• Akses Cepat Indeks !

  • Translate This Blog

  • Baca Quran

  • Kategori

  • Stat SUFI-Blog

    • 300,769 akses
  • Terbaru nih…

  • Goh Gallery

  • Arsip

  • facebook

    Mohammad Iqbal's Facebook profile
  • Research Gate

    Mohammad Iqbal

Karunia Ilmu – Belajar dari Nabi Sulaiman

Seri Mengaji Tafsir Alhijri, Ust. Didin, 1jun2014, Qs. 27:20-23

Makna 1#
Mujizat ilmu pengetahuan kepada nabi Sulaiman, ketika beliau disuruh memilih antara kekuasaan, harta dan ilmu, maka beliau memilih ilmu dan ternyata setelah itu beliau mendapatkan semuanya.

ilmu akan mengangkat beberapa derajat bagi pemegangnya. Perpaduan iman dan ilmu menghasilkan akhlaqul karimah. Qs. mujadalah(58):11

  1. Ilmu adalah nyawanya/spirit/ruhnya Islam (hadits) – indahnya/manfaat islam baru akan terasa jika para pengikutnya melandasi implementasi keislamannya dengan ilmu dan amal.
  2. Ilmu itu tiangnya iman – sebagai tulang punggung tegaknya iman dlm diri manusia. Barang siapa yang mengajarkan/menyampaikan ilmu yg bermanfaat dgn motivasi ridho Allah, maka Allah akan menyempurnakan pahalanya. Maka sebetulnya tidak akan ada ulama yang miskin.
  3. Barangsiapa yang mempelajari ilmu dan mengamalkannya, maka Alah akan mengajarkan ilmu pengetahuan yang tdk pernah diketahui org lain. Para pejuang spt KH. Sholeh Iskandar, M. Natsir, Buya Hamka, walau sekolah formalnya rendah, namun karena beliau semua mujahid yang memperjuangkan dakwah mengajarkan, membela dan mengayomi ummat, maka diberilah ilmu ladunni dari Allah ; dihormati manusia, dikenal di seluruh dunia dan karya2nya abadi.

#Makna 2

Keajaiban ilmu sulaiman yg mampu berbahasa hewan dsb, tidak membuat beliau sombong atau lalai, namun selalu saja beliau mengembalikan semuanya kpd Allah. Jadi, ciri ilmuwan yg baik adalah selalu mengembalikan kpd Allah setiap temuan dan apapun manfaat dari ilmu pengetahuannya tersebut.

Bukti/ciri syukur :

  1. Menyandarkannya semua kpd Allah, karena semua yg kita dapatkan ini bukan karena kerja keras kita semata2, tp merupakan karunia/anugerah dari Allah.
  2. Washilah orgtua – penyebab kita mendapatkan karunia ilmu, harta, jabatan adalah dari keberkahan dari orgtua maka semakinlah berbuat baiklah kpd mrk
  3. Melakukan amal sholeh yg diridhoi Allah, perbuatan dan perilaku yg memberikan kebaikan kpd org lain.
  4. Selalu bergaul dgn org sholeh sebagai lingkaran inti pergaulan, walau bergaul dgn siapa saja.

Makna 3#

Contoh mujizat sulaiman adalah selalu diikuti oleh burung hudhud dlm perjalanannya salah satunya utk menavigasi sumber2 air dan menunjukkan tempat2 yg sangat jauh.
ketidak-ikutan hudhud dalam rombongan adalah bentuk ketidakdisiplinan yg akan mendapat hukuman berat kecuali ada alasan yang kuat, yant ternyata burung Hudhud telah menemukan kerajaan yang dipimpin oleh seorang ratu.
Ayat ini sering dipakai dalil utk kepala negara perempuan. Padahal ayat ini menunjukkan bahwa kepemimpinan wanita di negeri Saba waktu itu telah menuju kecenderungan penyimpangan dalam penyembahan kepada selain Allah.

———–

Khutbah nikah Tya di Brajamustika Bogor
Ust Didin H 

Inti pernikahan adalah kalimat ijab qobul dari wali ke mempelai pria. Ijab qobul itu esensinya luar biasa sbg mitsaqon golizo – perjanjian yg amat kuat antara Allah dgn hambaNya dan setara dgn ikatan Allah dgn para nabi.

hadits : 3 hal yg main-mainnya pun tidak diperbolehkan :
1. Nikah
2. Talaq (perceraian)
3. Memerdekakan

Pesan Pernikahan :

(1) Jadikan landasan ibadah utk semua permasalahan di rmh tangga. jika suami istri yg beribadah bersama akan dijaga oleh Allah (hadits)

(2) Bagaimana agar suami istri istiqomah dalam menjalankan kewajibannya masing2.

Kewajiban Suami :

  1. Menjadi pembimbing, imam, yg bertanggungjawab, mendidik dengan baik tanpa kekerasan. hadits : kemuliaan laki2 adalah yg memuliakan istrinya, kehinaan laki2 adalah yg menghinakan istrinya.
  2. Memberi nafkah dgn rizki yg halal agar mendatangkan kebaikan keberkahan shgg kesholehan anak2 mdh terwujud. quran : jagalah diri dan keluargamu dari api neraka. hadits : tertidur krn capek mencari rizki yg halal maka diampuni.

Kewajiban istri :

  1. Menjaga kehormatan diri dan keluarganya etika dan akhlaqnya.
  2. Tunduk dan patuh pada suaminya dalam kebaikan.

hadits : kunci surga wanita ada 4 :
1-shalat 5 waktu
2-shaum ramadhan
3-menjaga kwhormatan
4-patuh pada suaminya.

(3) jagalah anak keturunan krn itulah investasi dunia akhirat.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: