• Akses Cepat Indeks !

  • Translate This Blog

  • Baca Quran

  • Kategori

  • Stat SUFI-Blog

    • 299,329 akses
  • Terbaru nih…

  • Goh Gallery

  • Arsip

  • facebook

    Mohammad Iqbal's Facebook profile
  • Research Gate

    Mohammad Iqbal

Pentingnya shirah nabawiyah

Seri mengaji Masjid Alitisham, Ust. Musaddad, 3jan2015/13Rabiul Awwal 1436

jika kalian melewati taman2 surga maka berhentilah sejenak, apa maksudnya ya nabi? yaitu majelis2 dzikir , majelis2 ilmu. (hadits)

Muaz bin jabbal, wahai saudaraku kemarilah sejenak, kita beriman kpd Allah.

Sirah Nabawiyah menurut para ulama :

ibnu katsir : sirah adalah salah satu aspek keilmuan yg hrs diperhatikan oleh kaum muslimin utk mengambil spirit, pelajaran dan inspirasi darinya. karena disana mereka akan mendptkan aspek fiqh, aqidah, tafsir dan seluruh aspek keislaman lainnya.

ali bin husein : kami mengajarkan kpd anak2 kami maqhozi (sirah) nabi spt kami mengajarkan surah2 dan ayat2 Quran.

azzuhri : dlm ilmu maghozi (shirah nabawi) tdpt pelajaran ilmu dunia dan akhirat

muhammad bin abi waqqas : dulu ayah kami mengajarkan kami maghozi nabi SAW dan selalu mengulang2nya, dan berkata, “ini adalah warisan leluhur kalian dan jgn sekali2 melalaikan pelajaran ini”.

sayid qutb : Sesungguhnya musuh2 islam mencoba menghancurkan sendi2 keislaman melalui dua hal, yaitu melalui :  1. ilmu pendidikan, 2. ilmu kejiwaan (psikologi). Salah satunya adalah dgn menjauhkan org muslim dari sirah nabawiyah, krn jika generasi penerus mereka tetap mempelajarinya, kaum muslimin menjadi orang2 yg berkarakter dan punya izzah yg kuat dari karakter Quran yg hidup dari nabi SAW.

Urgensi belajar shirah nabawiyah

1. belajar sirah berarti belajar pada sumber syariat,
– Sumber keilmuan yg tertinggi dari agama Islam : sumber ke-1 yaitu Quran (penjabaran garis besar ajaran Islam, tp tdk tdpt hukum2 ibadah secara rinci), sumber ke-2 yaitu hal2 yg merincikan implementasi hukum2 tersebut ada pada assunnah annabawiyah, yg aplikatifnya dpt ditemukan pada shirah nabawiyah.
contoh :
# saat mau perang hunain lewat pohon keramat yg biasanya menggantungkan pedang untuk ngalap berkah, sahabat yg belum kuat imannya minta pohon spt itu dlm islam, nabi SAW menjwb, “kalian meminta spt yg diminta kaum nabi musa, dan saat itu Nabi musa menjwb, “kalian sesungguhnya blm memahami ajaran ini”, nabi SAW melanjutkan, “ini adalah tradisi yg buruk dari kaum2 terdahulu”.
# dlm perang uhud ketika nabi saw dipukul mundur krn kesalahan pemanah yg tergoda rampasan perang, ketika pulang ke madinah, org2 munafik berkata, “coba kalian jgn perang maka kalian tdk akan mati dan kalah spt ini” (ada di quran). nabi menjawab, “walau mereka diam di kamar, malaikat maut pun tetap datang”. Dalam peristiwa ini ulama mengambil istimbath hukum, maka org muslim tdk boleh berkata, “kalau saja”, “jika saja”, karena menyerupai perilaku buruk kaum munafiq.
# ketika pasukan muslim akan menyerang bani qurairah yahudi penghianat – pesan nabi jgn kalian shalat ashar kecuali di tempat bani qurairah. ketika di jalan waktu ashar masuk dan mrk ada 2 pendapat, yg shalat di jalan krn kawatir tdk dpt waktunya (menggunakan Quran- ibadah yg sdh ditentukan waktunya), dan yg tetap sholat di wilayah musuh (pesan nabi). dua2nya tidak disalahkan oleh nabi SAW. ulama menyimpulkan dari kisah ini, jika punya landasan quran dan hadits tdk boleh membuat ummat pecah.

2. Belajar sirah berarti kita berkenalan dgn nabi Muhammad SAW.
– sosok yg paling mulia
– sungguh dalam nabi terdapat uswatun hasanah, disebutkan dlm lafaz umum di Quran yg bermakna dalam segala hal kebaikan. sbg ayah, suami, pemimpin, jenderal, dsb.
– membaca sirah tdk hanya mempelajari peristiwa, nama dan tanggal, tp mempelajari inspirasi yg membawa kebahagian dunia dan akhirat.
– sirah nabawiyah adalah kisah yg paling lengkap dari sejarah nabi2 yg lain. Misalnya, kisah nabi isa tdk ada kisah sbg suami, sbg ayah.

Tingkatan belajar shirah :
1- Mengetahui perjalanan hidup Nabi SAW dari lahir sampai wafat.
2- Mengambil inspirasi, yaitu dari peristiwa sirah dan mendalami ibrohnya.
3- Mendalami dengan analisa pada aspek2 kehidupan seperti : dakwah, politik, ekonomi, muamalah (komunikasi kontemporer), perang, psikologi, akhlaq, dan sebagainya dalam aspek tematik keilmuan.

contoh kisah :
# Ketika di Mekkah bertiup isu ada seorang yg bernama Muhammad yg dianggap gila. seorang tabib dari suku azz penasaran dan tergerak utk menyembuhkan. Ketika mereka bertemu, nabi mendengarkan dgn baik dan tenang thdp apa2 yg dinyatakan tuduhan. Setelah selesai sang tabib berbicara, barulah menjawab nabi kita dgn kalimat ringkas, “innal hamdalillillah, nahmaduhu wa nasta’inuhu wanastaghfiru…“. Sang tabib berkata, “tolong diulang sekali karena aku tahu bahasa jin dan bahasa sihir, sesungguhnya apa yg kau ucapkan ini bukanlah dari bentuk sihir, maka aku bersyahadat kpdmu, dan aku pemuka kaumku silahkan perintahkan kpdku apa yg kau butuhkan.”

# nabi adalah pakar strategi :
– menguasai sumur badar di perang badar dan mendiskusikannya dgn para sahabat.
– perang khandaq, melawan koalisi aqidah yahudi, balas dendam quraisy dan org materialis utk dpt untung di madinah (10ribu org pasukan elit persenjataan lengkap melawan 3000org), tampillah salman alfarisi ketika rapat strategi muncullah ide menggali parit sepanjang perbatasan madinah.

muhammad assad tadinya orientalis yahudi yg masuk islam pernah berkata : tdk pernah saya melihat org yg membawa ajaran risalah, yg memerankan semua risalah yg dibawanya secara lengkap kecuali nabi SAW.

3. dgn belajar sirah kita mampu menumbuhkan cinta kpd beliau dan sahabatnya.

– perjuangan nabi SAW ketika tahun wafatnya khadijah dan pamannya abu thalib sebagai backup lahirnya dakwah nabi shgg kini masuk ke dalam hati kita. tekanan musyrik makin keras, hijrah pertama ke thaif dan disana ditolak dan diopinikan bahwa nabi SAW adalah org buruk membuat penduduk kota thaif melempari batu beliau di sepanjang jalan yg dilaluinya. sampai sandal beliau basah dgn darah. saat beristirahat dlm kesakitannya, dtg tawaran malaikat utk menimpa gunung ke kaum thaif. jawab rasul mulia, “jgnlah, aku berharap keturunan2 mereka yg nanti akan beriman”.
betapa hebatnya perilaku uswatun hasanah dlm berkorban. menumbuhkan kecintaan kita yg besar kepada beliau.
– Selain itu kita juga akan mempelajari karakter2 org hebat yg ada disekeliling rasulullah yaitu para sahabat.
– ketika abu sofyan mengancam, seorg sahabat beliau berkata lantang, “kalau saja nabi tertusuk duri niscaya tdk akan tenang hatiku,” abu sofyan berkata, “tidaklah aku temukan kecintaan yg sebesar kecintaan sahabat2 Muhammad.”
hadits : jgn mencaci sahabat2ku, demi Allah yg jiwaku ditanganNya. kalau saja kalian menginfaqkan 1 gunung uhud emas, tdk sebanding dgn 1 mud yg mereka infaqkan.

4. sirah nabawiyah mata air inspirasi kebaikan sepanjang masa.
– uswatun hasanah : perilaku terpuji : ketabahan, keberanian, dll., profil manusia insan kamil di berbagai bidang dan profesi, makna2 keberkahan.

– kisah menikah 25 tahun dgn mahar 100 ekor unta. menunjukkan usia produktifnya beliau sdh sangat kaya secara materi baru menikah.

# bayinya membawa keberkahan : kisah susu bayi nabi oleh halimah dari bani saad yg mengalami kekeringan mrk mengharapkan upah dari anak susuan. halimah tdk memprioritaskan upah dan sukarela menyusui anak yatim ini (muhammad saw), setelah itu tunggangannya yg lambat jadi cepat, ternaknya dan tanaman jadi subur, susunya jadi banyak.
# 8 tahun – 15 tahun melewati masa2 hidup mandiri.
# 25 tahun menikah
# 40 tahun menjadi nabi usia kematangan psikologis.

wallahu a’lam.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: