• Akses Cepat Indeks !

  • Translate This Blog

  • Baca Quran

  • Kategori

  • Stat SUFI-Blog

    • 359,704 akses
  • Terbaru nih…

  • Goh Gallery

  • Arsip

  • facebook

    Mohammad Iqbal's Facebook profile
  • Research Gate

    Mohammad Iqbal

Bulan Soldes (Diskon besar2an) di Perancis

Dari : scrapinette.com

Dalam setahun di Perancis terdapat dua periode waktu dimana barang-barang dijual murah atau istilahnya soldes. Periode pertama adalah sekitar minggu kedua bulan januari sampai minggu pertama februari, yang bertepatan dengan akhir musim dingin. Lalu periode kedua adalah sekitar bulan Juni-juli (24Juni-22Juli) yaitu periode awal musim panas.

Bagi kami yang pas-pasan, periode ini adalah kesempatan untuk mendapatkan barang-barang berkualitas dengan harga miring. Biasanya dalam periode Soldes ini, pemotongan harga bisa bisa terjadi 3 sampai 4 kali. Mulai 30%-40%, lalu 50%-70% sampai akhirnya 90%.

Mengapa di Perancis selalu ada kesempatan ini ? Salah satunya adalah karena biaya penempatan barang di gudang terlampau mahalnya jika harus menyimpan stock lebih dari satu periode. Maka oleh sebab itu barang harus habis. Selain itu pula periode perdagangan yang biasanya bergantung pada musim, membuat setiap produsen terutama yang berhubungan dengan sandang (mulai dari tutup kepala sampai tutup jempol kaki) atau peralatan rumah tangga atau bahkan makanan, bergerak cepat memproduksi inovasi-inovasi baru. Sehingga barang-barang yang melampaui periodenya umumnya langsung jatuh harganya. 

Dari : toulouse7.com

Fakta yang menarik yang kutemui adalah jika pada musimnya, maka hampir seluruh barang-barang yang dijual yang berhubungan dengan musim tersebut dijual murah. Misalnya, pada musim panas ini, kaos olah raga, kipas angin, topi, celana santai, peralatan barbeque, peralatan berkemah dan lain sebagainya dapat terjangkau dengan kantong mahasiswa seperti kita ini. Sepertinya ada suatu pengaturan oleh pemerintah perancis yang membuat peredaran barang menjadi stabil dan adanya suatu pergiliran bagi para pengusaha untuk memproduksi dan memasarkan suatu produk pada musim2 tertentu.

Skema ini mungkin bisa dicontoh oleh negara kita, sehingga tidak ditemui euforia2 ekonomi seperti ketika usaha jangkrik booming, semua tiba2 jadi pengembang jangkrik. Akibatnya tentunya jangkrik ada dimana-mana dan kelebihan produksi ; harganya jatuh, lalu kemudian semua orang meninggalkannya, dan setelah itu jangkrik hampir hilang di pasaran. Skema pengaturan produksi para produsen tentunya akan dapat menghindari keadaan seperti ini dan tentu saja dapat melindungi ketersediaan sebuah produk, bahkan harga pun dapat diatur dalam kondisi win-win solution.

Lalu apa yang sebaiknya dilakukan oleh kita sebagai konsumen ‘perantauan’ dalam menghadapi  periode-periode discount ini ? Ya, perlulah kiranya bijak dalam berbelanja. Strategi umum untuk berbelanja di bulan ini adalah kebutuhan untuk menghadapi musim yang sama pada periode selanjutnya. Misalnya, periode discount awal tahun yang berada di akhir musim dingin, akan dapat kita temui barang2 sisa musim dingin dengan harga yang meluncur jauh. Kita bisa beli barang2 ini untuk menghadapi musim dingin berikutnya. Sebab jika kita menunggu sampai bulan2 musim gugur, tentu harganya akan sangat mahal.

Dari : ladepeche.fr

Kemudian prinsip selanjutnya adalah, belilah yang memang kita butuhkan. Harga murah bukannya menjadi sebab kita untuk membeli semua hal. Bagi perantau, tentunya saat2 seperti ini adalah kesempatan untuk mencari oleh-oleh yang bisa dibawa pulang nanti. Produk perancis asli seperti parfum2 murah, souvenir, mainan anak-anak, jam tangan, pulpen dan sebagainya, bisa kita timbun untuk oleh-oleh. Namun jika kepulangan kita sudah dekat, tidak ada salahnya untuk memborong coklat2 merk terkenal.

Lalu bagaimana strategi memanfaatkan bulan2 ini secara optimal ? Paling tidak pada minggu2 ketiga bulan soldes, umumnya pemotongan sudah mencapai 70 %. apalagi pada minggu2 terakhir, bisa sampai 90%, namun tentu resikonya adalah kita tidak memiliki banyak pilihan barang lagi. Minggu kedua atau minggu ketiga menurut pengalamanku cukup pas untuk memulai mencari barang-barang yang kita butuhkan. Bagi para turis, bolehlah menjadwalkan kedatangannya di perancis pada masa-masa discount ini.

Tidak berpanjang kata lagi, bagi kawan2 di Perancis, selamat menikmati soldes…

Iklan

Satu Tanggapan

  1. mau nanya dong….
    berarti kalo maret gini ga ada periode soldes gitu ya?
    soalnya ada temen dari perancis (orang perancis) mau ke Indo..trs dia tanya mau nitip apa….
    saya bingung mau minta apa….
    selain karena ga tau apa yg spesial dr perancis (barang yg dipake tentunya),saya juga takut minta yg tnyt disana harganya mahal bgt….
    mgkn ada masukan minta apa….

    saya orangnya suka olahraga,musik,pokoknya yg rame2….
    kalo makanan (coklat,dkk) gitu ga tertarik euy….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: