• Akses Cepat Indeks !

  • Translate This Blog

  • Baca Quran

  • Kategori

  • Stat SUFI-Blog

    • 299,138 akses
  • Terbaru nih…

  • Goh Gallery

  • Arsip

  • facebook

    Mohammad Iqbal's Facebook profile
  • Research Gate

    Mohammad Iqbal

Oase Ilmu Video Project 2010

Sahabat di di Dijon dan Le creusot, ketika membaca informasi di situs PPI Australia Victoria yang mendokumentasikan berbagai kegiatan pelajar Indonesia di sana dalam bentuk film dokumenter pendek, kami langsung menyadari bahwa hal ini adalah salah satu bentuk pelaporan yang baik untuk para pemberi beasiswa kita sekaligus bisa dijadikan alat motivasi bagi teman2 kita yang ada di Indonesia untuk menambah semangat mencari ilmu dimana pun berada.

Maka setelah berbincang dengan teman2 di Le Creusot, kami menyusun materi2 yang dapat digunakan dalam memproduksi film dokumenter pendek lalu mencoba membuat 2 seri film perdana sebagai contoh bagi sahabat semua. Ini supaya lebih jelas idenya dapat terlihat oleh sahabat semua, seperti kata pepatah Arab ‘man ushulun fahuwa mas ulun’ (siapa yg punya ide, laksanakan langsung’)

Ternyata setelah dilaksanakan, proyek yang kami namakan Oase Ilmu ini adalah satu pekerjaan yang tidak sulit dan murah meriah, asal mau menyediakan waktu sedikit di sela2 kesibukan riset kita di laboratorium. Berikut ini gambaran kebutuhan2 yang harus ada dalam melakukan proyek film dokumenter ini :

1. Handycam apa saja dan tripodnya
2. tempat shooting : biasanya di tempat kerja kita, di lab atau di taman atau di tempat2 khas tempat kita beraktivitas.
3. naskah produksi : merupakan teks yang akan kita baca dalam shooting
4. Shooting list : apa saja yang harus di ambil videonya, selain sang tokohnya berkata2.
5. Naskah presentasi untuk ilustrasi riset yg kita kerjakan.
6. Video Editing software ; dilakukan penyeragaman dalam format pada pembuka, transisi dan penutup.
7. 3 orang dalam setiap shooting : tokoh utama, kameramen dan yang pegang naskah untuk dibaca sang tokoh utama.

Ketika kami membuat dua seri pertama Oase Ilmu ini, ternyata memakan waktu sekitar 5 jam untuk shooting mengambil semua materi video yang dibutuhkan (ini utk video saya dan Pras) dan perlu sekitar 2 hari untuk melakukan video editingnya. yang jelas kami mencoba membuat video yang berkualitas DVD dengan efek suara dan gambar yang jelas dan informatif dengan durasi 7-9 menit, sehingga bisa di upload di youtube atau situs2 video sharing lainnya di internet.

nah, karena kesibukan kita masing2, saya mencoba memikirkan bagaimana sahabat2 semua bisa mendokumentasikan kegiatannya masing2 secara mandiri. Misalnya pertama buat dulu script naskah produksi, shooting list dan presentasi ilustrasi risetnya (semua bisa dilihat di attachment email ini). lalu yang punya handycam dan tripod ambil video kegiatannya dan transfer dalam bentuk digital (kualitas DVD). Pokoknya syarat kualitas produksinya adalah :

* video tdk goyang, pakailah tripod
* suara tidak terlalu kecil atau penuh noise lingkungan sekitar

Pengennya sih kita punya tim untuk melakukan video editing supaya bisa terlihat ‘seragam’ format produksinya, tapi karena yg punya kemampuan editing video saat ini baru pras doang, maka pras – katanya sih – akan berusaha membantu dalam proses editingnya (soalnya kan komputer barunya canggih banget loh… he he he). Tapi untuk mengurangi ketergantungan pada satu orang saya menganjurkan bagi sahabat2 semua yg punya kesempatan untukbelajar dari pras bgmn cara editing sendiri secara sederhana. Terus terang kasihan juga kalo kita ngerjain pras melulu, tapi itulah kekurangan kita saat ini.

Nah ada yg sumbang saran buat prroyek Oase ilmu ini ?

Mau lihat hasil produksi Oase Ilmu di youtube : http://www.youtube.com/user/indobourgogne

Nb. Sabtu ini kami di le creusot Insya Allah membuat 2 seri lagi video oase ilmu Ruddy dan Harya.

Berikut ini, Pras juga merangkai behind the scenes dari proyek Oase Ilmu. Silahkan langsung saja menuju ke TKP di bawah ini :

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: