• Akses Cepat Indeks !

  • Translate This Blog

  • Baca Quran

  • Kategori

  • Stat SUFI-Blog

    • 299,329 akses
  • Terbaru nih…

  • Goh Gallery

  • Arsip

  • facebook

    Mohammad Iqbal's Facebook profile
  • Research Gate

    Mohammad Iqbal

Momentum pada Isra’ dan Mi’raj

Seri mengaji musalla alitisham, 1juni2014, ust syukron makmun.

Makna surah al isra’ :
disebut nama surat isra krn ayat pertamanya ttg isra, sdg ttg mi’raj lebih banyak di hadits.
Surah Al isra’ isinya ttg kandungan quran dan implementasinya dlm kehidupan (berbakti kpd orgtua, pos2 harta, shodaqoh, bisnis itu jgn mencurangi timbangan…)
ada juga tentang keruntuhan ummat (durhaka hidupnya) dan kunci membangun peradaban.
rumah tangga tdk ada sekolahnya padahal semua org akan mengalami, tp dlm quran ada tuntunan jelasnya mulai dari mencari pasangan, menikahnya, ttg pendidikan anak2nya, sampai tua dan wafat ada soal warisnya.

——-
ISRA’
——-

Momentum pada isra’ :
1. Pertemuan rasulullah dgn nabi2 sebelumnya. reuni akbar para pengemban risalah, nabi saw menjadi imam sbg transfer / estafet / peralihan risalah dan sekaligus penegasan bahwa muhammad adalah nabi terakhir dan pengakuan para nabi ( isa, musa, ibrahim, …) sbg penutup risalah.

2- Peralihan amanah kitab suci setelah nabi musa berupa taurat kepada bani israel, utk dijaga tp mrk malah berbuat kejahatan besar : membunuh para nabi dan mengubah2 kitab sucinya. akhirnya dihinakan oleh Allah dan dihancurkan. amanah tersebut kemudian dialihkan kpd ummat Muhammad.

3- Mulai isra’ itu diawali di masjid dan diakhiri di masjid juga (minal masjid ilal masjid) menunjukkan pentingnya masjid. kejadiannya sendiri adalah hiburan Allah kpd nabi yg mengalami tahun kesedihan.

masjid multifungsi zaman nabi SAW :
-universitas sahabat unggul
-mahkamah hukum yg adil
-majelis permusyawaratan yg memberi solusi kehidupan sosial. jumatan sbg medianya.
– dsb.

struktur keberadaan masjid sekarang cukup lengkap di semua lini, masjid negara, masjid propinsi, masjid kota/kabupaten, masjid kecamatan, masjid jami kelurahan, masjid masyarakat / RT-RW ( mushalla).

isra’ adalah tuntunan bahwa setiap perjalanan yg dilakukan hamba Allah HARUS melalui masjid karena ada JAMINAN keberkahan Allah di dalamnya (baik bagi masyarakat sekitarnya maupun pengelola masjidnya).
negara2 yg dilewati perjalanan isra’ nabi saw penuh keberkahan. negara2 hijaj yg tandus yg penuh kebodohan yg tdk sedikitpun dilirik oleh dua peradaban besar imperium romawi dan persia saat itu, bertranformasi jadi peradaban baru. mewujudkan doa nabi Ibrahim yg meminta kesejahteraan beberapa dekade sebelumnya.

4- Isra’ adalah perjalanan hamba menuju sang pencipta yaitu Allah.
Kemuliaan dan kehormatan adalah krn kedekatan dgn Allah sang pemilik kehormatan. sedangkan dunia spt harta, jabatan, keturunan dapat mendorong ke kehinaan.
Ilustrasi karpet masjid dan karpet istana negara, karpet masjid yg murah, keras lebih dimuliakan manusia ; melepas alas kakinya, menaruh kepalanya di sana (bersujud). karpet istana yg mahal, empuk, mewah tetap saja tdk istimewa.
Hijr Ismail (pemangku Ismail), seorang budak wanita hitam bernama Hajar menjadi mulia krn kedekatannya dgn Allah.

——-
MI’RAJ
——-

1- Mi’raj adalah solusi Allah bagi kehidupan manusia yaitu diturunkannya shalat sebagai induknya ibadah.
Mempelajari shalat haruslah dilakukan secara holistik dengan melihat 2 sisi :
1- ilmu syariat : mengenai syarat sahnya shalat.
2- ilmu hakikat : mengenai kualitas syarat diterimanya shalat oleh Allah, serta efek shalat kepada pribadi dan masyarakat.

Pesan nabi, “shalatlah sebagaimana aku shalat”.

tema2 besar mendalami shalat :
– sejarah shalat : Isra mi’raj dan memahami nabi-nabi sebelum nabi Muhammad SAW.
– bacaan
– gerakan
– panggilan shalat (adzan)
– memahami kemanusiaan : tentang nafs (jiwa), struktur lengkap yg terdiri dari ruh, akal dan syahwat yang jenisnya ada 3 macam yaitu :
a- Lawwamah : manusiawi
b- amaroh : cenderung kepada keburukan.
c- mutmainnah : cenderung kepada kebaikan.
pemahaman kemanusiaan ini terkait dengan tarbiyyah ruhiyah, fikriyyah dn jasadiyyah oleh ibadah2 (shalat, dzikir, riadhoh, …).

2- Mi’raj adalah ‘wisuda’ syariat nabi Muhammad yg menjadi intisari dari seluruh syariat2 dari nabi2 sebelumnya, dikompresi dan dipadatkan agar dapat dilaksanakan dengan mudah dan tidak memberatkan.
Qs. 2:286 – jaminan dapat dikerjakan oleh ummat Muhammad.
Hadits – dua rakaat shalat shubuh ummat manusia, lebih hebat dari shalat 1000 rakaat malaikat. Maha adilnya Allah pada manusia yang mendapat 2 tantangan yaitu internal (jiwanya, nafs) dan eksternal (rayuan syetan).

3- Mi’raj adalah manifes cinta nabi Muhammad kepada ummatnya.
-saat nabi diberi salam penghormatan oleh jibril dengan “Assalamu alaika ayyuhannabiyyu…” beliau tidak menjawabnya, lalu bertanya, “bagaimana salam bagi ummatku?”. Maka kemudian diilhamkan Allah agar jibril menambahkan “Assalamu alaina  wa ‘ala ibadillahis shoolihin…” di sini, bagi ummatnya yg beribadah dan beramal sholeh akan mendapatkan rahmat dan barokah sebagaimana yg didapatkan baginda Rosul SAW.
Qs. 33:36 – maka sdh sepantasnya kita sbg ummat yg amat diperhatikan dan dicintai nabi SAW, memperbanyak shalawat kepadanya, sbg bentuk cinta kita kepada beliau.

Wallahu a’lam.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: