• Akses Cepat Indeks !

  • Translate This Blog

  • Baca Quran

  • Kategori

  • Stat SUFI-Blog

    • 299,329 akses
  • Terbaru nih…

  • Goh Gallery

  • Arsip

  • facebook

    Mohammad Iqbal's Facebook profile
  • Research Gate

    Mohammad Iqbal

Prinsip Hidup di Dunia bagi Muslim

Seri Ngaji Masjid Alitisham, Ust sambo, 17mei2014

Prinsip hidup :
1. Kita diciptakan utk ibadah, maka tugas utama manusia ibadah (mengabdi dan menyembah Allah). Qs. 51:56 – wama kholaktul jinna…
2. Tugas utama / fokus hidup kita ibadah, yg lainnya (mencari dunia: makan, bekerja, berkeluarga, mencari ilmu dunia, mencari kekuasaan) adalah tugas sambilan/sampingan. Qs. 28:77 – cari akhirat jgn lupakan dunia.
3. kalaupun mencari dunia, tetap dlm rangka/dibingkai/diikat untuk tujuan ibadah, diniatkan lillahi ta’ala. Qs. 62:9-11 – bersegeralah beribadah, setelah ibadah bertebaranlah di muka bumi setelahnya kemudian berzikir lagi, pasti kamu akan sukses. Qs. 63:9-10 – jgn sampai anak dan harta (fokus sampingan, dunia) melalaikan dari mengigat Allah, krn akan rugi. setelah dpt dunia bersedekahlah (ibadah lagi)

1-ibadah dulu – sblm melakukan apa2 di dunia
2-ibadah terus – ketika mencari dunia, dari bangun sampai tidur lagi.
3-ibadah lagi – dapat hasil kerja, ibadah lagi misalnya bersedekah, buka utk sekedar bersenang2.

Ibadah haruslah mendominasi kehidupannya. Bagi muslim sudah hrsnya pertanyaan bagi anak istri adalah ma ta’budu mim ba’di bukan ma ta’kuluna mim ba’di.

Tabiat dunia, makin dikejar makin lari, capek sekali mengejarnya, maka ketika dpt, cenderung bersenang2 menikmatinya. Oleh sebab itu orientasi hidup kita jangan ke dunia.

Misalnya dlm mencari istri :
1. niatnya : yg sholehah tp cantik, bukan malah dibalik, cari yang cantik dulu baru lihat sholehah atau tidaknya.
2. isinya : topiknya kebaikan multi dimensi dalam berumah tangga. Menggunakan cara2 yang dituntunkan oleh Allah dan RosulNya.
3. hasilnya : selalu dikembalikan kepada Allah, menjadi syukur dan sabar yang efeknya kepada kesholehan kita sendiri yang semakin meningkat.

Secara fitrah, pilihan yg selalu dtg dari Allah pasti berupa ujian, misalnya :
-Kesempatan dunia yang banyak tapi kesempatan ibadahnya kurang. Dapat calon istri yang cantik tapi ibadahnya kurang/kurang sholeh.
-Dunia sedikit tapi kesempatan ibadahnya banyak. Calon istri kurang cantik tapi sholehah.

4. Kalau fokus utamanya dunia, akhirat pasti tdk dapat, atau walaupun dpt cuma sedikit sekali. tapi kalau fokusnya ibadah / akhirat, duniapun pasti dapat. Qs. 42:20 – yg berharap keuntungan akhirat akan ditambah bagiannya dgn dunia jg, dgn akhirat yg pasti dapat. jika cuma berharap dunia, cuma dpt sebagian dunia saja dan akhirat pasti tdk dpt.

jika mau dunia, maka perbanyaklah ibadah. bukan langsung mengejar dunia saja krn akan membuat kita capai dan bahkan umumnya melalaikan yg membuat ibadahnya jadi rusak.

5. Barangsiapa yg mengingat Allah (ibadah), maka Allah akan mengingatnya (menolongnya, membalasnya, menjaganya) Qs. 2:152, 47:7 – jika menolong Allah (ibadah), niscaya Allah akan balas menolong dan meneguhkan kedudukannya. (dunia kita dimudahkan), Qs. 1:4 – iyya kana’budu…

Jurus menjemput dunia (sdh disediakan Allah, telah ada campur tangan Allah krn kita sdh ibadah dulu) bukan mencari dunia (sesuatu yg blm pasti, tanpa campur tangan Allah) – konsep Qs. 2:201-202:
1. ibadah dulu
2. berdoa dulu
3. ada usaha yg telah ditunjuki Allah lewat prinsip ke-5 dan tetap/terus ibadah
4. sabar menunggu pertolongan
5. tawakkal
6. Kalau dapat dunia maka jadikan itu sbg ibadah lagi yang semakin meningkat

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: