• Akses Cepat Indeks !

  • Translate This Blog

  • Baca Quran

  • Kategori

  • Stat SUFI-Blog

    • 299,329 akses
  • Terbaru nih…

  • Goh Gallery

  • Arsip

  • facebook

    Mohammad Iqbal's Facebook profile
  • Research Gate

    Mohammad Iqbal

Tuntunan memilih pemimpin Umat Islam

Seri Mengaji Liqo ust yasir, 23 April 2014, Mushalla At taqwa Cimanggu

Perlu kita menyadari lemahnya kaum muslimin dlm memilih pemimpinnya, padahal dalam hadits sudah dinyatakan, “jika 3 org berjalan, angkatlah pemimpin.”

Dalam masyarakat terpilihnya pemimpin bukan org terbaik, tapi dari pada tidak ada. seperti pemilihan RT dan RW. Sekarang ini kaum muslimin paling lemah partisipasinya dlm memilih pemimpin.

Dalam keluarga saat seorg anak wanita menikah, skr ayah hanya bisa merestui dan mendoakan, tdk bisa memilihkan atau menentukan jodoh anaknya. Padahal dalam memilih jodoh, agama dan nasab yg jelas itu penting, seorang ayah tidak bisa diganti bin/binti nya.

Dengan berbagai macam kasus yang kita temui sekarang ini, banyak kaum muslimin tidak berpartisipasi dalam memilih pemimpin dengan alasan bahwa semua calon yang tampil tidak ada yang bersih. Ummat merasa dari pada kita turut berdosa memilih yang buruk, lebih baik ditinggalkan saja sekalian, padahal dalam kaidah fiqih sudah dijelaskan bahwa “saat semuanya jelek, haram hukumnya utk ditinggalkan sama sekali.”

Pemimpin itu dlm istilah kebanyakan :
1-qiyadah (komandan)
2-imarah (penguasa)
3-hukumah (pemerintah)
4-khilafah (kekhalifahan)
5-dll

Dlm quran pemimpin itu lebih banyak dimaknai dgn auliya – waliyun. maknanya :

  • pemimpin
  • pelindung
  • penolong
  • kawan setia

maka sesungguhnya wali nikah itu bukan orang sembarangan yang akan sangat menentukan kemuliaan bagi institusi keluarga yang akan di bangun oleh pewaris-pewarisnya.

Tuntunan memilih pemimpin TIDAK pada orang-orang yang spt ini:
1 – Qs. 5:51 – org yahudi dan nasrani tdk boleh jadi pemimpin. jika ada yg memilih mrk, dia adalah termasuk golongan mrk dan termasuk org dzolim.

2 – Qs. 5:57 – org muslimin juga yg menjadikan agama ini ejekan yaitu memilih satu ayat dan menghindari yg lain. Seperti kebiasaan bani israil dulu, sampai berkata kepada Nabi musa as, “pergilah perang dgn Tuhanmu, kami duduk2 disini.” inilah seperti yang dijabarkan pada Qs. 9:23 – “bahkan sekalipun dia itu bapak atau saudaramu yg mrk lebih suka kpd kekufuran.”

Siapa pemimpin kaum Muslimin menurut Qs. 5:55 – yaitu :
1-Allah – spt keadaan rosul di gua yg tentram
2-Rosul
3-Org2 beriman yg menegakkan shalat dan menunaikan zakat – kalau dgn Allah saja sdh berani mengabaikan. apalagi dgn mnusia dan yg lain. Qs. 22:40-41 dimanapun mrk berada mrk shalat, zakat (dari harta yg jelas, hak Allah dan hak org2 yg membutuhkan), amar maruf nahi munkar (konsistensi dgn aturan)

Ruku’ : lambang tunduk dan lambang kebersamaan dlm jamaah.

Cara umat memilih pemimpin: tdk memilih org yg lemah, maka oleh sebab itu kita harus menyatu dalam dakwah. Dakwah ini adalah aktivitas yg paling banyak menghasilkan pemimpin. Setiap org harus berada dlm kafilah dakwah, dan bersabar di dalamnya untuk berbuat semaksimal yang dia mampu.

  • Ali bin Abi Thalib ; sekeruh2nya hidup dlm jamaah, masih lebih baik daripada sebening2nya hidup dlm kesendirian.
  • Umar bin khattab : tdk ada islam dlm jamah, tak ada jamaah tanpa imarah, tdk ada imarah tanpa ketaatan.

Dalam realitas yang kita hadapi satu2nya jalan memilih pemimpin sekarang adalah sistem demokrasi, perahu yg lain tdk ada, semuanya di bakar. Jika kaum muslimin dapat menjadi pemimpin di sistem ini, maka harapan untuk menerapkan syariat menjadi semakin besar dalam seluruh lini kehidupan kaum muslimin. Dan kalau tidak memilih, bisa mengarah ke perbuatan yang bernilai haram dan dilaknat karena dengan sengaja melakukan pembiaran yg menyebabkan ummat islam tenggelam dlm samudera kehidupan yang ganas.

Realitas kaum muslimin sekarang ini yang memilih partai sembarangan, memilih ketua kelas sembarangan, memilih RT dan pemimpin-pemimpin publik lainnya dengan tidak serius diakibatkan oleh :

  • Karena masyarakat kaum muslimin, shalatnya belum benar, maka niscaya akan memilih wakil2 yg seperti itu juga levelnya. Saat ini terjadi maka Allah menurunkan azabnya, yaitu seperti yang dijelaskan pada Qs. 20:124-127 – dunia sempit dan diakhirat buta. Saat inilah berlaku hukum sosial ; bagamana mayoritas kalian, begitulah pemimpin kalian.

maka TIDAK BISA TIDAK, bagi KAUM MUSLIMIN harus memperbanyak KADER ORANG-ORANG SHOLEH.

Ada pesan dari Ust rahmat Abdullah :

Sebait catatan nasihat
(Alm) Ustadz Rahmat Abdullah

Gairah Cinta dan Kelesuan Ukhuwah

Setiap kita akan senantiasa diuji oleh Allah SWT pada titik-titik kelemahan kita.

Orang yang lemah dalam urusan uang namun kuat terhadap fitnah jabatan dan wanita
tidak akan pernah diuji dengan wanita atau jabatan.

Tetapi orang yang lemah dalam urusan wanita namun kuat dalam urusan uang
tidak akan pernah diuji dengan masalah keuangan.

Orang yang mudah tersinggung dan gampang marah akan senantiasa dipertemukan oleh Allah dengan orang yang akan membuatnya tersinggung dan marah sampai ia
bisa memperbaiki titik kelemahannya itu sehingga menjadi tidak mudah tersinggung dan tidak pemarah.

Orang yang selalu berlambat-lambat menghadiri pertemuan forum dakwah karena alasan istri, anak, mertua, atau tamu akan senantiasa dipertemukan dengan perkara ‘mertua datang,
tamu datang silih berganti’ di saat ia akan berangkat .. terus begitu sampai ia memilih prioritas bagi aktivitasnya apakah kepada dakwah atau kepada perkara-perkara lain.

Kita semua harus memahami dan mengatasi segala kelemahan diri di jalan dakwah ini. Ingatlah, mushaf Al-Quran tidak akan pernah terbang sendiri kemudian datang dan
memukuli orang-orang yang bermaksiat.

Sungguh teramat merugi…mereka yang mengikuti hawa nafsu kemudian pergi meninggalkan kebersamaan dlm dakwah ilallah, tanpa mau bersabar sebentar dalam ujian keimanan. Tanpa mau mencoba bertahan sebentar dalam dekapan ukhuwah..​
Dan sungguh, Kecewa itu biasa dan manusiawi’ yang luar biasa, siapa saja yang mampu beristighfar dan lalu berlapang dada serta bertawakkal pada-Nya.​ ​
Memang…​ ​ Dakwah ini berat…karenanya ia hanya mampu dipikul oleh mereka yang memiliki hati sekuat baja..
memiliki kesabaran lebih panjang dari usianya.
Memiliki kekuatan yang berlipat.
Memiliki keihklasan dalam beramal yang meninggi.
Memiliki ketabahan seluas lautan, memiliki keyakinan sekokoh pegunungan.​ ​
Siapapun takan pernah bisa bertahan…melalui jalan dakwah ini…mengarungi jalan perjuangan…kecuali dengan KESABARAN!!!​
Karenanya…​ Tetaplah disini…dijalan ini…bersama kafilah dakwah ini. Seberat apapun perjalanan yang harus ditempuh…sebesar apapun pengorbanan untuk menebusnya…tetaplah disini…
Buanglah hawa nafsu dalam mengarungi perjalanannya, karena telah banyak yang bergugugran karenanya. Gandenglah selalu iman kemana saja kita melangkah, karena iman akan menjagamu setiap waktu.​ ​ Seburuk apapun, sekeruh apapun kondisi kapal layar kita, jangan lah sekali2 mencoba untuk keluar dari kapal layar ini dan memutuskan berenang seorang diri…karena pasti kau akan kelelahan dan memutuskan menghentikan langkah yang pada akhirnya tenggelam disamudra kehidupan…​
Jika bersama dakwah saja…kau serapuh itu…bagaimana mungkin dengan seorang diri?? Sekuat apa kau jika seorang diri…???
Yaa Robb..
Kuatkan kami….
Ampuni kami….
Sayangi kami…
Di dunia dan diakhiratMu…

wallahu a’lam

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: