kesalahan pemimpin yg membuka kesempatan terjadinya pengurangan tsb, misalnya miras oplosan, orgtua membunuh bayinya, dll.
– kaum nabi nuh yg jumlahnya ribuan yg ingkar, habis dgn air bah. keturunannya dari kaumnya yg selamat sepeninggal nabi Nuh juga ingkar, lalu dtglah nabi Hud, mereka yg tetap ingkar dihancurkan dgn batu dan angin, lalu yg beriman mewariskan nilai2 keimanan tsb beberapa generasi, namun ada lagi dari keturunannya yang ingkar lagi, kemudian dtglah nabi sholih, semua kaum yg masih ingkar lalu diseimbangkan dgn azab melalui satu suara yg mematikan mereka. Inilah fakta bahwa dunia selalu diwariskan kpd kaum beriman. org kafir tdk diberikan kepemilikan secara penuh, sblm dihancurkan. karena telah datang kepada mereka pelajaran yg nyata ttg kebenaran tp tdk dipahami bahkan diingkari.

2- Pengurangan melalui elemen2 bumi : air, udara, tanah, api – melalui bencana alam.
– gempa menimbulkan perubahan kepadatan tanah.
– pemimpin khianat akan menghasilkan azab melalui pergerakan tanah. misal : pengeboran di sidoarjo yg mengakibatkan air tanah terus keluar adalah akibat para pebisnis yang tidak amanah dan tdk ada mekanisme kontrol yg memadai dari pemimpin.

3- Berkurang dari sisi kemanfaatannya.
– Hasil alam yg dijual sembarangan, spt minyak, emas. – penggalian yg amat beresiko, meninggalkan bekas2 yg buruk (kerusakan alam), kemanfaatan berkurang dan membahayakan kehidupan.

# ayat dilanjutkan dgn pertanyaan lagi, “Apakah mereka bisa menang?”
– Allah menggaransi kemenangan kpd org beriman yg bersungguh2 dlm mengelola alam ini, tdk lalai dan tdk malah saling menjatuhkan satu sama lain.

# bahwa peringatan dtg berdasarkan wahyu, tp org kafir telinganya ditutup oleh nafsunya. maka jgn putus asa dlm berdakwah, krn mrk itu memang telinganya sdh tertutup utk kebaikan, tugasmu hanya menyampaikan, sedangkan hidayah hanya dari Allah. jika ada rasa malas pada kaum muslimin. berarti masih ada yg berfungsi telinganya.
– inilah fakta bahwa dakwah rasul bukan dakwah ambisius (keinginan pribadi nabi sendiri) tapi dakwah profesional (melalui sumber firman Allah dan nabi SAW hanya mengikutinya) buktinya banyak mujizat2 yg baru terkuak setelah beberapa abad kemudian.

# Menuju kiamat itu prosesnya terus berlangsung, namun secara perlahan2 prosesnya dan banyak manusia tdk menyadaeinya padahal adh ada kabarnya melaui ayat2 ini.

Pelajaran dari Qs. 21:47

# kalimat jamak utk kata timbangan, yang sangat presisi. banyak jenis timbangan sesuai dgn kebutuhannya.
– hadits : timbangan diberikan secara serentak pada hari mizan. setiap org meletakkan tangannya pada timbangannya masing2, ketika berbuat baik dia merasakan timbangannya bergerak, begitu jg jika amalnya buruk dia juga bisa merasakan.
– hal inilah yg menyebabkan manusia tdk bisa protes lagi, krn fakta2 amal2 kita bisa disaksikan sendiri.
hadits : org sholeh 70tahun beribadah ditanya masuk surga krn apa? krn amalmu atau krn rahmatKU. Padahal begitu ditimbang dgn nikmat matanya saja, amalnya sdh tidak cukup. jadi utk mdptkan surganya Allah, kita hrs berjuang dekat dgn Allah utk mdptkan kasih sayangNya.

# ayat ini hrsnya membuat kaum muslimin berlomba2 memberikan hal2 yg terbaik.

——-

pak Rais : serangan thdp ummat islam, bahwa wanita tdk masuk surga. dan bgmn umat islam menghadapi fakta bahwa ummat Islam sendiri oada saat ini sebagian besar kena penyakit lalai.

pak Aming : tentang ihsan menurut ust didin, org dzolim kita maafkan, org memutus silaturrahim kita sambung, org yg tdk mau memberi kita beri. bgmn menyikapi org menghina islam?

jawab : di surga ada fasilitas Allah yaitu wildanul mukholladun (suami2 di surga), khurul ain (wanita2 menyejukkan hati), suami istri di dunia tetap dpt berhubungan dgn bernostalgia dgn hal2 indah di dunia. Mereka menyerang dengan kebodohan mereka sendiri, krn semua serangan itu sesungguhnya sdh ada jawabannya semua dalam Quran.

cara berkomunikasi dlm islam : dlm situasi darul harb dpt berlaku hukum2 peperangan. sdg di tempat yg yg damai ada rambu2 yg tdk boleh dilanggar shgg status berubah menjadi darul harb. maka jika tetap dalam damai kedepankan toleransi, tahayyus agar tetap dapat  mempertahankan kebersamaan. Aturan2 Islam dalam kemasyarakatan antara lain : fikrul jihad yg sesuai aturan, fikrul jinayah dan fikrul harb yang mengatur peperangan dlm islam.

pak Pong : paham atheis materialisme sudah jelas, namun paham kaum yahudi cerdas tapi malah ingkar, mengapa?

jawab : yahudi pemahamannya dari perjanjian lama. Kisahnya dimulai dari ibrahim, yg punya anak ismail dan ishak. Dari Ishak dpt  yaqub, kemudian dpt anak 12 salah satunya yusuf yg kedua namanya yahuda, tinggal di kan’an syam, ketika yusuf jadi raja, pindah ke mesir. keturunan mrk di mesir zaman ramses ke-2 12 bani ini diintimidasi. zaman nabi musa, ditawarkan utk menyelamatkan mrk pindah ke tanah yg dijanjikan. setelah diselamatkan, minta 12 mata air. tp kemudian turunannya makin menyimpang. sampai sekarang, krn keyakinan bahwa palestina adalah tanah yg dijanjikan bagi mereka.
padahal setelah itu nabi2 diturunkan kpd mereka, dan ada beberapa nabi yg dibunuh oleh mereka. Dari uraian di atas berarti sesungguhnya tanah perjanjian itu diwariskan utk ummat Islam. Penyimpangan Yahudi bahkan diabadikan dalam Quran, salah satunya menyatakan bahwa yahudi itu maqdub, dimurkai krn kecerdasannya.

Wallahu a’lam

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: