• Akses Cepat Indeks !

  • Translate This Blog

  • Baca Quran

  • Kategori

  • Stat SUFI-Blog

    • 350,291 akses
  • Terbaru nih…

  • Goh Gallery

  • Arsip

  • facebook

    Mohammad Iqbal's Facebook profile
  • Research Gate

    Mohammad Iqbal

Membuat Acara Jamuan Makan di Perancis (2 dari 2)

Pada acara jamuan yang kedua, sedikit berbeda dengan acara perjamuan yang pertama. Kami menyiapkan perjamuan makan di restoran Perancis dengan makanan ‘ala perancis pula. Tamu-tamu istimewa kami dari KBRI Paris serta sahabat Indo-Franco, membuat jamuan ini diisi dengan makanan-makanan khas daerah tempat kami tinggal di kota Dijon yang berada di wilayah Bourgogne.

Salade Piccolina

Dalam mempersiapkan acara model seperti ini, langkah pertama adalah memilih restoran yang tepat. Hal yang perlu diperhatikan adalah budget per orang. Berdasarkan inilah nantinya kita akan memilih mana restoran yang memberikan kombinasi menu yang paling banyak dan tentu saja nikmat. Tentu, jika budget per kepalanya sekitar 35 euro ke atas, kita bisa mendapatkan  resto dengan mudah, karena harga ini adalah harga normal jamuan makan di sini. Dan jangan lupa bahwa, patokan harga ini akan semakin meningkat pada resto di kota-kota metropolitan.

Boeuf Bourgignon

Nah, tantangannya untuk penyiapan acara jamuan makan kali adalah saat budget ditetapkan pada  angka 20 euro-an per orang. Beberapa teman segera menelpon dan membuat janji untuk bertemu dengan beberapa pemilik restoran di sekitar kota Dijon. Dari beberapa resto yang dikonfirmasi, rata-rata mereka memberi harga antara 20 – 30 euro per orang. Jika pun ada yang sesuai budget, makanan yang disajikan kurang memuaskan.

Untunglah ada salah satu resto yang pemiliknya kami kenal, karena salah seorang teman kami di sini sering bekerja membantu di resto ini. Singkat kata, hubungan baik di antara kami, membuat semuanya lancar.  Tawarannya menarik ; makanan mulai dari aperitif sampai dessert akan disajikan lengkap, minuman tidak terlalu dihitung, pokoknya akan selalu disajikan selama acara makan berlangsung. Menunya dapat dilihat di setelah ini :    

Aperitif

  1. Kir (ini adalah sebutan untuk minuman pembuka ‘ala Bourgogne) :
    • Cassis (semacam sirup) + vin blanc
    • Cassis + air putih
  2. Jus de fruits (jus buah)

Entrée

Salade Piccolina, isinya kurang lebih : tomate, saumon fumé (salmon bakar), emental(keju masak), oeuf(telur), champignon(jamur), poivron (paprika) dan beberapa bahan lainnya.

Plat Principal

Boeuf Bourgignon (daging semur khas dijon), dimakan dengan riz (nasi) dan brocoli croquant (brokoli rebus yang tidak terlalu matang)

Dessert

  1. Gateaux pour dessert

    Gateaux pour dessert

    Gateaux au chocolate avec Pain d’épices marine au rhum de cassis (kue khas Dijon)

  2. café (kopi)

Yang tidak boleh dilupakan adalah, bahwa jatah waktu untuk jamuan makan siang di restoran sangat terbatas. Hampir seluruh resto di Perancis akan tutup sekitar pukul 15.30 untuk kemudian buka kembali sekitar pukul 17. Kebiasaan orang kita berlama-lama setelah makan, harus diimbangi dengan ketepatan waktu ketika datang. Untuk berjaga-jaga agar kita punya lebih banyak waktu untuk berbincang, dalam undangan kami menulis acara perjamuan dimulai pada 12 siang, namun sebetulnya acara makan siang  dimulai satu jam kemudian.

Alhamdulillah, akhirnya perjamuan kedua ini berhasil dilaksanakan dengan sukses. Sekitar 37 orang dari KBRI, pelajar dan keluarga indo franco di sekitar wilayah Bourgogne dapat berbincang dan bersilaturrahim. Hampir semua yang kami inginkan bersama, yaitu tempat perjamuan dengan suasana yang enak, lalu makanan khas yang lengkap telah terpenuhi.

Satu lagi kisahku tentang keutamaan silaturrahim.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: