• Akses Cepat Indeks !

  • Translate This Blog

  • Baca Quran

  • Kategori

  • Stat SUFI-Blog

    • 304,745 akses
  • Terbaru nih…

  • Goh Gallery

  • Arsip

  • facebook

    Mohammad Iqbal's Facebook profile
  • Research Gate

    Mohammad Iqbal

Permainan mengisi waktu di perancis

petanqueSalah satu permainan tradisional yang banyak dimainkan di Perancis adalah boules(baca :buule), yang juga disebut Pétanque (baca:petong).

Permainan ini cukup pupuler dan sering di mainkan di tempat umum atau ‘public squares‘. Salah satu sebabnya adalah karena boules mudah dimainkan dan dilaksanakan secara berkelompok (paling tidak dua orang). Oleh karena itulah kita akan mudah menemukan lapangan berpasir tempat bermain boules di hampir seluruh taman2 kota di Perancis. Namun biasanya kebanyakan pemainnya adalah orang-orang tua pensiunan yang suka menghabiskan waktunya di taman-taman menikmati hangatnya matahari sambil berbincang dengan sesamanya.

Aturan permainan Boules

Permainan boules dimainkan dengan menggunakan tiga bola besi, atau dua sesuai dengan kebiasaan para pemain. Terdapat satu bola kayu kecil yang sebagai sasaran yang disebut cochonnet. Dasar perhitungannya mudah, siapa yang mencapai 11 poin lebih dahulu akan memenangkan permainan. Seseorang mendapat satu poin jika dalam satu rangkaian permainan, bola besi yang dilemparkannya berada paling dekat dengan cochonnet.

Kita dapat bermain dengan 2, 4, 6 atau maksimum 8 pemain. Permainan terbaik adalah dengan 4 atau 6 pemain dan 2 paket boules (satu paketnya 3 bola besi), supaya lebih memungkinkan semua orang untuk memiliki giliran yang adil. Misalnya begini ; jika ada 4 pemain, maka dibuatlah grup dengan anggota masing2 2 orang. Jika kita punya 2 paket boules, maka kita akan punya 6 bola besi. Masing2 grup akan mendapatkan 3 bola besi. Biasanya anggota grup yang paling jago akan mendapatkan kesempatan melempar 2x.

Lalu bagaimana skenario permainannya? Pertama, disepakati garis batas tempat semua pemain akan melempar boules. Dari posisi tersebut cochonnet akan dilemparkan. Umumnya jika cochonnet jatuh sekitar 9 m atau lebih dari posisi melempar, maka permainan akan dimulai. Jika jaraknya kurang dari 9m akan dilakukan pelemparan cochonnet kembali. Pemain yang melempar cochonnet akan melempar bola besi pertama kali. selanjutnya bergantian dengan pemain lawan, sampai semua bola besi selesai dilemparkan dan yang mendapat poin adalah bola besi yang berada paling dekat dengan cochonnet.

Cara melempar bola besi ala permainan pétanque akan terasa sangat aneh saat kita melemparkannya untuk pertama kalinya. Dengan telapak tangan menghadap ke bawah, tentu awalnya sahabat akan berpikir, “jika telapak tangan menghadap ke atas, bukannya melempar Boule lebih mudah?” Fakta sesungguhnya adalah, ya, memang bisa melempar lebih mudah, tapi bisa bisakah dengan cara itu sahabat melempar secara akurat dengan tenaga yang cukup?

Aku juga merasa, saat melempar boule pertama kali semuanya tampak acak, karena kadang hasilnya dekat dan kadang pula bola menggelinding tak terkendali. Saat akan melempar, selalu saja ada pertanyaan “benarkah ini semua akan bisa membuat lemparanku dekat dengan cochonnet ?”

Secara teori ada 3 kemungkinan gaya melempar sasaran dalam permainan Pétanque:

  1. “The High Lob” (la portée atau la plombée),
  2. “The Half Lob” (la demi portée) dan
  3. “The Rolling throw” (la roulette).

Cara yang pertama dan kedua biasa digunakan oleh semua pemain, adalah cara termudah untuk melakukan lemparan. Bola dilemparkan sekitar setengah jarak atau lebih dan dibiarkan menggelinding mendekati bola kayu.

Cara yang ketiga umumnya dianggap agak curang, tapi selama itu bisa membuat poin kemenangan, boleh dilakukan. Sahabat boleh saja membidik lalu menggelindingkan boule menuju bola lawan dan mendorongnya menjauhi bola kayu cochonnet.

Sedangkan cara melempar yang disebut Carreau adalah yang paling sulit, yaitu lemparan langsung ke bola lawan dengan tepat dan menjauhkannya dari cochonnet. Dalam lemparan ini tidak pakai menggelindingkan boule sama sekali. Jika sahabat bisa menguasai lemparan ini, sahabat bisa berjaya di dunia Pétanque.

Dalam permainan ini, aku juga diajarkan cara mengukur secara cepat (dan akurat) antara jarak bola besi yang dilemparkan dengan bola kayu kecil cochonnet. Caranya adalah kita berdiri dengan kedua kaki membentuk huruf V dengan sudut sekitar 90° di depan cochonnet. Ujung kaki masing2 akan diarahkan ke dua bola besi yang ingin dibandingkan jaraknya. Dari situ kita akan dapat melihat dengan jelas bola besi mana yang paling dekat. Namun pada umumnya dalam satu set pétanque, akan ada tali khusus untuk mengukur jarak.

Begitulah sahabat, satu lagi kisah persentuhan budaya antara orang dari kampung Indonesia dengan budaya kampung Perancis. Mudah2an ada manfaatnya. Sebagai tambahan bacaan silahkan baca link2 di bawah ini :

  1. WIKIPEDIA Perancis (http://fr.wikipedia.org/wiki/Pétanque)
  2. Federasi petanque Perancis (http://www.petanque.fr)
  3. Contoh grup petanque profesional (http://www.petanqueclubmarcinelle.net/)
  4. Mau unduh game komputer pétanque :
    1. http://francais.softpicks.net/software/Jeux/Simulations/3D-Petanque-Unlimited_fr-10371.htm
  5. Atau mau coba game online pétanque :
    1. http://www.funlabo.com/petanque/
    2. http://www.kidsclae.com/Jeux/Jeux_de_sport/petanque/petanque.html

10 Tanggapan

  1. hoho, jadi inget permainan jaman kecil dulu kayak gundu, gobag sodor, petak umpet, tengsek.dll 😀

    • Iya, permainan2 spt ini di negara kita, kebanyakan yg memainkan adalah anak2, tp pétanque di perancis ini yg banyak memainkan adalah org2 tua yg sdh pensiun…

      Walau begitu kulihat justru ada akomodasi besar dari pemerintahnya utk di profesionalkan. Sampai dibuat federasinya segala. Bahkan ada perlombaan internasionalnya juga loh.

      Mungkin bagus juga permainan tradisional kita diakomodasi juga sehingga jadi ciri budaya bangsa kita. Sebelum ada yg klaim lagi 🙂

  2. hai cewe kamu imut banget dech…….!t….a…p…i…. jgn sombong terhadap temenmu …..!?

  3. dimana ya saya bisa menemukan informasi permainan2 tradisional perancis lainnya?

  4. salam apa kabar allplayer petanque….semoga nad semu happy bermain sukan petanque
    layari blog /website saya untuk membeli peralatan sukan petanque….http://petanquedisini.blogspot.com

  5. salam apa kabar anda semua semoga sukses adn happy kalau mahu lihat peralatan petanque atau mahu membeli peralatan petanque layario blog saya……tq infor anda

  6. ini blog say ahttp://petanquedisini.blogspot.com

  7. Everyone wants the best deal when it comes to buying a car.
    Many people are unaware of what is required of them if they are going to get that
    job done. Some people even think they got the best deal when they actually are mistaken.

    Consider the following helpful advice when learning more about finding the best deals.

  8. Hey would you mind sharing which blog platform you’re using?

    I’m going to start my own blog soon but I’m having a tough time deciding between BlogEngine/Wordpress/B2evolution and Drupal.

    The reason I ask is because your layout seems different then most blogs and I’m
    looking for something completely unique. P.S My apologies for being off-topic but I had to ask!

  9. I was more than happy to find this web site. I need to to thank you
    for your time for this fantastic read!! I definitely enjoyed every bit
    of it and i also have you book-marked to look at new things on your blog.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: