• Akses Cepat Indeks !

  • Translate This Blog

  • Baca Quran

  • Kategori

  • Stat SUFI-Blog

    • 314,667 akses
  • Terbaru nih…

  • Goh Gallery

  • Arsip

  • facebook

    Mohammad Iqbal's Facebook profile
  • Research Gate

    Mohammad Iqbal

Pelatihan shalat khusyu untuk anak-anak

image

Hari ini, ahad hari kedua di bulan juni 2013 berlangsung pelatihan shalat di pesantren imam Masjid Al Hilal untuk anak-anak mulai kelas 4 SD sampai usia smp. Zaidan anakku termasuk yang ikut serta, walaupun masih di kelas 2 SD, tapi insyaAllah sudah bisa mengikuti, karena aku yakin urusan mencari ilmu pastilah di dalamnya ada kemudahan dan pergaulan anak-anak sekarang sangat terlihat bahwa mereka berkembang sangat cepat sekali melebihi ketika zaman orangtuanya ini berada di usianya dulu.

Sejak pagi ketika mengisi daftar hadir, aku melihat terlihat antusiasme anak-anak berdatangan satu demi satu ada yang berombongan dengan berjalan kaki, ada pula yang berombongan naik sepeda bahkan ada pula yang masih kelas 1 SD pun turut serta sampai yang kelas 9 di SMP yang paling tua. Sekitar 60 orang sudah berkumpul  ketika acara dimulai pukul 9.

Diawali dengan menonton video kesalahan-kesalahan yang banyak dilakukan oleh orang-orang yang melaksanakan shalat.  Lalu pembukaan Ice breaking yang menjelaskan secara gamblang dalam bahasa yang mudah dipahami anak-anak tentang makna dan untuk apa kita semua melakukan shalat. Setelah itu anak-anak semakin aktif saat di ajari kembali dan dikoreksi oleh para kakak santri pembimbing setiap gerakan sholat mereka, sambil menunjukkan visualisasi contoh-contoh gerakan yang dicontohkan nabi pada layar proyektor. Mereka langsung mempraktekkannya dan banyak sekali kelucuan-kelucuan yang terjadi,  Ketidaksempurnaan gerakan kemudian diperbaiki dan diapresiasi sehingga mereka semakin menikmati pelatihan ini.

image

image

Acara menjadi lebih seru dengan adanya permainan disela-sela penyampaian materi. Salah satunya adalah saling memijit satu sama lain, menghilangkan rasa pegal setelah berlatih ruku’ dan sujud. Selain itu ditambah lagi dengan yel-yel ; makannya biasa, mainnya biasa, sholatnya LUAR BIASA !

Kemudian materi selanjutnya adalah giliran bacaan sholat yang diingatkan kembali. Para kakak santri memberikan tantangan pada peserta yang berani mewakili perserta yang lain untuk maju ke depan memberanikan diri membaca bacaan shalat dari awal sampai akhir. Subhanallah, anak-anak sholeh ini rata-rata sudah hafal bacaan shalat. Sehingga tinggal menyempurnakannya saja. 

image

Di bagian akhir acara pelatihan ini, setelah para peserta mengambil wudhu kembali, mereka melaksanakan shalat hajat dua rakaat, sendiri-sendiri namun dipandu bacaannya baik yang diucapkan maupun doa-doa dalam hati. Ust. Agus memimpin acara ini, sementara kakak-kakak santri lainnya menjalankan stop watch untuk mengukur waktu shalat mereka. Beberapa dari mereka cukup surprise ketika melihat waktu shalat 2 rakaat mereka yang bacaannya dilakukan perlahan-lahan dengan gerakan yang sempurna ternyata mengambil waktu hamper 9 menit. padahal tasbihnya biasa saja jumlahnya yaitu diulang 3kali saja.

Setelah bersalaman, para perserta bersama Ust. Agus dan kakak-kakak santri berfoto bersama dan segera melaksanakan shalat dzuhur berjamaah yang dipimpin oleh Ust. Sambo. Selesai shalat Ust. Sambo berpesan agar anak-anak selalu berusaha mengerjakan sholat dengan sempurna, perlahan-lahan dan bersabar untuk tidak terburu-buru. Sebab shalat adalah senjata, sholat adalah sarana untuk mendapatkan kasih sayang Allah, jika sudah dilaksanakan dengan sebaik-baiknya InsyaAllah pertolongan dan rahmat-NYA akan selalu melingkupi kehidupan kita semua. dan setelah itu yang terpenting juga adalah jangan lupa untuk selalu mendoakan orangtua masing-masing.

Jazakallah khoiron. InsyaAllah ikhtiar membina anak-anak ini menjadi washilah kebaikan dalam menyelamatkan generasi ummat Islam di masa yang akan datang menjadi generasi yang sehat, kuat dan sholeh, sehingga kejayaan Islam dapat tercapai. Amin. 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: