• Akses Cepat Indeks !

  • Translate This Blog

  • Baca Quran

  • Kategori

  • Stat SUFI-Blog

    • 336,141 akses
  • Terbaru nih…

  • Goh Gallery

  • Arsip

  • facebook

    Mohammad Iqbal's Facebook profile
  • Research Gate

    Mohammad Iqbal

Keanehan akibat Cuaca

Dua Minggu di pertengahan Januari lalu ada yang aneh. Cuaca di le creusot memang tidak menentu. Hujan atau cerah sama saja rasanya, membuat semangat mengisi hari mendadak jadi menurun. Bagaimana tidak, setiap pagi saat pelapis luar jendela dibuka, langit mendung bergantung, atau bahkan kabut pekat mengepung. Lebih parah lagi kalau disertai angin, sepoi-sepoi saja sudah membuat gelombang udara dingin menjadi seperti jarum menerpa wajah. Bahkan pada hari jumat lalu, angin berkekuatan badai mini mengiringi langkahku pulang dari masjid dan membuat sungsang payungku. Dan beberapa hari sebelumnya, angin juga dengan sukses menghajar sepedaku sehingga terseok-seok bersamaku yang sedang duduk diatasnya.

Nah, di saat itulah setiap sentuhan tanganku terhadap segala sesuatu menimbulkan efek listrik yang mengagetkan. Benar-benar aneh. Ini hampir selalu terjadi saat aku mulai menyalakan notebook, atau saat aku memegang besi tempat cuci piring, serta menyentuh semua benda logam, pasti menyetrumku. Memang tidak besar sih, tapi lama-lama membuatku risau juga. Apalagi saat kusadari, listrik statis ini pun mulai menyetrumku, ketika aku bersalaman dengan teman-temanku atau saat menyentuh pundaknya saat menyapa mereka. Aneh.., benar-benar aneh.

Aku juga mencoba mengingat2 lebih jauh, bahwa dalam bulan ini juga, batu baterai utk robot Mindstrom, untuk PDA dan untuk jam mejaku mendadak cepat drop semua. Jam menjadi melambat karena kurang daya, baterai PDA yang biasanya 4 hari, menjadi 2 hari saja. makin aneh aje…nih.

Tanda tanya besar ini akhirnya tenggelam begitu saja dengan kesibukan riset di lab, karena kuanggap angin lalu saja. Sampai akhirnya aku dapatkan konfirmasinya dari Julia ketika kami berangkat chalon di akhir minggu lalu untuk belanja. Rupanya, hal ini pun dialami olehnya. Pantas saja ketika kami berpisah, julia agak ragu bersalaman karena dia mencoba menghindari setrum listrik statis tersebut. Yah, namun sampai kini pertanyaan itu belum terjawab. Kenapa jadi banyak listrik statis dimana-mana, apakah fenomena ini berkaitan dengan cuaca? lalu kenapa kok sampai saat ini, sepertinya tidak semua orang merasakannya.

Mungkin ada sahabat yang bisa memberi penjelasan logis ?

Iklan

2 Tanggapan

  1. Biasanya baterai mobil/accu juga ngedrop di musim dingin… tempo hari sempat harus nyetrumin accu mobil semalaman …

  2. asssalamualaikum 😀

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: