• Akses Cepat Indeks !

  • Translate This Blog

  • Baca Quran

  • Kategori

  • Stat SUFI-Blog

    • 314,466 akses
  • Terbaru nih…

  • Goh Gallery

  • Arsip

  • facebook

    Mohammad Iqbal's Facebook profile
  • Research Gate

    Mohammad Iqbal

Rute ke KBRI Paris…

Kali ini aku ingin menuliskan lagi informasi ringan tentang rute perjalanan di kota Paris. Sampai saat ini ada beberapa tulisan tentang ibukota Perancis ini yang telah kubuat, misalnya bertualang dengan metro , cari souvenir murah dan beberapa tulisan wisata ke situs2 terkenal seperti tour Eiffel, Museum Louvre. de el el.. (silahkan cek di Akses cepat index tulisan blog ini)

Pada Setiap tahun ajaran baru, selalu banyak para pelajar yang datang ke negerinya Napoleon ini. Selain itu, legendarisnya kota Paris tentu akan meningkatkan kunjungan wisatawan Indonesia, terutama pejabat yang mau studi banding (he he he.. ). Nah, sebagai WNI, kita tentu harus tahu dimana tempat Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di kota Paris. Karena di tempat inilah, kita sebagai rakyat mestinya diayomi dan dilindungi dengan baik di Perancis. Setidaknya begitulah yang tercatat dalam Kepres RI No.108 Thn.2003 Tentang Organisasi Perwakilan RI Di Luar Negeri, Pasal 3 nomor 4c  yaitu KBRI akan menjalankan fungsi pengayoman, pelayanan, perlindungan dan pemberian bantuan hukum dan fisik kepada Warga Negara Indonesia dan Badan Hukum Indonesia, dalam hal terjadi ancaman dan/atau masalah hukum di Negara Penerima, sesuai dengan peraturan perundang-undangan nasional, hukum internasional, dan kebiasaan internasional.

Di KBRI ini pula kita mengurus berbagai hal yang berhubungan dengan administrasi kependudukan selaku WNI seperti pengurusan perpanjangan passport atau pembuatan baru karena kehilangan, atau mengurus kewarganegaraan bayi2 yang dilahirkan, dsb. Juga tentunya bagi WNI baik pelajar atau pekerja atau siapa pun yang tinggal lama (lebih dari lima hari di Perancis), maka diharapkan dapat melaporkan keberadaan dirinya kepada Perwakilan RI setempat. KBRI Paris inilah jika terjadi sesuatu kepada WNI di negara Perancis, yang menjadi tempat berlindung dan mencari solusi bagi kita. Untuk itulah, alhamdulillah, KBRI disitus webnya menyatakan ada layanan 24 jam untuk kita warga Indonesia jika tertimpa kesulitan (bravo KBRI !!…).

Nah, tulisan ini akan memberikan beberapa rute menuju KBRI Paris bagi sahabat2 yang kebetulan ingin berhubungan dengan KBRI. Aku mencoba mengumpulkan beberapa alternatif rute menggunakan transportasi massal yang murah meriah (bukan naik taxi), karena banyaknya pertanyaan yang disampaikan kawan2ku di sini.

Pertama, foto KBRI Paris sampai tahun 2010 ini dapat dilihat di ilustrasi gambar di bawah ini.

dari : bion.cz.cc

Alamat lengkapnya KBRI Paris adalah :

47-49 RUE CORTAMBERT, 75116, PARIS.

Penomoran gedung di Perancis umumnya diletakkan di depan nama jalannya, berarti KBRI Paris ada di gedung no. 47-49 di jalan (rue) Cortambert.

Selanjutnya, berikut ini beberapa rute menuju KBRI Paris dari tempat2 perhentian yang umum didatangi orang2.

1. Dari GARE DE LYON ;

Selain jadi stasiun kereta internasional, ini adalah perhentian kereta TGV yang berasal dari daerah2 luar paris bagian selatannya. Mereka2 yang datang dari wilayah tenggara yaitu Dijon, Lyon, Toulouse dan Marseille ataupun yang datang dari barat laut dan barat daya seperti rennes, nantes, dan Bordeaux. silahkan mengakses rute di bawah ini.

Ada dua kemungkinan jalur metro :

  1. YG PERTAMA dari gare de lyon naik Metro 1 jurusan La Défense turun di “Charles de Gaulle Etoile”, ganti Metro 6 jurusan Nation turun di “Passy”
  2. YG KEDUA dari gare de lyon naik Metro 1 jurusan La Défense turun di “Franklin D. Roosevelt, ganti Metro 9 jurusan Pont de Sèvres turun di “La Muette”

2. Gare de L’Est ;

Jika sahabat berasal dari Timur laut Perancis disinilah sahabat memulainya.

  1. Metro 5 jurusan Place d’Italie turun di “République”, ganti Metro 9 jurusan Pont de Sèvres turun di “La Muette”
  2. Metro 5 jurusan Place d’Italie, turun di terminus “Place d’Italie”, ganti Metro 6 jurusan Charles de Gaulle Etoile turun di “Passy”

3. Bandara Charles de Gaulle ;

Ini adalah jalur bagi yang mau langsung ke KBRI setelah mendarat dari Bandara Internasional CDG . Umumnya orang Indonesia mendaratnya di bandara ini jika menggunakan pesawat2 timur tengah.

  1. RER B menuju Paris, turun di “Denfert Rochereau”, ganti Metro 6 jurusan Charles de Gaulle Etoile turun di “Passy”
  2. naik bus Airfrance dari airport no. 4 jurusan Montparnasse, turun di Gare de lyon (seorang teman membuat file pdf utk ini, thanks to Pras), dari Gare de Lyon, ikuti petunjuk no. 1 di atas.

4. Bandara Orly ;

  • Orly Val sampai “Antony”, ganti RER B sampai “Denfert Rochereau”, ganti Metro 6 jurusan Charles de Gaulle Etoile turun di  “Passy”.

Nah, setelah sahabat sampai di stasiun2 metro yang kusebut di atas, yang harus dilakukan adalah keluar dari sub way, lalu identifikasi sendiri arah menuju Rue Cortambert, tempat KBRI Paris berada. Beberapa stasiun perlu waktu 3-5 menit perjalanan yang dapat ditempuh dengan jalan kaki.

Itu dulu deh, Mudah2an dapat dimanfaatkan oleh yang membutuhkan. Bon Voyages…

Iklan

4 Tanggapan

  1. saya sangat suka dengan Paris,kebetulan saya pernah datang ke KBRI Paris dan liburan dsna sekitar seminggu lebih.

  2. […] Re-posting dari Blog tuanSUFI […]

  3. Kak Iqbal.. izin re-post di blog ku karena ini banyak anak2 baru..

  4. […] Lapor diri ke KBRI/KJRI, hal ini penting karena wakil negara kita adalah lembaga tersebut, jangan menghungi KBRI/KJRI ketika sudah bermasalah. Untuk rute ke KBRI bisa baca Rute ke KBRI Paris reblog dari Tuan Sufi […]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: