• Akses Cepat Indeks !

  • Translate This Blog

  • Baca Quran

  • Kategori

  • Stat SUFI-Blog

    • 299,138 akses
  • Terbaru nih…

  • Goh Gallery

  • Arsip

  • facebook

    Mohammad Iqbal's Facebook profile
  • Research Gate

    Mohammad Iqbal

Belajar dari Lebah

Seri Mengaji Musalla Alitisham 15des2013, Ust ahmadi

Qs. Al asr:2-5, menjelaskan 3 kriteria kesuksesan manusia:
-iman
-amal sholeh
-saling menasihati dlm kebaikan

Di habasyah, raja Najasi dibawah kekuasaan roma, walaupun wafatnya diupacarai dgn cara kristen, namun hatinya sdh muslim, krn selalu membela kaum muslimin. Dalam satu riwayat bahkan sampai ada tanya jawab dgn para rahibnya yg tdk puas dengan keimanan beliau. Raja Najasi berkata, “Aku beriman kpd yg ada didadaku (di dlm dadanya terdpt lembaran quran dari jafar bin abdul mutholib), saat wafatnya, Rasul SAW menyuruh kaum muslimin melaksanakan shalat gaib untuknya. Inilah bukti kebaikan akan mendatangkan hidayah. Jangan seperti org2 yg tampilannya sbg org baik, tp malah masuk neraka, karena tidak bersih niatnya, misalnya ulama yg niatnya popularitas, pahlawan yg dikira mati syahid, tapi niatnya utk membela selain agama Allah maka menjadi sia-sia pengorbanannya (hadits)

Qs. An-nahl:66 mengajarkan bahwa
pikiran yg diberikan Allah hrs digunakan semaksimal mungkin. kita diminta hrs dpt menganalisa fenomena alam. kebanyakan kita melihat org dielu2kan hanya krn fisiknya (suaranya, kecantikannya), sering lupa thdp spiritualnya. Kebanyakan kaum muslimin kurang mau berfikir atau mendalami sesuatu, padahal di Quran sering dicontohkan, misalnya di hewan ternak ada pelajaran ; diperutnya ada air susu (kholison – yg sangat steril), tempat prosesnya terletak antara kotoran dan darah tp bisa diminum (mudah ditelan – mulut dan kerongkongan dan dicerna – lambung dan usus) Istilah nusqikum: diberikan sesuai kebutuhan (dlm takaran yg tepat).
Oleh sebab itulah kemudian imam syafii membedakan soal hukum kotoran air seni antara laki2 (mukhofafah) dan wanita (mutawasyitoh).

Fakta lain misalnya menyatakan bahwa kadar asi ibu berbeda antara kiri dan kanan. Maka oleh sebab itu ada kaidah tdk bisa disamakan analoginya dgn obat yg katalisatornya babi jadi halal. krn babi seluruh prosesnya sdh diharamkan, lain dengan kambing/sapi yang  semua bagiannya memang dihalalkan.

Tujuan perintah berfikir bagi manusia :
1. memahami quran dan hadits, banyak ayat ttg amanah quran kpd alam tp mrk menyatakan ketdkmampuannya.
2. memahami konsep aqidah (ikatan, keyakinan yg terikat kpd sesuatu yaitu islam) dan tauhid (konten aqidah adalah tauhid)
3. membela / menjaga kaum muslimin dari pikiran2 yg meracuni keyakinan mereka. menjadi benteng paham2 yg diinjeksikan utk menghancurkan apa yg diajarkan Allah.
4, sbg syiar islam secara substantif bukan sekedar simbol2 ritual.
5. utk kedamaian dan kemaslahatan hidup manusia.

Qs. An-nahl:67
Kurma dan anggur menjadi minuman yg memabukkan dan rizki yg baik, ada hal yg diciptakan Allah secara baik dan besar manfaatnya (rizki yg sangat banyak), tp disalahgunakan oleh manusia, shgg menjadi buruk. ini adalah kesalahan manusia dlm berfikir. ada uranium, tubuh yg indah, narkotika, psikotropika. kita kehilangan banyak potensi yg dikaruniai Allah krn kita terlambat dlm berfikir dan menguasai cara pengolahannya. spt yg terjadi di negara kita.
– salah guna tdk sesuai peruntukannya.
– menyerahkan kpd org yg salah
– membiarkannya

Qs. An-nahl:68
Contoh pada lebah yg membuat rumah (tradisi hidup mereka yg diwahyukan- segi enam sangat efektif ruang2nya -semua lebah di dunia sama):
– dipegunungan. jarak mencari makan mereka sangat luas
– di batang2 pohon

Lebah mengambil manfaat dari bunga, tanpa merusak sumbernya. Lebah tdk saling berebut bunga krn keyakinannya setiap individu dpt rizki masing2.

Wahyu (bisikan halus) :
– ilham utk nabi dan manusia biasa
– pada hewan
– insting yg merupakan program bgmn pola hidup mrk

Qs. An-nahl:69
Makanlah dari buah2an dan tempuhlah jalan yg telah dimudahkan. keluaran lebah, madu murni sangat bermanfaat. dari sari bunga yg bermacam2. Allah memberi kunci2 bagi manusia utk berusaha mendptkan rizki dari karunianya di alam yg sangat banyak. tp perlu dipikirkan metodenya.

Masih belajar dari lebah – keluarnya keringat mencari rizki itu bernilai besar di mata Allah. berusaha sebesar2nya semoga mndptkan hasil yg sebesar2nya utk org lain (Qs.al mukminun : sifat kaum mukmin yg banyak berbuat org lain). Perintah amat gamblang untuk melihat dunia berdasarkan ayat2 Allah.

Tanya jawab :

(1) Statemen, “yg mengatakan sahabat abubakar dll masuk surga akan masuk neraka”, oleh org syiah :
1. mengingkari ayat 9:100 : assabiquna awwalun
2. mengingkari hadits nabi yg menyebut2. nama2 mrk masuk surga, pada saat menjelang wafatnya – (setelah melalui analisis dari sepak terjang mrk). bukan diawal2 islam disebarkan.

Bagaimana cara kita meneladani sahabat nabi SAW : sahabat itu banyak, ambillah salah satu profil mereka dan lakukanlah utkmu, maka kalian akan mendapatkan petunjuk (hadits). – sebab ada ayat2 Quran yg turun krn mereka ini.

Imam Al Qurtubi – sistem kehidupan modern yg diterapkan di cordoba.

tdk boleh seorg muslim itu melaknat. syiah itu anarkis, krn suka melaknat.

Umat islam belum bersatu, banyak yg berafiliasi dgn thogut. ilmuan sdh banyak, tp blm disinergikan dlm satu visi yg sama, berserakan. – dikebiri pula oleh barat / musuh2 islam. jarang diundang dlm pertemuan yg mengurusi permasalahan dunia.
– PR bgmn menyatukan hati kaum muslimin.

Kemenangan didatangkan Allah melalui :
– lewat yg sederhana
– lewat pertolongan Allah
– lewat istiqomah perjuangan kaum muslimin.

jika pendekatan politik agak sulit. bidang yg lain hrs lebih lagi ; ekonomi, hukum, sains.

Tantangan bagi kaum muslimin :
-kedzoliman orang2 kafir
– kebodohan dan kelemahan kaum muslimin
– pemahaman quran masih secara letterlek blm pemikiran lebih lanjut.

2. Gerakan kaum muslimin budi agung dan sekitarnya terhadap aliran sesat, ldii dan syiah perlu dikoordinasikan dengan terpadu, sebab alasan berat bagi yg tobat dari aliran sesat, krn bersama kaum muslimin kebanyakan ternyata :
– pengajiannya masih kurang intens
– ekonomi tdk diperhatikan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: