• Akses Cepat Indeks !

  • Translate This Blog

  • Baca Quran

  • Kategori

  • Stat SUFI-Blog

    • 300,769 akses
  • Terbaru nih…

  • Goh Gallery

  • Arsip

  • facebook

    Mohammad Iqbal's Facebook profile
  • Research Gate

    Mohammad Iqbal

Perilaku Mengundang Pertolongan Allah

seri mengaji Masjid Alitisham khutbah jumat, Ust. Didin H., 2jan2015 / 12RabiulAwwal1436

Ciri2 orang-orang yang dekat dengan pertolongan / rahmat Allah (Qs. 9:71)

Dan orang-orang yang beriman, lelaki dan perempuan, sebahagian mereka (adalah) menjadi penolong bagi sebahagian yang lain. Mereka menyuruh (mengerjakan) yang ma’ruf, mencegah dari yang munkar, mendirikan shalat, menunaikan zakat dan mereka taat pada Allah dan Rasul-Nya. Mereka itu akan diberi rahmat oleh Allah; sesungguhnya Allah Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana.

1. Org2 beriman menjadi penolong satu sama lain dalam ikatan ukhuwah Islamiyah, hubungan atas dasar keimanan bukan sekedar kekerabatan atau kelompok tertentu. Nabi SAW ketika hijrah yg pertama kali di bangun adalah masjid sebagai simbol kejamaahan, baru kemudian mempersaudarakan antara muhajirin dan anshor dalam ketaqwaan. Oleh sebab itulah perlu kembali di bangun kesadaran di antara kita utk punya peran masing2 dan tetap saling mendukung, bukan malah menggunting dalam lipatan. Ada rasa kesadaran bahwa ukhuwah lebih penting dari ‘nafsu2’ ingin tampil sendiri2, bahwa hrs ada sinergi antara kaum muslimin dalam aktivitas membangun kejayaan Islam.

2. Ummat yang aktif sbg pelaku (bukan hanya sbg penonton saja) yg selalu menyuruh (mengerjakan) yang ma’ruf, mencegah dari yang munkar. Bergerak dgn kekuatan atau kekuasaannya masing2, sesuai dengan pengetahuan dan keterampilannya. Sbg contoh di sebuah bank BUMN yg tadinya pengumpulan zakat per bulannya 140an juta, ketika sang pemimpin membuat SK bagi pegawai gol 3 dgn gaji diatas 3juta perbulan untuk berzakat di kantor, maka penerimaannya menjadi sekian puluh milyar per bulannya. inilah dakwah melalui kekuasaan.

3. Mendirikan shalat secara berjamaah sbg perekat ukhuwah, penguat hubungan keimanan satu sama lain dan penguat pribadi2. Misalnya dapat kita lihat indikator kemajuan di Turki sekarang ini adalah partisipan shalat shubuhnya sudah seperti jamaah shalat jumat. Menurut Yusuf Qardhawi, di masyarakat yg shalat shubuhnya sudah separuh dari jamaah shalat jumat akan dapat dilihat izzahnya, kekuatan kebaikannya, dan tdk akan mudah diinterferensi oleh org2 lain.

4. Masyarakat yg sadar dalam menunaikan zakat – aktivitas membersihkan harta dan melipatgandakan seperti yg dikabarkan Quran dan hadits. aktivitas yg mempunyai pengaruh sosial yg kuat, memeratakan penyebaran harta di masyarakat sehingga menggeliatkan ekonomi dan sekaligus mendidik pribadi2 utk tidak tamak pada hartanya.
5. Masyarakat yg selalu menjaga ketaatan kepada Allah dan Rasul-Nya. Ada mekanisme saling menasihati.

Wallahu a’lam

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: