• Akses Cepat Indeks !

  • Translate This Blog

  • Baca Quran

  • Kategori

  • Stat SUFI-Blog

    • 304,857 akses
  • Terbaru nih…

  • Goh Gallery

  • Arsip

  • facebook

    Mohammad Iqbal's Facebook profile
  • Research Gate

    Mohammad Iqbal

Teletext di TV Perancis

Bagi sahabat di Indonesia, teknologi teletext di televisi mungkin tidak asing lagi. Namun, di negara kita sepertinya teknologi ini tidak berkembang, karena kurang dimanfaatkan serta kurang publikasi yang cukup.

Padahal sebetulnya teknologi ini dari segi telekomunikasi sangat luas jangkauannya karena dapat ditumpangkan pada gelombang televisi yang tentu saja bisa diterima luas oleh setiap TV yang sudah mendukung teknologi ini.

Berbeda di Perancis ini, hampir seluruh stasiun Televisi memanfaatkan saluran teleteksnya untuk berbagai informasi. Utamanya adalah informasi yang berkaitan dengan program-programnya, informasi ramalan cuaca, resensi film dan informasi olah raga yang meliputi score, jadwal2 pertandingan dan sebagainya. Lalu ada juga yang memanfaatkannya sebagai penyampaian info-info berita singkat dunia atau pun lokal. Yang menariknya, aku juga menemukan salah satu TV perancis juga menyediakan info lowongan kerja yang cukup detail. Di TV yang lain ada juga yang teleteksnya digunakan juga sebagai media informasi dari lembaga-lembaga administrasi pemerintahan atau organisasi-organisasi sosial atau medical.

Dari segi hiburan, melalui teleteks ini, ada juga kuis-kuis berhadiah yang jawabannya bisa dikirim via sms, email atau fax. Aku juga menemukan ada juga layanan chat melalui teleteks yang pesan-pesannya dikirim via sms melalui nomor tertentu (dengan tarif sms), yang kemudian langsung live ditampilkan di sana. info tranportasi, restaurant dan hampir semua yang mendukung pariwisata pun bisa kita temui disini.

Nampaknya, ‘penggemar’ atau pengakses teleteks di perancis ini pun sangat banyak. sehingga hampir di setiap page teks yang tampil bisa kutemui pula iklan-iklan bertebaran.

So, mungkin teknologi ini bisa ditengok kembali oleh para praktisi stasiun televisi di tanah air ya. Sehingga tidak melulu menggenjot acara sinetron ‘yang tidak-tidak’ Karena sudah mempunyai alternatif mesin uang dari layanan teleteks yang mumpuni.  Bayangkan saja, kemampuan aksesnya bisa sampai ke pelosok-pelosok daerah.

Aku kini sudah mengerti apa yang sahabatku zooran lakukan setiap mengutak-ngutik teleteks ini. Dia biasanya melihat kuda mana yang menang dalam pacuan kuda di sana.

Aku juga kini sudah paham, dengan teleteks di televisi ini bisa juga kugunakan sebagai salah satu media untuk belajar bahasa perancis yang efektif. Hampir di setiap acara yang ditayangkannya (kecuali iklan tentunya) biasanya telah disediakan teletext yang bisa diaktifkan jika dikehendaki.

Caranya pun tidak sulit, aku tinggal memilih channel TV, lalu aktifkan teleteks melalui tombol remote, dan kemudian mencari nomor pilihan untuk mengaktifkan ‘sous titrage‘. Lalu TV ke kembali ke mode gambarnya dan sudah ada teksnya deh… tinggal dinikmati.

Sebagai info, untuk mengaktifkan teleteks, sahabat dapat memilih nomor 888. Sepertinya nomor ini disepakati untuk fungsi tersebut, karena kutemui sama saja di disetiap channel TV.

Nah, kesulitan dalam menangkap apa yang dibicarakan orang perancis di TV, sedikit banyak telah terbantu dengan adanya tulisan percakapan dalam layanan teleteks ini.

Yah, itulah lagi yang kecil dan menarik dari pengalaman hidup di tanah kelahiran Napoleon ini. Mudah-mudahan bisa bermanfaat dan memberikan ide baru lagi pada sahabat semua.

Satu Tanggapan

  1. artikel yg mencerahkan… trims akh…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: