• Akses Cepat Indeks !

  • Translate This Blog

  • Baca Quran

  • Kategori

  • Stat SUFI-Blog

    • 346,032 akses
  • Terbaru nih…

  • Goh Gallery

  • Arsip

  • facebook

    Mohammad Iqbal's Facebook profile
  • Research Gate

    Mohammad Iqbal

Peran Staf Gunadarma dalam kegiatan KBRI Paris dan PPI Perancis

Kesempatan untuk meneruskan pendidikan di negara orang, menjadi salah satu motivasi kuat bagi para staf Gunadarma untuk terus menambah pengetahuan & keahlian di bidang kajiannya serta tak lupa terus berkarya untuk masyarakat.

Aktivitas yang cukup berat di tempat penelitian masing2 dan beban kuliah yang tidak ringan, ternyata tidak mengurangi semangat mereka ini untuk menyediakan waktu mengurus berbagai kegiatan kemasyarakatan di sekitar tempat aktivitas kesehariannya. Di Perancis ini misalnya, para dosen dan staf yang kebanyakan berada di daerah Bourgogne (dijon dan le creusot) telah membuat berbagai kegiatan sosial sambil berusaha menjalin hubungan yang erat dengan masyarakat sekitar seperti keluarga2 indo-franco, Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI) Perancis dan tentu saja KBRI Paris. Silaturrahmi yang intensif menjadi sarana untuk itu semua. Silaturrahmi yang tidak hanya dilakukan dengan cara konvensional saling kunjung mengunjungi setiap saat atau mengambil momen2 seperti lebaran, syukuran, atau sekedar kegiatan ringan olah raga bersama. Tetapi juga silaturrahmi melalui sarana internet seperti email dan chatting. Kesemua itulah yang menumbuhkan ‘jalinan kedekatan’ yang ternyata menjadi modal yang kuat untuk melaksanakan kegiatan2 kemasyarakatan yg lebih besar lagi.  

Kemudian setelah itu, diwujudkanlah beberapa kegiatan besar kebudayaan dan kuliner indonesia di Daerah Talant, Arc sur tille, dan France ville. Acara2 yang dilaksanakan dengan bekerja sama dengan keluarga indo-franco, dalam bentuk  acara soiree (‘malam keakraban’) & Repas (makan siang) ‘ala indonesia serta membuat panggung pertunjukan tari2an dan lagu2 daerah Indonesia. Semua ini bukanlah kegiatan main2, karena level acara ini termasuk dalam level komunitas (communee) bahkan level kota di Perancis yang dihadiri keluarga2 Perancis asli yang sangat antusias mengikutinya. Tentu saja kemudian dukungan dari KBRI Paris pun datang kepada kami. Sampai2 para pejabat KBRI datang bersilaturrahmi ke dijon dalam acara makan siang dengan para pelajar dan para keluarga indo franco di daerah bourgogne dan sekitarnya.

Selain itu juga, kami beberapa kali melakukan berbagai kegiatan menyambut tamu2 pejabat dari Indonesia yang kebetulan datang ke Dijon. Sengaja, kami berkoordinasi dalam mengatur acara ‘sight seeing’ kota, mendampingi mereka berkeliling sambil menjelaskan beberapa hal tentang kota dijon dan – tentu saja –  mengantarkan ke tempat2 yang paling disukai pejabat Indonesia yaitu tempat belanja :). Walau pun hati ini tetap ngga bisa lupa kepada beasiswa yang  pas-pasan dan kurang lancar, kami tetap mendampingi mereka dengan gembira (sambil sedikit pusing karena kepengen… he he he, kok bapak2/ibu2 kita itu ngga inget perasaan kita ya pas belanja).

Dalam beberapa kegiatan menyambut tamu ini juga, jika harus berhubungan dengan Universite de Bourgogne, para staf gunadarma juga tidak segan2 berkoordinasi dengan pihak pengelola universitas. Apalagi saat datang kesempatan menyiapkan acara penandatanganan nota kesepakatan Universitas Gunadarma dan Universite de Bourgogne beberapa saat yang lalu. Selain senang karena ibu rektor beserta rombongan akan datang ke Universitas Bourgogne di Dijon, para staf Gunadarma menyiapkan acara khusus makan malam dengan seluruh profesor dan dosen2 Perancis yang punya hubungan dengan Universitas Gunadarma.

Status para staf sebagai pelajar, membuat kami bersentuhan pula dengan kegiatan organisasi PPI Perancis, yaitu dengan dibentuknya PPI Dijon yang menjadi wadah organisasinya.  Beberapa dari para staf Gunadarma juga terlibat dalam organisasi PPI Perancis pusat. Katakanlah, Elfitrin yang sejak awal kedatangannya 3 tahun yang lalu sudah turut serta dalam berbagai kegiatan PPI Perancis sebagai pengurus. Berbagai acara penting PPI dunia pun sempat dijalaninya.

Lalu kegiatan Euro tour 2009 PPI Perancis ke Austria, Swiss dan Bratislava diikuti oleh Iqbal, Musa, Debyo dan Aning. Suatu acara silaturrahmi antar pelajar di Perancis yang ternyata membuka jaringan persahabatan baru dari ujung utara sampai ke ujung selatan perancis. Dari acara ini semakin terbuka kesempatan pula untuk turut berpartisipasi menyumbangkan tenaga dan pikiran dalam mengelola situs ppi perancis (ppifrance.fr), yaitu dimana Iqbal dan Musa menjadi penanggungjawabnya.

Pada hari batik, para staf baik di dijon maupun di le creusot berinisiatif untuk kompak berbatik ria ke tempat aktivitas masing-masing. Sore harinya bahkan kami berkeliling sekedar membuat sesi foto2 di tempat2 tertentu. Di Le creusot, kami mendapat pengikut dari spanyol , US dan Mexico yang ikut berbatik ria bersama kami

Pada kegiatan OKTI (Olimpiade Karya Tulis Inovatif) 2009 PPI Perancis,  7 paper yang dikirimkan oleh para staf gunadarma ini. Satu orang lolos untuk dipresentasikan, lainnya tidak lolos karena harus terlibat sebagai panitia dalam kegiatan ini (ada aturan bahwa panitia tidak boleh menjadi finalis). Saat acara presentasi finalis OKTI berlangsung  Aries, Cut, Iqbal, Sunny, Musa, Debyo, Aning ikut berpartisipasi disana. Dan Alhamdulillah, jaringan persahabatan semakin luas lagi ke seluruh perwakilan PPI di dunia.

Baru-baru ini, PPI Perancis melaksanakan kegiatan BAMUS (Badan Musyawarah) untuk regenerasi kepengurusan. Kiprah para dosen Gunadarma ini salah satunya adalah membuat sistem pemilihan online di situs PPI Perancis. Data pemilih tetap yang dikumpulkan oleh panitia pemilihan, kemudian diolah dan dijadikan sebagai user yang berhak memilih. Interfacenya dibuat semudah mungkin dan berjalan dengan baik. Yang terlibat dalam acara ini adalah Iqbal, Aries, Ruddy dan Musa.

Saat sidang Bamus akan dimulai, ternyata ketua Bamus PPI Perancis tidak bisa hadir karena sakit, beliau menunjuk 3 orang pengganti untuk memimpin sidang pertanggungjawaban PPI 2008/2009. Salah seorang yang diberikan kepercayaan ini adalah (lagi-lagi) dari Gunadarma, yaitu Iqbal. Adalah sesuatu yang cukup ‘membingungkan’ karena staff ini selain harus memantau skrip pemilu online, juga sebagai anggota pengurus PPI Perancis yang akan dilengserkan dan juga terlibat sebagai legislatif yg menerima (atau menolak) pertanggungjawabannya sendiri. wahh.. ternyata masih ada satu tugas lagi ; dia juga anggota BAMUS yang ditunjuk PPI Dijon untuk periode selanjutnya…(ribett bener).

Masih dalam acara BAMUS,  staf gunadarma yang cukup terkenal yaitu Aries, didaulat untuk memimpin pelaksanaan pemilihan ketua PPI 2009/2010.  Dengan berapi2 dan penuh semangat seperti biasanya dengan energi dari Rawasari, Aries membuat pemilu jadi meriah.

Sungguh semua ini adalah kepercayaan yang harus dijaga…

Nah, akhir Desember tahun ini, beberapa staf Gunadarma dan beberapa mahasiswa yang sedang berada di Le Creusot akan mengadakan acara Conference l’Indonésie et la Pakistan.  Ini adalah salah satu acara level commune yang berisi presentasi tentang negara dan masyarakatnya masing2, lalu para hadirinnya akan disuguhi makanan dan minuman khas Indonesia dan Pakistan.

Yah, berkiprahlah terus para dosen dan staff Gunadarma dimanapun berada… Harumkan nama almamater dimanapun kita berada.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: