• Akses Cepat Indeks !

  • Translate This Blog

  • Baca Quran

  • Kategori

  • Stat SUFI-Blog

    • 336,141 akses
  • Terbaru nih…

  • Goh Gallery

  • Arsip

  • facebook

    Mohammad Iqbal's Facebook profile
  • Research Gate

    Mohammad Iqbal

Setengah Hari di Lyon

Hari ini 10 April, satu jam setelah matahari musim semi terbit, aku berangkat dengan kereta TGV menuju gare part dieu Lyon. Yah, setelah sehari sebelumnya aku mendapatkan tiket murah mencapai 35 % di voyages-sncf, berturut-turut dalam step yang sangat padat mulai dari memutuskan untuk ikut serta dalam Euro tour 2009 yang diadakan oleh PPI Perancis, lalu berusaha untuk transfer biayanya melalui bank dan kontak koordinasi ke sana-sini dengan teman-teman, dan puncaknya adalah aku duduk terpekur di TGV saat ini.

Hampir 40 menit perjalanan dari le creusot, merupakan batas untuk mengantuk dalam kenyamanan TGV. Maka dengan sedikit terseok-seok, aku turun di gare part dieu dan menunggu teman-teman lainnya dari dijon. Setelah mereka tiba, ternyata penjemput kami dari lyonnis adalah ketua PPI Perancis sendiri, yaitu mas Endra. Wow, kehormatan bagi kami, terima kasih mas Endra. Setelah membeli tiket transportasi yang berlaku satu hari sekitar 4 euro, kami kemudian menaruh barang-barang kami di apartemen mas endra. Tiket ini bisa digunakan untuk naik metro, bus dan tram di sekitar kota lyon. hal ini terkait karena setengah hari ini direncanakan untuk tour kota lyon, sambil menunggu keberangkatan Euro tour ke Austria, Slovakia dan Swiss pada malam harinya.

Setelah beristirahat sebentar dan makan siang, kami berangkat ke mesjid agung lyon (grande mosquee de lyon) untuk menunaikan sholat jumat. Masjidnya megah, dan sangat terasa sebagai masjid. Arsitektur Islam yang tiangnya tumpang tindih menunjang kubah besar dengan amat serasi. Dihiasi dengan ukiran-ukiran rumit yang indah sekali. Khotibnya berbicara tentang taubat dalam bahasa Arab. Selesai sholat kami bertemu dengan teman2 lain dari lyon dan renes dan mulai city tour di kota lyon.

Tempat pariwisata Lyon pertama yang kami datangi adalah Place bellecour. Di sini kami menemukan office de tourisme tempat kami mendapatkan peta dan berbagai leaflet tentang kota ini. Di tengah plasa ini ada patung orang naik kuda. Di sini juga kami bertemu serombongan teman2 yang lain dari La Rochelle yang sudah berkeliling lebih dulu. Dua kelompok ini kemudian bergabung dan bersama-sama menyebrang di Pont Bonaparte. Bergerak menuju cathedrale Saint Jean, mengagumi jam horoskop (L’horloge Astronomique) dengan nama-nama sesuai horoskop yang setiap harinya berbeda. Jam antik yang umurnya sudah ratusan tahun ini masih berfungsi dengan baik. Hebat.. Iseng-iseng kulihat nama horoskopku berdasarkan tanggal kelahiranku, disana tertulis : Sylveftri.Pap.Conf.Duplex. Kagak ngerti maksudnya apa, lain kali kalau ada kesempatan akan kucari dokumentasinya.

Perjalanan kemudian dilanjutkan ke museum miniatur (musee international de la miniature), di sana berisi miniatur- miniatur tematis kehidupan masa lalu seperti rumah2 tradisional, perpustakaan, toko buah, rumah pertanian dan sebagainya. Kulihat detilnya mantap bener, dan akan lebih nikmat kalau melihatnya pakai kaca pembesar. Setelah itu kami menikmati toko2 unik bertema medieval yang menjual souvenir2 kota lyon. Yah, sambil belanja kami disuguhi bangunan2 tua lyon bersejarah yang pintu dan jendelanya serta teknologi sambung menyambung antar bangunan tinggi yang sudah sangat canggih. Marco seorang lyonnis asli yang bergabung dengan kita menjelaskan semuanya tentang kehebatan teknologi sipil abad pertengahan itu.

Hangatnya cahaya matahari membuat kita berhenti dulu di sebuah cafe untuk menikmati cappucino. Sambil dihibur marco, yang ternyata agak usil namun lucu. Sehingga beberapa kali kita semua tertawa dibuatnya. Setelah itu kami kemudian naik trem wisata ke Vieux lyon yang merupakan dataran tinggi lyon. Tremnya sendiri sudutnya miring sekitar 45°, naik menembus terowongan bukit, dan tersedia sekitar 3 menit sekali. Di Vieux Lyon ini kita bisa melihat seluruh lyon dari dataran tinggi. Melihat menara2 bangunan bersejarah, dan yang menarik di kejauhan terlihat ada gedung pastel yang konon ada sistem pembersih udara untuk sekitarnya. Setelah puas menikmati panorama kota lyon, kami mulai menjelajah vieux lyon dengan masuk ke basilique notredame de fourviere, yang ternyata sedang ada acara menyambut paskah. saat keluar dari gereja ini, di sebelah kanan terdapat menara mirip menara eiffel yang disebut petit eiffel.

Akhirnya, karena waktu sudah pukul 19 malam, kami harus kembali mengambil tas2 kami yang ada di apartemen mas endra. Dalam 1 jam ke depan perjalanan Euro Tour akan segera di mulai. Maka perjalana tur kota lyon harus diakhiri di sini. Belum semuanya bisa dikunjungi, insya Allah nanti di lain waktu jika ada kesempatan akan kami kunjungi kembali.

Foto Lengkap bisa dilihat  di sini.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: