• Akses Cepat Indeks !

  • Translate This Blog

  • Baca Quran

  • Kategori

  • Stat SUFI-Blog

    • 299,329 akses
  • Terbaru nih…

  • Goh Gallery

  • Arsip

  • facebook

    Mohammad Iqbal's Facebook profile
  • Research Gate

    Mohammad Iqbal

Belajar dari nabi Sulaiman

Seri mengaji musalla alitisham, 2feb 2014, Ust. Syukron

perintah mempelajari sejarah.
sampai2 ada surah bernama al qosos.
penting krn :
1- utk meneladani kehidupan para nabi. khususnya nabi muhammad.
– masalah banjir sdh ada kisah nabi nuh, krn tdk menerima dakwah 900 tahun. dan nabi nuh punya solusi menghadapi banjir besar itu.
2- utk memahami kondisi psikologis, sosiologis saat turunnya nash
– tdk memahami nash secara parsial dan picik, shgg tdk berdebat kusir.
– imam syafii, mempersatukan nash2 yg terlihat kontradiktif
3- mendalami dan mengambil ibroh dari peristiwa terdahulu.

belajar dari nabi sulaiman (annaml:15-17) ;
-nabi dan sekaligus raja
-rakyatnya heterogen manusia, jin, hewan, alam semesta
-manajemen bumi dan langit

10 faktor kerajaan/lembaga yg dipimpin sulaiman menjadi kokoh dan kuat :
1. menyadari pentingnya/urgensi nilai2 ilmu (annaml:15) ; saat nabi sulaiman ditawari ilmu, harta dan kekuasaan, beliau memilih ilmu sehingga ketiganya beliau dapatkan.
-nabi sulaiman diberi ilmu dan mensyukurinya (dgn mengamalkannya dn mengunakannya)
-surah yg pertama turun adalah perintah iqro.
-hadits : sebaik2nya wanita adalah wanita anshor wanita, krn mereka sangat semangat mencari ilmu.
– umat islam 16 abad rule the world krn :
a-mereka memegang teguh hadits fardhu cari ilmu sama dgn fardhunya shalat. dosa kalau tdk cari ilmu.
b-mencari ilmu sama dgn menggapai kemuliaan dihadapan Allah dan tentu saja di hadapan manusia. Allah mengangkat derajatnya. tidurnya org berilmu lebih baik dgn sholatnya org bodoh.
c-menyadari bahwa menempuh jalan mencari ilmu sama dgn melangkah mendekat menuju surga.

melihat ke negara kita:
-apbd cuma 20%. baru gratis sampai SD.
-tdk menghargai org berilmu lebih menyukai aktor/penyanyi/hiburan.
-syarat pemimpin/wakil rakyat hrs org berilmu, nyatanya tidak.

tdk ada ibadah yg mengungguli mencari ilmu : duduknya di majelis ilmu 1 jam sama dgn 1 tahun. 1 ayat lebih baik dari sholat sunnah 100 rokaat.

ilmu adalah imamnya amal. kalau mau merusak manusia, rusak saja pemahaman thdp agamanya/ilmunya maka akan rusak hidupnya

melihat negara kita:
-tujuan ilmu dikaburkan, bukan utk menjalankan kewajiban khalifah Allah, tp utk yg lain2nya.
-orientalis melemahkan keyakinan termasuk JIL.

2- kaderisasi estafet kepemimpinan dari daud ke sulaiman.
-contoh gamblang latihan kaderisasi oleh nabi daud. studi problem solver.
-200 sahabat yg terkader oleh rosul sblm wafatnya, 4 org utama, 60 org, utk masalah kenegaraan dan kemasyarakatan.

3-(annaml:16) penguasaan bahasa yg canggih. bahasa dlm makna bahasa verbal dan bahasa tubuh kaumnya/kebutuhan seluruh rakyatnya. sbg pintu masuk interaksi dgn org lain.
– pelajari bahasa, agar selamat. (hadits).
– islam menuntut penguasaan bahasa ibunya, dan bahasa quran.
-zaman abasiyah mengharuskan kaum muslimin belajar bahasa ibrani dll utk menyerap ilmu2 kaum lain.
-bahasa Arab paling lengkap dan kaya dlm menggali makna. ada balaghoh. ada penyederhanaan kalimat.
-bahasa utk berbagai lapisan masyarakat : qoulan ma’rufa, layyina, sadida, tsakila, …
– alasan khutbah jumat hrs singkat padat dan berisi, tdk pakai bahas yg bertele2. spy dipahami masyarakat.
– pemerintah yg simpatik, bisa berbahasa rakyat utk berbicara dgn rakyat kebanyakan yg pendidikannya rendah (lulus s1 cuma 2-5%) dn berbahasa ilmu bagi org2 cerdas di negaranya.

melihat negara kita:
-banyak org ‘berbahasa’ org susah shgg dpt simpati. berbahasa didzolimi.

4- sulaiman mampu mengumpulkan (memanajemen), seluruh rakyatnya yg heterogen berbaris tertib, teratur dan rapih patuh pada sulaiman.
-ilmu manajerial
-semua jamaah punya potensi dan kemampuan, dan diletakkan di tempat yg tepat.
-potensi ide, tenaga, dana, dll. mulailah dgn membuka hati dan pikiran.

hadits:
akan dtg suatu zaman dimana tdk tersisa dari islam kecuali namanya, tdk tersisa dari quran kecuali tulisannya,
ketika quran diperlombakan membacanya, tp tdk ada hidayah yg diturunkan kpd mereka.

diakhir zaman itu akan terjadinya dicabutnya ilmu dgn diwafatkannya ulama. saat itu berlindunglah kalian di rumah2 Allah. belajar agama disana, berzikir, tilawah quran akan diberi hidayah, petunjuk, keamanan dan ketentraman. krn ada interferensi Allah di sana.

30:48-50 Allah yg mengatur cuaca. maka libatkan Allah dlm mengatasi banjir, bencana dll. malah mau ngambil hak Allah dgn merekayasa cuaca.

5-penaklukan sulaiman dlm dakwah
-utk menunjukkan bahwa kekuasaannya itu kecil dibandingkan kekuasaan Allah
-terhadap ratu balqis.

6-kemampuan memberdayakan apa yg dimiliki.
transportasi : angin

7-intensif melakukan pemantauan terhadap kehidupan rakyat dan pekerja2nya.
-sampai jin tdk tahu beliau sdh wafat krn kerasnya mekanisme pengawasan beliau.
-pelajaran kedisiplinan burung bulbul.

8-kekuatan muncul krn intensifnya ibadah kpd Allah.
-hamba yg sholeh mengalahkan jin ifrit.
-takluknya ratu balqis krn melihat kekuasaan dan tawadhu nya beliau dlm beribadah.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: