• Akses Cepat Indeks !

  • Translate This Blog

  • Baca Quran

  • Kategori

  • Stat SUFI-Blog

    • 314,672 akses
  • Terbaru nih…

  • Goh Gallery

  • Arsip

  • facebook

    Mohammad Iqbal's Facebook profile
  • Research Gate

    Mohammad Iqbal

Misteri Bratislava Personaliti

Selain Praha atau Praque – ibukota Republik Czech, di wilayah eropa timur ini banyak kota yang menarik dari sisi wisata sejarah. Dari sekian banyak itu, kota yang terdekat dari kota Wina adalah Bratislava -ibukota Republik Slovakia. Jika melihat di peta, Kota ini berada di sebelah timur Wina yang dapat dijangkau dalam waktu 1 jam. Tentu ini adalah kesempatan yang besar untuk dikunjungi, jika kita sedang berada di kota Wina, karena sekalian menjelajah Austria yang masih termasuk Eropa barat, dengan berangkat ke bratislava, kita bisa juga mencicipi nuansa Eropa timur yang penuh misteri. Memang sebetulnya keinginan untuk pergi sekalian ke Praha yang berada di utara Wina, tapi waktu tempuhnya yang 3 jam tentu saja sangat menyita energi, waktu dan tentu saja ongkos kami :).

Kesan pertama memasuki pinggiran kota bratislava ini membuat pesimis. Sebab di kiri dan kanan jalan terlihat bangunan yang tidak teratur serta terlihat kumuh karena penuh coretan di tembok-temboknya. Selain itu, kami melihat banyak taman kota yang tidak terawat, serta kendaraan-kendaraan yang parkir tidak beraturan. Ini semua amat kontras dengan yang kami lihat di kota2 Eropa barat yang baru kami kunjungi.

Namun begitu, saat menyeberangi jembatan unik bernuansa konstruksi abad 20 yang membelah sungai Danube, barulah perasaan itu berubah, karena rupanya pusat kotanya penuh dengan bangunan antik serta tertata rapi sebagai tempat wisata kota. Ngomong2 soal jembatan, ternyata jembatan setinggi 80 meter ini puncaknya ada piringan seperti piring terbangnya USS Enterprise di film startrek. Tiang penunjang piringan ini ada di satu sisi jembatan dan ada tali besi terpentang persis dibawah piringan itu, tersambung dengan sisi lainnya pada beton jembatan sebagai penunjang keseimbangan. Dan menariknya, piringan di atas itu adalah restauran !

Nah, jelajah kami bermula dari depan Slovak National Theatre yaitu Opera House-nya Bratislava. Dari sini kita bisa berjalan kaki atau naik kereta wisata. Aku bersama 9 orang lainnya memilih naik kereta karena belum punya peta kota ini, hitung2 menghemat waktu, dan tentu saja jelajahnya lebih luas. Baru setelah itu tinggal berkonsentrasi berjalan kaki berkeliling di pusat kotanya (old town). Jalur kereta wisata ini memutari pusat kota, melewati primatial Palace, kemudian berbagai jenis gereja yaitu gereja biru, St. Ladislav’s, franciscan, trinitarian, Great Evangelical, capuchin, st. clare, Haus zum guten hirten ‘rumah gembala yang baik’ dan st. Martin  Cathedral (detil setiap bangunan ini bisa di lihat di website visit bratislava.

Selain itu, di pertengahan jalur kereta wisata kami juga melewati Grassalkovich Palace yaitu istana Presiden Slovakia yang megah. Tak jauh dari sana kami juga melihat bangunan tinggi yang bergambar uang 1 euro, yang ternyata adalah bangunan National Bank of Slovakia.

Kemudian, setelah disuguhi berbagai bangunan kota yang unik, kereta wisata pun memasuki Bratislava Burg (Castle) yang berada di tempat yang cukup tinggi sehingga dapat melihat seluruh kota bratislava. Sayangnya kastil sedang di renovasi sehingga kami tidak bisa melihat interiornya, namun kami diberi kesempatan untuk menikmati cuaca cerah di taman kastil ini, sambil melihat panorama kota bratislava dari atas.

Dalam perjalanan kembali ke pusat kota, kereta wisata melewati sinagog dan zsigray mansion (museum kebudayaan yahudi). Kelihatannya kota ini pernah mengalami sejarah yang cukup seru dimana komunitas dan Yahudi dan kristen berkumpul dalam komunisme Eropa timur. Lalu, satu blok sebelum memasuki pusat kota tua, ada patung unik dan sebuah bangunan tua reduta yang merupakan base campnya Slovak Philharmonic orchestra dan digunakan sebagai gedung konser setiap acara musik festival di Bratislava. Begitu kereta wisata mencapai kembali teater nasional slovak, tur kota dengan kereta wisata berakhir.

Nah, di wilayah kota tua, keunikan Bratislava semakin terkuak dengan adanya kampanye ‘City curiosities’ yang salah satunya disebut personaliti Bratislava.  Ini kumpulan patung2 manusia disudut-sudut kota dengan gaya-gaya yang unik. Semuanya ada dalam satu blok yaitu patung cumil dan patung Schöner Náci (di sekitar jalan  Panská and jalan Sedlárska), patung napoleon soldier (di blok utama Hlavné námestie), paparazzi (jalan Laurinská) dan patung taunter (jalan Panská). Patung cumil adalah patung orang bekerja di bawah tanah yang baru keluar dari lubang, sehingga hanya terlihat kepala sampai dadanya. Dari sekian banyak personaliti bratislava, patung inilah yang jadi andalan karena keunikannya.

Di kawasan plasa utama, ada lagi mobil wisata khusus untuk berkeliling di kota tua. Selain itu juga Satu blok dari plasa, berisi resto dan berbagai tempat untuk windows shopping. Ujungnya adalah sebuah museum farmasi. Di sini aku menemui pemain musik unik yang bermain berbagai alat musik sendirian. Alat musiknya memang didesain secara mekanis untuk bisa melakukan itu. Lalu di sisi lainnya ada monumen titik nol yang menunjukkan jarak antara kota2 besar di seluruh dunia, dan itu termasuk jakarta loh.

Selesai berkeliling, kami melepas lelah dulu di plasa kota tua, membeli beberapa souvenir. Lalu bersiap2 kembali ke Wina. 4 jam di kota ini amat menarik… Beginilah rupanya nuansa eropa timur.

———-

Koleksi foto lengkap ada di sini.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: