• Akses Cepat Indeks !

  • Translate This Blog

  • Baca Quran

  • Kategori

  • Stat SUFI-Blog

    • 336,141 akses
  • Terbaru nih…

  • Goh Gallery

  • Arsip

  • facebook

    Mohammad Iqbal's Facebook profile
  • Research Gate

    Mohammad Iqbal

Indonesia selalu Menarik Perhatian (2 dari 2)

Nah, berikut ini adalah beberapa catatanku selanjutnya mengenai Indonesia yang selalu menarik perhatian…

Acara Fete de la Musique

dari detiknews

dari detiknews

Fete de la Musique adalah festival musikal tahunan yang pertama kali dicetuskan oleh Menteri Kebudayaan Perancis Jack Lang (1982) dan digelar setiap 21 Juni. Festival ini berupa pertunjukan dan konser musik gratis untuk siapa saja, yang menampilkan berbagai genre musik oleh artis dan musisi, baik amatir ataupun profesional yang berlangsung di berbagai tempat publik, seperti taman, dan jalan-jalan atau di area gedung pemerintahan.

Nah, pada acara ini, siapa pun yang bisa memainkan alat musik biasanya akan berpartisipasi di pinggir jalan atau di trotoar. Jika kita dapat bermain bagus, maka orang2 akan berdatangan untuk menikmati musik kita dan memberikan apresiasinya dengan tepuk tangan. Aku sendiri pada umumnya berkeliling kota Le Creusot untuk melihat keunikan2 para musisi2 tersebut, misalnya di pusat kota ada sekumpulan anak2 sekolah yang dikoordinir oleh pemerintah kota untuk mengadakan pentas di halaman balai  kota le creusot. Dan bagiku yang paling menarik adalah pentas acordion. Mereka seperti bergumam dan berkomunikasi dengan musiknya, dan umumnya lucu.

Di Paris, pihak KBRI Paris dengan Restoran Indonesia Paris dan didukung oleh Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI) setempat mengadakan pertunjukan gamelan dan angklung Indonesia di kawasan Jardin du Luxembourg (Taman Luksemburg). Pemilihan lokasi ini dilakukan karena berdekatan dengan salah satu pusat acara dan konsentrasi massa Fete de la Musique di Paris. Sambutan warga perancis sangat hangat, pada sesi interaktif, mereka bahkan sampai antre ingin memainkan angklung bersama-sama pemain gamelan Indonesia.

Acara Carnaval Tropical de Paris 2009

DSC_4641

Carnaval Tropical de Paris adalah salah satu karnaval terbesar dan even tahunan unggulan kota Paris, diselenggarakan oleh pemerintah kota Paris dan federasi Carnaval Tropical de Paris ile-de-France sekitar awal2 musim panas. Setiap tahunnya akan ada tema sentral dari tamu kehormatan yang diundang dari negara tertentu untuk menunjukkan kebudayaannya. Nah, selain itu juga, ada acara pemberian berbagai penghargaan kepada kontingen-kontingen dengan penampilan terbaik. Karnaval yang pada tahun 2009 ini telah memasuki edisi ke-8 menempuh rute dari Place des Nations sampai ke Porte de Pantins, disaksikan oleh sekitar lima puluh ribu penonton dan disiarkan secara langsung di stasiun TV Perancis France O.

Hebatnya, Indonesia kembali meraih penghargaan sebagai partisipan terbaik di Carnaval Tropical de Paris 2009 ini. Indonesia melalui KBRI Paris berpartisipasi dengan menampilkan mobil hias bernuansa tradisional Bali dan koreografi berupa Tari Kecak dengan mengusung tema Unite dans la Diversite (Bhinneka Tunggal Ika). Sepanjang jalur karnaval, iring-iringan kontingen Indonesia ini disambut dengan sangat antusias oleh penonton. Bahkan banyak penonton ikut-ikutan berkecak bersama, menirukan bunyi kecak kontingen Indonesia. Secara khusus Wakil walikota Paris, Hamou Boakkaz, menyampaikan apresiasinya pada kontingen Indonesia, yang dinilainya jauh berbeda dari kontingen negara lain. Bahkan juri karnaval, terdiri dari para artis Perancis, juga memuji koreografi Indonesia.

Yang menjadi menarik adalah, fakta bahwa ketika kontingen lain mendatangkan penari dan artis dari negaranya, sebaliknya kontingen Indonesia cukup menerjunkan ‘pasukan budaya’ yang merupakan perpaduan anggota Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI) di Perancis, Staf KBRI, dan warga negara asing pecinta Indonesia.

Pencak silat yang merambah Perancis

Sebagai salah satu hobiku sejak kecil dahulu, bela diri Pencak silat selalu menjadi hal yang pertama kucari jika mencapai suatu daerah. Tak terkecuali di perancis ini. Bahkan pada awal2 kedatanganku, karena tidak kutemukan tempat latihan di le creusot, terpaksalah untuk mengisi waktu aku ikut bergabung dengan judo dan aikido, sekedar melepaskan kerinduanku dengan gerakan2 pasang bela yang terkenal itu. Terus terang aku ngga begitu peduli dengan yang sahabat2ku ajarkan di dojo2 tersebut, yang jelas pada saat praktek gerakan, aku menggunakan jurus2 pencak silat untuk membanting, melangkah atau pun mengunci mereka. he he he, sampai salah seorang sahabatku yang pelatih bilang, “sebagai pemula kamu gesit juga ya,  tangan kamu sulit di pegang, kaki kamu cepat berubah“. ya iyalah, Pencak silat gitu loh 🙂

Nah, di Perancis ini aku menemukan AFPS (Association France Pencak Silat). Sebuah organisasi yang bertujuan mengembangkan dan menyebarkan encak silat ke seluruh Perancis dan juga negara2 di Eropa.  Berkat kerja keras dari para anggotanya, kini Pencak Silat secara rutin hadir dalam majalah2 beladiri dan terus berpartisipasi dalam Festival Seni Bela Diri Paris-Bercy (Festival des Arts Martiaux de Paris-Bercy) yaitu festival utama di Eropa yang menyatukan seniman bela diri yang terbaik di seluruh dunia  untuk beraksi di depan sekitar 15 000 penonton. Dan ternyata ini disiarkan langsung loh di Paris Première.

Sampai tahun ini, AFPS juga telah menyelenggarakan sebelas turnamen internasional yang melibatkan praktisi pencak silat dari seluruh dunia (Rusia, Malaysia, Suriname, Nepal, Indonesia, Filipina, Singapura, Italia, Belanda, Belgia, Spanyol, Inggris dan lain2). Hebatnya AFPS juga berperan dalam penyebaran budaya Indonesia di Perancis dan membawahi  sekitar 21 klub yang tersebar di seluruh Perancis, dengan sekitar 800 anggota aktif, baik laki-laki dan perempuan berusia 6 tahun sampai 62 tahun.

Sebut saja perguruan Cimande, PGB Bangau putih, persaudaraan setia hati terate, Merpati putih dan silok (silat padang) Harimau Singgalang, dll. Mereka dalam koordinasi AFPS ini. Bahkan ada situs internet khusus, yaitu boutique Saudara Kaum (http://www.saudara-kaum.fr)  yang didedikasikan untuk ntuk menyebarkan dan menjual kerajinan Indonesia dan khususnya yang berkaitan dengan praktik seni bela diri Indonesia yaitu Pencak Silat. Coba deh sahabat tengok ke sana, sahabat akan menemukan berbagai jenis seragam pencak silat untuk latihan atau untuk pentas, berbagai peralatan pelatihan, buku2, video dan aksesoris yang berhubungan dengan Pencak Silat.

Semakin semangat saja aku….

Fakta2 ini seharusnya cukup membuat kita bangga terhadap jati diri bangsa kita sendiri. Kekurangan2 yang ada memang tidak bisa diabaikan, tetapi itu masih terlalu kecil dengan potensi positif yang kita miliki. Akhirnya pesanku adalah sudahkah kita sebagai orang Indonesia memperhatikan kekayaan kebudayaan dan keindahan alam kita, dan melakukan sesuatu untuk melestarikannya ?

Daripada kita berteriak2 protes atas klaim negara2 tertentu atas milik kita itu, mungkin lebih baik kita bertindak mempelajarinya, mendalaminya dan tak lupa terus menyebarkan keluhuran warisan nenek moyang itu kepada orang2 di seluruh dunia dengan apa yang kita bisa lakukan sesuai kapasitas kita….

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: