• Akses Cepat Indeks !

  • Translate This Blog

  • Baca Quran

  • Kategori

  • Stat SUFI-Blog

    • 328,420 akses
  • Terbaru nih…

  • Goh Gallery

  • Arsip

  • facebook

    Mohammad Iqbal's Facebook profile
  • Research Gate

    Mohammad Iqbal

Latihan à la TuanSUFI

Apakabar sahabat ?

Berikut ini beberapa hal yang tuansufi coba latih untuk menjaga stamina dan keseimbangan jasmani sehari-hari. Pada masa-masa aktif perkuliahan di Perancis, TuanSUFI biasanya rutin berolah raga bulutangkis 2 minggu sekali, lalu berlatih musculation (fitness) di gym juga 2 minggu sekali. Sesekali kalau ada teman ikut Escalade (panjat tebing). Namun masa-masa akhir musim semi dan musim panas, semua halle de sport tutup, jadilah olah raga dilakukan di taman yang ada meja ping pongnya, atau ya di apartemen setiap pagi.

Set yang TuanSUFI coba ilustrasikan di sini adalah atas saran sahabat TuanSUFI, Adiguna yang sekarang bekerja di Valenciennes, France sambil menuntaskan PhD-nya. Latihan ini untuk melatih urat2 di sekitar perut, supaya tidak membuncit, syukur2 bisa jadi six pack.

Set Pertama ; Crunch

Dalam posisi tiduran, angkat dua kaki seperti gambar di bawah dan tahan. Lalu angkat kepala beserta seluruh bagian atas tubuh sahabat mendekati paha, lakukan sampai 100 kali. Untuk latihan awal, cukup 20-30 kali saja.

LatihanPerut - crunch(atas)

Set kedua ; Sit-Up

Dalam posisi tiduran, lipat posisi kaki seperti pada gambar di bawah, lalu angkat kepala sahabat mendekati paha. lakukan sekitar 30-40 kali.

LatihanPerut - sit-up(tengah)

Set ketiga ; V-UP

Dalam posisi tiduran, relaksasikan kaki, rentangkan tangan memanjang ke atas kepala. Lalu angkat bersamaan dengan kaki membentuk huruf V seperti gambar di bawah ini.

LatihanPerut - v-up(bawah)

Nah, tiga hal ini cukup untuk melatih perut atas, perut tengah dan perut bawah depan. Sahabatku Adiguna sebetulnya menyarankan untuk melakukan jogging sebagai sarana pembakar lemak dan mengurangi makan nasi. Dua hal yang belum sanggup TuanSUFI lakukan.

Sebetulnya ada 2 lagi gerakan lagi untuk melatih perut bagian sisi, yaitu :

TWIST, posisinya seperti sit-up, namun kaki kanan ditumpangkan di atas kaki kiri, lalu badan di putar ke kanan dilakukan sekitar 20 kali. Ulangi untuk posisi kiri.

Side-Up, seperti sit-up tapi posisi badannya miring, dan tubuh atas diangkat pada bagian sisinya.

Begitulah sahabat. Selamat mencoba…

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: