• Akses Cepat Indeks !

  • Translate This Blog

  • Baca Quran

  • Kategori

  • Stat SUFI-Blog

    • 300,769 akses
  • Terbaru nih…

  • Goh Gallery

  • Arsip

  • facebook

    Mohammad Iqbal's Facebook profile
  • Research Gate

    Mohammad Iqbal

Memahami Manfaat Ibadah

Seri mengaji masjid Alitisham, ust Sambo, 31Mei2014

Tarhib Ramadhan

Ramadhan adalah bulan peningkatan kualitas ummat, bukan sekedar kuantitas. banyak bagaikan buih itu bukanlah sesuatu yang baik. Kita semua harus menyadari terhadap hal-hal yg membuat Ramadhan kita dari tahu ke tahun sama saja, tdk ada peningkatan signifikan. Salah satunya kita sering gagal paham dalam melihat hakikat ibadah ketika mempelajarinya dan ketika melaksanakannya.

pendekatan belajar ibadah seharusnya jangan melalui pendekatan kewajiban atau beban, tetapi melalui pendekatan fungsi dan manfaat agar ibadah menjadi kebutuhan.

10 fungsi / manfaat ibadah :

1-Pendekatan diri kepada Allah (mekanisme lobby spy disayang / mendapatkan nikmat Allah / dirahmati / diberi karunia Allah).

2- Bentuk ketaatan/ ketundukan pengabdian kpd Allah. mengakui bahwa dia itu hamba, sehingga buktinya rajin ibadah, perintah2 dilaksanakan. org yg tdk ibadah adalah sombong. (Qs. 40:60)

3- Sarana bersyukur : banyak sekali nikmat yg telah diberikan Allah. jika bersyukur Allah menjadi ridho, maka akan ditambah nikmatnya. (Qs. azzumar )

4- Utk minta tolong : bukan sekedar berdoa tp hrs ibadah, iyya kana’budu wa iyya kanasta’in. dimudahkan urusan, dikabulkan doa2nya.

5- Sarana menabung amal sholeh, spy ketika perlu nanti, manfaatnya dpt diambil baik ketika masih hidup, terlebih lagi setelah wafat. investasi multi dimensi dunia akhirat. menjadi penabung prioritas shgg kita bisa ‘memaksa Allah’ (dlm bahasa Quran, dan Allah tdk marah, spt maksanya anak2 ketika meminta pada orgtuanya). spt kisah nabi ketika perang badar, spt kisah org2 yg terperangkap di gua.

6- Menjaga/mempertebal iman, krn iman lebih tinggi nilainya dari emas separuh bumi (Qs. 3:91). maka hrs dijaga dgn serius dari syetan dgn memperbanyak cara ibadah. iman itu kekayaan krn bisa membeli surga yg seluas langit dan bumi.

7- Memberi makanan rohani, manusia ada dua potensi : jasmani (dari tanah) dan rohani (dari Allah maka ketika wafat inna lillahi).  badan jasmani perlu makan minum, baju, mandi, memakai wangi2an, istirahat, hiburan, pakaian dan obat ketika sakit. badan rohani kita juga butuh semua itu, yaitu dari ibadah. jika tdk melakukannya, ketika mati nanti ruhani kita akan kelihatan compang camping.

8- Alat latihan utk upgrade kualitas kita. latihan fisik, lisan (dzikir / baca quran – terbiasa dgn kalimat baik), pikiran/akal (shalat membuat daya pikir jernih, daya ingat kuat dan mudah fokus, menghafal quran jg melatih daya pikirnya – anak2 yg dibiasakan akan membekas di masa tuanya), perasaan (emosi pada puasa, haji sedekah-mudah memberi harta, maaf, kasih sayang kpd org lain), hati (prasangka baik, sabar dlm musibah dan perjuangan hidup dan syukur), sosial (shalat berjamaah latihan bersama dlm kesempitan tetap tenang, haji, shaum, sedekah/zakat)

Potensi manusia punya fungsi yg berbeda:
a-akal – mencerna alam
b-perasaan – mencerna hub antar manusia empati/simpati
c-hati – berhub dgn Allah yg gaib, sabar, iman pada surga dan akhirat, taqdir, visi Allah, ikhlas, syukur.

9- Pencucian dosa, (Qs. Alfurqon:69-70, Qs. 11:114). taubat itu hrs diikuti iman dan dgn memperbanyak ibadah kalau tdk maka taubatnya percuma. Ibadah sbg alat bayar hutang kelalaian dan dosa.

10- Bentuk terimakasih kpd orgtua dari seorg anak. krn amal sholeh akan berefek kpd orgtua kita juga (hadits: 3 hal yg pahalanya mengalir terus: … doa anak sholeh). ibadah utk membantu orgtua.

InsyaAllah anak 7 tahun sdh paham ini jika di ajarkan dengan pendekatan manfaat seperti ini. Kurangi pendidikan2 melalui ancaman-ancaman. Itu merupakan langkah terakhir, bukan langkah awal pendidikan.
Wallahu a’lam.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: