• Akses Cepat Indeks !

  • Translate This Blog

  • Baca Quran

  • Kategori

  • Stat SUFI-Blog

    • 299,329 akses
  • Terbaru nih…

  • Goh Gallery

  • Arsip

  • facebook

    Mohammad Iqbal's Facebook profile
  • Research Gate

    Mohammad Iqbal

Begitukah sifat dasar kita?

Dalam perjalanan diseminasi riset kami di Bali, ada kejadian lucu dan menggemaskan.
Sehari sebelum presentasi, kami berkesempatan melihat sunset di pantai kuta dan menikmati malam di discovery mall. Saat membeli makanan di mini mart di seberang mall, di depan dan di belakang antrian kami adalah bule. Bule di depan kami membayar tapi kurang sehingga hrs keluar antrian untuk mengambil sisanya dari kawannya. Lalu saya letakkan belanja kami utk dihitung.
Sang kasir  malah bertanya pada bule yg antri di belakang saya, “tunggu sebentar ya, ibu cuma beli itu saja?”,
Seakan2 bahwa antrian saya di situ tidak dianggap sama sekali.
Bule di belakang agak merasa aneh mendapat pertanyaan itu dan kelihatan tdk enak dgn saya yg di depannya,  yg langsung menunjuk ke belanjaan saya utk segera dihitung. Si kasir masih saja bilang, “maaf ya bu, saya layani ini dulu”.
Hah..?!. Heran saya dgn fenomena ini. Apa segitunya ya, bangsa kita di Bali ini meng-‘hamba’-kan diri kpd turis asing. Sehingga aturan dasar tentang antrian saja dia tabrak hanya gara2 saudaranya di Indonesia ikut di sana.

Tentu ini tidak bisa digeneralisir, tapi potret kecil ini sesungguhnya sesuatu hal yg perlu direnungkan bersama2. Jangan2 penyakit ini bukan hanya mengidap orang2 kecil di negara kita, tapi juga para pemimpin atau org2 besar yang sering muncul di TV atau juga kita sendiri di kalangan akademisi?

Tinggalkan Balasan

