• Akses Cepat Indeks !

  • Translate This Blog

  • Baca Quran

  • Kategori

  • Stat SUFI-Blog

    • 304,857 akses
  • Terbaru nih…

  • Goh Gallery

  • Arsip

  • facebook

    Mohammad Iqbal's Facebook profile
  • Research Gate

    Mohammad Iqbal

Senangnya dapat Kartu VISA Custom

Ini adalah kisahku lagi, kini berhubungan dengan uang. Bukan soal materialistik, tapi sekedar berbagi pengalaman memanfaatkan layanan keuangan yang merupakan salah satu alat bantu vital dalam kehidupan sehari-hari negeri bermenara Eiffel ini.

Selain uang tunai euro, travel check dan Kartu bank yang disebut CB  (Carte bleue) menjadi alat pembayaran resmi di Perancis.  Setelah membuka account bank baru, kita akan biasanya akan mendapatkan kartu debet yang dikombinasikan dengan layanan pembayaran internasional seperti VISA atau MASTERCARD (tergantung tipe2 account yg ditawarkan oleh bank) dan sebuah buku check. Di pusat2 perbelanjaan di perancis ini, tidak aneh jika seseorang membayar belanjaannya dengan check.

Dari sekian bank yang ada di Perancis yang memiliki layanan khusus untuk pelajar, aku memilih LCL (Le Credit Lyonnais). Beberapa kelebihannya adalah saldo minimal boleh mencapai 0 euro, kita bisa membatasi plafon pembayaran pribadi setiap bulan maksimal 2500 euro, pengambilan via ATM LCL per 3 hari maksimal 500 euro, pengambilan via ATM bank lain maksimal 200 euro per hari dan pengambilan via internasional seperti VISA atau MASTERCARD 500 euro per 3 hari.  Plafon2 ini bermanfaat untuk melindungi uang kita supaya tidak begitu saja bisa ditarik banyak sekaligus.

Selain itu aku pun diberikan akses saldo serta kemampuan transaksi elektronik via internet, yang dilindungi dengan asuransi atau kartu debet virtual yang bisa diset untuk keamanan berjual beli di internet yang bisa diset saldonya hanya sebesar harga yang ingin kita bayarkan.

Hampir 3 tahun ini, aku mendapatkan kenyamanan bertransaksi menggunakan layanan dari bank LCL ini. Untuk belanja keperluan sehari-hari di Perancis, untuk bertransaksi di internet, atau bertransaksi di luar perancis (jerman, belanda, swiss, italy, singapura, korea, UEA, bahkan glodok) pun dapat dilakukan dengan sukses. lebih2 ketika aku mengetahui, bahwa biaya2 yang dikeluarkan untuk jasa pelayanan dari bank ini ternyata masih lebih murah dengan layanan sejenis dari bank Populaire atau bank2 lainnya.

Nah, dalam dua tahun tahun terakhir ini, ternyata untuk pelajar ada layanan untuk kolaborasi kartu ATM LCL dengan kartu anggota ISIC (International Student Identity Card). Sayangnya begitu aku tanyakan, mereka membatasi umur maksimal 26 tahun untuk bisa mendapatkan kartu ini, yang berarti tidak berlaku bagi ‘pelajar tua’ seperti aku ini. Bagusnya LCL menyediakan layanan lain yang menarik, yaitu untuk personalisasi kartu ATM dengan foto2 pribadi kita. Dan proses editnya pun disediakan secara mandiri di situsnya, mudah dan cepat. Sarana menyalurkan ke-narsis-an diri :). Coba lihat gambar di bawah ini, mantap kan…?

(Di atas ini adalah kartu ATM Visa LCL-ku sejak 2008)

(Nah, yang ini setelah dipersonalisasi di situs lcl.fr, dan akan menjadi kartu ATM ku selanjutnya… )

2 Tanggapan

  1. Mas, Thanks sharingnya. Saya September depan rencana akan kursus 9 bulan di Perancis. Dapet allowance dari perusahaan dalam bentuk USD.
    Mohon infonya nih:
    – rencana saya akan terima fisik USD langsung dari perusahaan
    – saat ini rate exchange USD ke EURO kan sedang bagus, apakah saya tukarkan saja ya semua ke fisik EURO.
    – Kalau iya, apakah semua uang itu saya bawa secara fisik, rinskan juga securitynya.
    – Apakah ada bank di indonesia yg bisa untuk tempat sementara dan bisa di transfer dibank di perancis?
    – Tips diatas bermanfaat, kita seumuran mas saya 36th saat ini.
    Thanks infonya dan tips untuk kasus saya.
    salam,
    Anton

    • Salam kenal mas Anton.

      Memang betul utk membawa semua uang cash dalam perjalanan sangat tidak disarankan. Tetapi paling tidak, mas Anton bawa uang cash untuk keperluan 2 s/d 3 bulan ke depan saja (sbg patokan utk ukuran mhs : akomodasi+makan masak sendiri+transport=sekitar 750-900euro/bln) atau kira2 sekitar 2000-3000 euro cukup lah.

      Nah begitu sampai di perancis segera ke bank utk buat account baru, mereka hanya butuh passport dan alamat tempat tinggal sementara saja. Ini penting krn mas anton akan tinggal sekitar 9 bulan.

      Baru setelah punya account bank di perancis, proses transfer bisa dilakukan dari bank apa pun di Indonesia ke account bank perancis mas anton. Supaya lebih pasti, perlu juga utk tanya2 dulu biaya transfer ke pihak bank di Indonesia lalu bandingkan dengan menggunakan jasa Western Union. Pilih yg paling murah 🙂

      mungkin itu saran saya mas. Mudah2an membantu. btw, di kota mana mas anton akan bertugas?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: