• Akses Cepat Indeks !

  • Translate This Blog

  • Baca Quran

  • Kategori

  • Stat SUFI-Blog

    • 300,769 akses
  • Terbaru nih…

  • Goh Gallery

  • Arsip

  • facebook

    Mohammad Iqbal's Facebook profile
  • Research Gate

    Mohammad Iqbal

Bagi Mukmin ; Hidup adalah Perjuangan

Seri mengaji Tafsir Alhijri, Qs. Assyuara: 63-68, Ust. Didin H., 9/8/2013 05:35

Bagian terakhir kisah firaun di surah ini. Dijelaskan ttg kehancuran atheis materialistik lawan org beriman dan bertauhid

Kesabaran ketekunan menghadapi godaan dan tantangan, maka mengundang pertolongan penyelamatan Allah bagi org beriman dan penghancuran org2 kafir walau mereka punya segala2nya.

Kita hanya diperintahkan beriman beramal sholeh dan Berbuat, dan soal hasil adalah urusan Allah swt. Kemenangan hakiki adalah keberpihakan kita kpd Allah dan nilai2 yg baik bukan sekedar menang secara fisik yang dangkal.

Hikmah yg dapat diambil dalam ayat ini :

1. Hidup adalah perjuangan ; perpaduan niat yg baik dgn aktivitas. Bukan sekedar memenuhi kebutuhan konsumsi. Tentu akan Penuh tantangan utk menghadapi tantangan dari org2 yg kontra. Tantangan adalah bukti cinta / ujian dari Allah. Kita terus saja banyak berbuat mempersembahkan apa yg terbaik. Agar bermuhasabah terus dan tdk berkeluh kesah atau bahkan menyalahkan org lain.

29:1-3 ujian adalah bagian dari penguatan keimanan. Org beriman pasti diuji. Maka terlihatlah mana yg beriman mana yg berdusta dgn keimanannya.

2. Hidup ini melaksanakan tugas utama yaitu amar maruf nahi munkar.  Disemua bidang kehidupan. Hrs terlihat keberpihakan kpd dakwah. Dgn jabatan misalnya dirut bumn, dgn mengeluarkan sk zakat utk bawahannya maka penerimaannya dari 100jutaan langsung berubah menjadi sekian milyar perbulan.
Jadilah pemain dan berpihak dlm dakwah, pelopor kebaikan akan mendapatkan :
1. Diberikan al falah kesuksesan, kebahagiaan hakiki, diistimewakan  3:104
Ummat islam sering dibilang pembuat keributan. Padahal Troublemaker adalah mrk yg memaksakan pikiran dan aktivitas yg menyimpang dari ajaran islam dgn dalih budaya dan seterusnya.  Reaksi ummat diopinikan sebagai susahnya menerima kemajuan, tdk toleran dan keburukan bahkan diarahkan kepada kekerasan yg harus diberantas. Dlm kasus miss world saja mereka berusaha membenturkan ummat islam dgn hindu padahal oknum pemerintah balilah yg sesungguhnya dikendalikan pengusaha kapitalis utk menbiarkan terus ketelanjangan di wilayahnya.

2. Diberikan predikat khoiru ummah
3. Didatangkan Pertolongan Allah

Spt kisah nabi yusuf, perintah nabi yaqub utk masuk lewat pintu yg bermacam2 adalah ikhtiar beliau agar dpt menemukan yusuf.

3. Di dlm berjuang, yg diutamakan prosesnya / amaliyahnya bukan hasilnya. Orientasi pada kerjanya. Boleh melihat hasil, tapi utk evaluasi memperbaiki proses2 selanjutnya. Nabi nuh 950 tahun dakwah, yg ikut cuma 40 orang dan anak istrinya pun tdk berpihak padanya. Lihat tahun 70 dan 80an, dimesjid cuma ada org2 tua, sekarang banyak anak2 muda. Lihat para pemakai jilbab sekarang, dulu cuma org2 dipesantren. Lihat para penghafal quran sekarang, begitu ramainya.
16:125 dgn dakwah bil hikmah (melihat situasi, ortua pendekatan khusnul kotimah, anak muda dihimbau agar bergerak dan berbuat, anak2 kecil dgn permainan dan kegembiraan), bil hasanah (nasihat2 yg baik dan keluar dari hati agar mdh masuk ke dlm hati), berdiskusi dgn cara yg baik, tegas tdk mencaci maki, hasilnya Allah jauh lebih mengetahui krn Dialah pemberi hidayah dan mana yg disesatkan.

4. Keikhlasan dan kesungguhan (Mujahadah) inilah kisah pengejaran thdp nabi musa oleh firaun. Kaum beriman diselamatkan.

Wallahu a’lam…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: