• Akses Cepat Indeks !

  • Translate This Blog

  • Baca Quran

  • Kategori

  • Stat SUFI-Blog

    • 359,798 akses
  • Terbaru nih…

  • Goh Gallery

  • Arsip

  • facebook

    Mohammad Iqbal's Facebook profile
  • Research Gate

    Mohammad Iqbal

la Symphonie des Soupes lagi…

Pada tahun ini, di Le Creusot, Simphony des soup berlangsung di chateau de la Verreri. Inilah salah satu acara kultural yang rutin dilakukan setiap tahun, setiap awal atau pertengahan musim gugur.

Konsep acaranya adalah bagaimana bisa mendapatkan partisipasi masyarakat untuk membawa sayur sup, berapa pun jumlahnya, bagaimana pun bentuknya, mulai dari sup resep warisan nenek moyang, sup resep populer atau bahkan sup yang berasal dari imajinasi sendiri. Lalu diorganisasikan untuk bisa dinikmati bersama-sama warga kota sambil dihibur dengan acara-acara kesenian dan budaya. Selain itu, untuk memotivasi, diadakan juga penilaian untuk sup terbaik dan terfavorit. Oleh sebab itulah, di acara ini kita bisa melihat berbagai sup, mulai sup normal dengan daging dan kuah bening, sup sayuran dengan kentang atau labu, sup warna-warni dari yang berwarna oranye sampai berwarna biru, dan itu semua boleh dicicipi gratis.

Saat memasuki area acara ini, terlihat seorang Plasticien (seniman seni rupa) Jean-Jacques Beresina membuat seni patung logam dari sendok aluminium stainless steel yang diberikan oleh pengunjung. Nah, untuk ini dalam selebaran iklan jauh2 hari sebelumnya, sudah ada himbauan bagi calon pengunjung untuk membawa sendok tidak digunakan untuk bisa berpartisipasi dalam penciptaan karya ini. Kemudian, di salah satu tenda, aku menemukan salah seorang warga kota mendemontrasikan suatu alat masak Genevieve Gasc untuk memotong dan mengukir sayuran dan buah2an sehingga bentuknya menjadi menarik.

Selain itu di salah satu pojok chateau didirikan panggung konser musik untuk menemani makan sup. Sepanjang hari mulai pukul 11 pagi, ada 3 sesi pertunjukan yaitu mulai ‘Lilya’ (Folk rock soul), grup ‘Hat man session’ (Blues jazz)  dan menjelang penutupan kami dihibur oleh grup ‘Tekpaf’ (musik ska rock dan festival).

Nah, waktu kosong di antara konser2 tersebut, secara parsial pengunjung juga disuguhi pertunjukan2 yang menghibur (istilahnya ‘des spectacles dé ambulatoires‘). Misalnya seniman yang menamakan dirinya ‘La Biou’z’ Musik d’Arbois‘ , beliau ini berkursi roda namun komposisi musiknya sangat dinamis.  Kemana2 dia ditemani dengan drum yang berisi peralatan2 musik dan barang2 pribadinya. Kemudian ada juga grup ‘L’Homotonneau pour la soupe‘ : sambil membawa gerobak sup, 3 orang yang terdiri dari penyanyi, pelukis sketsa dan Pemain acordion mendatangi sekumpulan pengunjung yang sedang menikmati sup. Sang pelukis akan memilih satu orang untuk dilukis wajahnya, sambil diiringi lagu2 humor dan gembira.

Ada satu grup lagi yang sangat komunikatif dan meghibur, yaitu grup yang bernama ‘Le duo Dithyrambe‘, menurut legenda, Dame Bérénice de la Trouffinière dan Dame Culnégonde de la Garde Montée adalah  dua lady yang baru tiba di dunia modern setelah 257 tahun 3 bulan membeku di celah pegunungan Alpine. Mereka datang khusus untuk menghibur dengan musik punk dan disko. he he he, aya aya wae.

Nah, sahabat itulah salah satu tradisi keakraban antar warga kota yang mungkin bisa kita lakukan juga di kampung kita. Aku kembali menyarankan, tentu sangat menarik apabila sesama warga yang tinggal di lingkungan RT atau RW yang sama bisa mengadakan acara makan2 seperti ini. Hiburannya ngga usah mahal2, bagi warga yang punya alat musik bisa menyumbangkan sesuatu, atau sekedar karaoke pun tidak masalah. Mengingat iklim negara kita yang selalu sempurna, hangat dan dapat ditoleransi. Mereka yang iklimnya kayak dikulkas saja tidak mengurangi semangat mereka untuk bergabung dalam acara ini.

———–

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: